Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Berkas Zulkarnain dan Sugiati Dilimpahkan Ke PN Tipikor Medan


Dilimpahkan ke PN Tipikor
Zulkarnain DamanikZulkarnain DamanikSIMALUNGUN– Berkas mantan Bupati Simalungun Zulkarnain Damanik dan mantan Bendahara Umum Pemkab Simalungun Sugiati, dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Tipikor, Medan, Senin (11/6). Berkas mantan pejabat di Simalungun ini langsung diserahkan secara bersamaan oleh Jaksa Penyidik Kejaksaan Simalungun.

Plh Kajari Simalungun Edmond Purba mengatakan, setelah dilimpahkan pada Kamis (31/5), pihaknya kembali melengkapi berkas mantan bupati periode 2005-2010 tersebut. “Sesuai tenggat waktunya, diberlakukan waktu 20 hari untuk menyerahkan berkas ke PN Tipikor. Tertanya setelah kita pelajari kembali dan dakwaannya telah dibuat, kita langsung menyerahkan berkas mereka berdua,” ujarnya.

Katanya, pelimpahan berkas kedua tersangka yang terlibat dugaan korupsi APBD 2006 itu langsung diserahkan oleh jaksa penyidik yang diwakili Bilin Sinaga. Saat ini pihaknya masih hanya menyerahkan berkasnya, untuk status penahanannya itu sudah menjadi wewenang pihak PN Tipikor.

“Setelah berkas diserahkan dan jadwal sidang ditentukan, untuk status penahanan Zulkarnain dan Sugiati sudah menjadi wewenang dari pada hakim PN Tipikor. Tugas kita hanya tinggal menghadirkan para tersangka ketika sidang akan digelar,” paparnya.

Diungkapkannya, mantan Bendaraha Umum Pemkab Simalungun, Sugiati terjerat dugaan korupsi APBD 2006 sebesar Rp1,3 miliar. Sedangkan kasus yang menjerat mantan orang nomor satu di Simalungun Zulkarnain Damanik, yakni Rp529.654.638. Saat itu Sugiati mencairkan dana dari kas daerah yang tidak sesuai prosedur dan perundang-undangan yang ada.

Sementara itu, kuasa hukum Sugiati, Dewi SH membenarkan jika berkas kliennya sudah dilimpahkan ke PN Tipikor. “Memang benar hari ini sudah dilimpahkan. Kita doakan saja-lah supaya sidangnya nanti berjalan dengan lancar. Kita ingin melihat fakta sebenarnya dari persidangan ini,” terangnya. (MSC)

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments