Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Pesta Rondang Bittang Ke 27, Silau Kahean Juara Umum


(FOTO: Irwansyah) Foto Bersama: Camat Silau Kahean Belman Saragih dan kontingen foto bersama usai menerima tropy juara umum Pesta Rondang Bittang tahun 2012.(FOTO: Irwansyah) Foto Bersama: Camat Silau Kahean Belman Saragih dan kontingen foto bersama usai menerima tropy juara umum Pesta Rondang Bittang tahun 2012.
TANAH JAWA- Pesta Rondang Bittang yang dipusatkan di Balimbingan Tanah Jawa  berakhir. Kontingen Kecamatan Silau Kahean keluar sebagai juara umum. Keberhasilan Silau Kahean merebut juara umum, setelah berhasil menyabet 5 medali emas. Sekda Simalungun Drs Gidion Purba langsung menyerahkan piala kepada Camat Silau Kahean Belman Saragih.   

Acara penutupan pesta Rondang Bittang dihadiri ribuan peserta, dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Simalungun. Sekda Drs Gidion Purba mewakili Bupati Simalungun dalam sambutannya mengatakan,  pesta Rondang Bittang yang digelar di Balimbingan Kecamatan Tanah Jawa, tampak lebih bagus dibanding pelaksanaan sebelumnya. Kerjasama panitia penyelenggara   dengan pihak PTPN IV Balimbingan mampu menghasilkan acara yang sukses.  

Kepada kontingen yang berhasil meraih juara umum, diucapakan selamat. “Semoga tahun berikutnya mampu mempertahankan predikat tersebut. Dan kepada kontingen yang belum mampu meraih gelar juara umum, agar lebih giat mempersiapkan timnya,” katanya.

Gidion juga mengucapkan terima kasih, kepada seluruh peserta yang telah menampilkan aneka seni budaya Simalungun dalam acara ini. Sejumlah kegiatan khas Simalungun yang ditampilkan, seperti lomba margalah, marjalekkat, tor-tor sombah, marsulim banyak mendapat perhatian dari masyarakat. Kepada masyarakat Tanah Jawa yang telah memberi dukungannya sehingga acara Rondang Bittang 2012 sukses diucapkan banyak terima kasih.

“Sampai jumpa lagi di acara Rondang Bittang tahun berikut,” sebut Gidion Purba. Sementara itu Camat Silau Kahean Belman Saragih, didampingi kordinator tim Hardono Purba kepada METRO mengatakan, sangat bangga kontingen Silau Kahean keluar sebagai juara umum. Kesiapan kontingen yang dibawanya untuk pesta  Rondang Bittang 2012 Balimbingan, memang cukup matang.


Antusias pihak Kecamatan Silau Kahean untuk mengikuti seluruh festival yang dipertandingkan cukup tinggi. Demikian dukungan masyarakat Silau Kahean juga cukup tinggi. “Masyarakat Silau Kahean mempunyai tanggung jawab moral untuk melestarikan dan mengembangkan budaya dan seni tradisionil Simalungun,” katanya.    .

Untuk melestarikan budaya tersebut, Pemerintah Kecamatan Silau Kahean selalu mengimbau pihak sekolah maupun pemerintah nagori, untuk lebih memperhatikan budaya tradisional Simalungun. Ketua kontingen Hardono Purba menambahkan, pesta Rondang Bittang merupakan pesona budaya Simalungun yang menambah cinta kepada Bumi  Simalungun.

Namun demikian, untuk lebih melestarikan dan mengembangkan budaya dan seni Simalungun, agar Pemkab Simalungun ke depan lebih banyak memasukkan program muatan lokal di sekolah. Seperti  keterampilan dan budaya serta seni Simalungun. Hal itu penting untuk mengembangkan seni budaya Simalungun di negeri sendiri. Konsep kegiatan PRB  yang memaknai panen raya di Simalungun itu , seperti pagelaran seni, budaya serta kerajinan Simalungun terkesan cukup berhasil. (MSC)

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments