}); Rp15 M, Bangun Terminal Raya | BeritaSimalungun
Home » » Rp15 M, Bangun Terminal Raya

Rp15 M, Bangun Terminal Raya

Written By GKPS JAMBI on Tuesday, 3 July 2012 | 22:21


SIMALUNGUN- Percepatan pembangunan Kecamatan Raya ibu kota Kabupaten Simalungun semakin ‘menggila’. Masih sedang berlangsung pengaspalan jalan hotmix dari Raya Sampai Purba sekaligus pelebaran jalan, sudah direncanakan lagi pembangunan Terminal Raya Rp15 miliar yang sudah masuk RAPBN.

Dana tersebut bisa masuk dalam RAPBN tidak lepas atas kerjasama Fraksi Golkar DPRD dengan Pemkab Simalungun yang mampu melobi perencanaan dana tersebut sampai ke pusat. Tak lepas juga dari bantuan anggota DPR RI Ir Aliwongso Sinaga dari daerah pemilihan Sumatera Utara. Kepada METRO, Rabu (27/6), Ketua Fraksi Golkar DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani mengatakan, Fraksi Golkar Simalungun adalah perpajangan tangan Partai Golkar sangat mendukung program percepatan pembangunan Kabupaten Simalungun khususnya Raya sebagai ibu kota. 

Berdasarkan kaca mata Partai Golkar, melihat bahwa sudah sangat butuh Kecamatan Raya terminal yang bisa mengakomodir transportasi darat khususnya angkutan, agar tidak menyebabkan kemacetan. “Fraksi Golkar melihat ibu kota Raya sudah sangat perlu terminal. 

Maka dari itu kita lobi anggota DPRI RI dari Golkar Ir Ali Wongso Sinaga, untuk memperjuangkan usulan dana tersebut masuk dalam RAPBN. Tadi saya ditelepon Ali Wongso, katanya dana itu sudah dimasukkan dalam RAPBN ketika mereka melakukan rapat komisi V,” ungkapnya.

Lebih jauh Timbul mengatakan, kalau tidak ada halangan, tahun 2013 pembangunan terminal itu akan tuntas dikerjakan. Yang paling penting lagi, ujar Timbul, Pemkab Simalungun menyambut pembangunan ini dengan mempersiapkan desain dan volume terminal yang akan dibangun. Di samping itu, lokasi terminal yang akan dibangun juga sudah ditentukan.

“Untuk desain dan letak terminal yang mau dibangun merupakan andil Pemkab Simalungun yang menentukan. Makanya dana Rp15 miliar itu bisa akan naik lagi sesuai desain dan volume terminal yang mau dibangun,” katanya. Saat ini Pemkab Simalungun sedang membuat desain perencanaan pembangunan di Simalungun, Timbul berharap turut juga di dalamnya dituntaskan desain terminal yang akan dibangun. Ketika perencanaan cepat dikerjakan, itu sangat mendorong Ir Ali Wongso Sinaga, untuk melobi mendatangkan dana ke Simalungun.

“Simalungun membutuhkan percepatan pembangunan, maka dari itu butuh dana yang besar. Untuk mendapatkan dana itu, harus ada tim lobi ke pusat. Makanya kita aspresiasi Ir Ali Wongso yang sangat perhatian ke pembangunan Simalungun. 

Ir Ali Wongso bilang bahwa dirinya tidak akan berhenti mendatangkan dana ke Simalungun ketika masyarakat dan pemerintah daerah ikut mendukung,” tegasnya.

Ir Ali Wongso terinpirasi membangun Simalungun ketika menginjakkan kakinya ke Simalungun menemui masyarakat. Ali Wongso merupakan DPR RI yang terpilih dari daerah pemilihan Sumatera Utara khususnya di Siantar-Simalungun. Menurut Ali Wongso, Simalungun butuh dana besar untuk pembangunan. Makanya dirinya selalu mengutamakan kucuran dana.

“Ali Wongso cinta Simalungun. Dia (Ali Wongso) melihat sering terjadi macet di Raya karena jalan semakin sempit dibuat kendaraan yang sembarangan parkir di pinggir jalan menaikkan dan menurunkan penumpang. Kita dari Fraksi Golkar menilai positif memang Simalungun butuh pembangunan terminal,” tukas Timbul. (MSC)
Share this article :

Post a Comment