Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Tugu Pendiri USI Diresmikan

PEMATANGSIANTAR - Sebagai wujud penghormatan dan apresiasi terhadap jasa dan dedikasi Brighen (Purn) Radhamin Poerba SH sebagai penggagas dan pendiri Universitas Simalungun (USI) didirikan tugu di kompleks USI dengan patung Radjamin sendiri.Persemian tugu ini langsung diresmikan oleh Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) RI, prof Dr Moh Mahfud MD, Jumat (18/5/2012).

Persemian ditandai dengan pembukaan penutup Patung Brigjen (purn) Radjamin Poerba SH dan penandatanganan prasastinya didampingi oleh Ny Kencana Radjamin Poerba dan keluarga. Juga disaksikan oleh sejumlah pejabat termasuk anggota DPD RI Parlindungan Purba, dan Rahmat Sah.

Mahfud mengatakan, bahwa jasa Radjamin Poerba hendaknay diikuti oleh para generasi saat ini. Sebab, selain berjuang sebagai militer pada masanya, Radjamin juga menjadi pejuang dalam dunia pendidikan dengan membangun USI. “Hasil perjuangannya menjadi warisan yang sangat berharga,” katanya dalam sambutannya.

Sementara itu, putra Radjamin Poerba Kol Budi R Purba mengatakan, peresmian tugu tersebut merupakan hal yang sangat membanggakan. Terutama menjadi bagian dari keluarga USI. “Hendaknya apa yang telah dilakukan orangtua kami, bisa dijaga dan dijadikan tauladan,” katanya.

Kemudian, generasi muda juga diharapkan Budi bisa memberikan sebuah pencerminan untuk pembangunan ke depan. Sehingga perjuangan yang telah ditanamkan di Pematangsiantar terebut tidak sia-sia. Sebab, banyak budi luhur yang telah ditinggalkan Brigjen (Purn) Radjamin Poerba.

Ketua Pengurus Yayasan USI, Masdin Saragih SH MH, mengatakan bahwa merupakan langlah yang diambil dalam pembuatan tugu tersebut adalah mengingat “bangsa yang besar adalah bangsau yang menghargai sejarahnya”. Ia juga menjelaskan secara singkat proses pembangunan tugu yang menelan biaya Rp 1,14 miliar.(Tribunnews.com)

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments