}); Bupati Simalungun Buka Pesta Rondang Bittang ke-27 | BeritaSimalungun
Home » » Bupati Simalungun Buka Pesta Rondang Bittang ke-27

Bupati Simalungun Buka Pesta Rondang Bittang ke-27

Written By GKPS JAMBI on Monday, 9 July 2012 | 12:27

LombaMarjalekkat Masih Digandrungi Masyarakat Simalungun

(FOTO: CHANDRO PURBA) PEMBUKAAN PRB- Bupati Simalungun JR Saragih memukul gong pertanda dimulainya Pesta Rondang Bittang (PRB) ke-XXVII tahun 2012, di Lapangan Sepakbola Balimbingan Kecamatan Tanah Jawa, Jumat (6/7).(FOTO: CHANDRO PURBA) PEMBUKAAN PRB- Bupati Simalungun JR Saragih memukul gong pertanda dimulainya Pesta Rondang Bittang (PRB) ke-XXVII tahun 2012, di Lapangan Sepakbola Balimbingan Kecamatan Tanah Jawa, Jumat (6/7).
SIMALUNGUN- Bupati Simalungun JR Saragih, resmi membuka pesta Rondang Binttang ke-27 yang digelar di lapangan Bola Kaki Kebun Balimbingan, Kecamatan Tanah Jawa, Jumat (6/7). Acara ini dibuka di hadapan keturunan tujuh Raja di Simalungun dengan pemukulan gong oleh bupati.

JR Saragih dalam sambutannya, mengingatkan bahwa pesta Rondang Bittang bukanlah acara seremoni semata, tetapi untuk mengajak segenap masyarakat kembali mengenang jasa para leluhur, khususnya jasa para pejuang Simalungun. Ia berharap acara ini jangan dilakukan dalam pesta okumene saja, namun ditingkatkan agar per kecamatan setiap tahun merayakannya.

“Ke depan, kita akan lakukan acara pesta Rondang Bittang di setiap kecamatan. Dengan harapan, masyarakat Simalungun dapat memamahami makna pesta Rondang Bittang. Kemudian kami bisa keliling ke kecamatan-kecamatan,” papar JR Saragih. Masih kata JR, melalui pesta Rondang Bittang, masyarakat yang tinggal di Simalungun agar lebih mengerti bagaimana budaya di Simalungun. 

Dan pelaku nilai-nilai budaya peninggalan leluhur, serta bertanggungjawab memperkenalkan ke masyarakat Indonesia dan dunia apa dan bagaimana budaya Simalungun itu.

Ketua Panitia, Topot Saragih mengatakan, pesta Rondang Bittang adalah kegiatan rutin yang wajib dilaksanakan masyarakat Simalungun. Makanya anggaran pelaksanaanya ditampung di APBD Simalungun. Tujuannya, untuk menggali, melestarikan, dan memperkenalkan kebudayaan Simalungun kepada generasi muda sebagai ahli waris kebudayaan daerah. 

Juga untuk meningkatkan rasa kecintaan terhadap nilai-nilai budaya peninggalan leluhur. Mendorong semua seniman untuk meningkatkan, aktifitas dalam pengembangan seni budaya Simalungun. Serta meningkatkan kerjasama antar pelaku parawisata.

”Tema tahun ini adalah dengan semangat Rondang Bittang, kita dukung bersama perubahan Simalungun yang makmur perekonomian, adil, nyaman, taqwa, aman, dan berbudaya,” ungkapnya. Lebih lanjut, Topot menguraikan rangakaian kegiatan pesta Rondang Bittang dimulai dari acara ziarah ke makam Raja Napitu, Mamuhun ke sipukah huta (marga Sinaga), dan Marangir. 

Lomba kesenian tradisional hagualon, tor-tor sombah, huda-huda, toping-toping, taur-taur, sordam, tulila, sulim, ilah, tor tor usihan, vokal grup, lomba busana pengantin Simalungun, lomba cipta lagu simalungun, lomba olahraga tradisional, marjalekkat dan margalah.

Pantauan METRO, pesta Rondang Bittang diikuti 31 kecamatan se-Kabupaten Simalungun dilaksanakan mulai taggal 6 -8 Juli. Acara berlangsung meriah, dengan acara parade seni budaya dan hasil pertanian dan perkebunan dari masing-masing kecamatan. Nampaknya permainan marjalekkat masih tenar, buktinya setiap kontigen kecamatan menampilkan peserta marjalekkat.(MSC)
Share this article :

Post a Comment