Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Rentenir Masih Kalahkan Fungsi Koperasi di Siantar


Robert DontesRobert DontesSIANTAR- Keberadaan koperasi ternyata masih kalah saing dengan rentenir. Kemudahan pengajuan barang gadaian salahsatu daya tarik pelanggan sehingga memilih para rentenir.
Kepala Dinas Koperasi Robert Dontes Simatupang mengatakan, kepada METRO, Selasa (5/6), saat ini pihak Dinas Koperasi Kota Pematangsiantar sudah mengajukan rancangan perda tentang Pinjaman dana bergulir bagi Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diharapkan anggota UMKM dapat menjadi anggota Koperasi.

Robert juga mengharapkan perda yang diajukan supaya mendapat dana bergulir dari Pemerintah Kota Pematangsiantar untuk koperasi yang sudah memiliki badan hukum. Rancangan bantuan yang diajukan oleh dinas koperasi senilai maksimal Rp50 juta dengan penjamin diterakan di hadapan notaris.

Pada pasal 25 tahun 1992 menyebutkan bahwa  anggota koperasi memiliki suara tertinggi tentang dana simpanan pokok dan simpanan wajib yang mereka anggarkan.

Peraturan itu mengakibatkan kinerja kerja dinas koperasi menjadi lemah karena tidak diberi wewenang untuk menentukan syarat dana untuk koperasi tersebut. Kepala Dinas Koperasi Robert Dontes Simatupang mengatakan, Dinas Koperasi tidak dapat menindak para rentenir yang membung-bungakan uang dengan jasa bunga lebih besar. Maraknya rentenir yang tidak memiliki ijin mengakibatkan sulitnya Koperasi mencari nasabah untuk simpan pinjam.

Bagaimana tidak saat ini dengan dana Rp200 juga warga sudah dapat membuka usaha meminjamkan uang tanpa syarat walau bunga yang diberikan mencekik leher masyarakat. Kejadian tersebut dapat terjadi karena Dinas Koperasi tidak mendapat wewenang untuk menindaklanjuti hal tersebut.

Sementara untuk membentuk koperasi baru minimal jumlah anggota sebanyak 20 orang. Itu salahsatu syarat utama dalam pembetukan koperasi kemudian dinas koperasi hanya mengajukan bantuan dana dari pemerintah bagi koperasi yang berjalan dengan baik maksudnya. (metrosiantar.com)

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments