Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Hari Lingkungan Hidup, Murid SD di Siantar Pungut Sampah


KUTIP SAMPAH: Puluhan murid SDN 122344 Jalan Thamrin Siantar, menggelar aksi pungut dan pilih sampah orgnaik dan an-organik dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Selasa (5/6). (Foto: LAZUARDY FAHMI)KUTIP SAMPAH: Puluhan murid SDN 122344 Jalan Thamrin Siantar, menggelar aksi pungut dan pilih sampah orgnaik dan an-organik dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Selasa (5/6). (Foto: LAZUARDY FAHMI)SIANTAR- Sekitar 60 murid kelas IV dan V SDN 122344 Jalan MH Thamrin, mengadakan aksi bersih dengan memungut sampah organik dan anorganik di Jalan Sutomo, Selasa (5/6) sekira pukul 09.00 WIB.

Aksi ini serangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni. Aksi memungut sampah ini, mengambil rute dari Jalan MH Thamrin-Pattimura-Sutomo- Yogyakarta dan kembali lagi ke Jalan MH Thamrin. Sepanjang jalan yang dilewati, para murid ini mengutip sampah yang ada di pinggir jalan, seperti plastik, puntung rokok serta daun-daun lain yang berserakan.

Aksi ini menarik perhatian warga sekitar. Para pemilik toko, meski tidak ikut, terlihat memperhatikan aksi para murid ini. Namun para siswa ini, cuek saja dan tetap melakukan aktivitasnya dengan semangat.

“Banyak juga sampah yang dipungut murid ini ya, masing-masing bawa satu kardus,” kata ibu-ibu yang kebetulan melintas di lokasi yang dilalui murid ini.

Para murid ini mengumpulkan sampah yang dipungut ke kardus yang dibawa. Sampah terlihat penuh, namun mereka tetap semangat. Tiba di halaman sekolah, sampah dipilah, antara organik dan an-organik. Kemudian murid membuang sampah ini ke lokasi pembuangan sampah yang tidak jauh dari lokasi sekolah.

Kepala SDN 122344 Jalan MH Thamrin Saiful Azhar SPd menyebutkan, aksi bersih sampah ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, dengan mengambil tema Ubah Perilaku dan Tingkatkan Kualitas Lingkungan.

Guru pendamping murid dalam aksi ini, Sri Wahyuni menyebutkan, kegiatan pemeliharaan lingkungan perlu ditanamkan sejak dini, sebab hal ini perlu sebagai pedoman memahami lingkungan bagi siswa ini di masa depan. “Guru sebagai pihak yang memberikan informasi kepada murid. 

Tentu saja ini penting bagi murid usia seperti mereka. Pemahaman dan kesadaran terhadap lingkungan, perlu ditanamkan di sekitar kita. Seperti hari ini, kita berusaha terapkan dari sekitar lingkungan sekolah dulu,” ujarnya.

Diharapkan, dengan pelaksanaan aksi bersih memungut sampah hari ini, setibanya di rumah masing-masing murid, bisa menerapkan dalam keluarganya masing-masing, tentang pentingnya kesadaran menjaga lingkungan.(metrosiantar.com)

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments