Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Workshop Tatangatur Horja Adat Simalungun

Seragamkan Paradatan Simalungun

SIANTAR- Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (Himpasi) Kota Siantar bertekad, digelarnya workshop bertema Tatangatur Horja Adat Simalungun yang berlangsung di Simalungun Room Siantar Hotel, Sabtu (4/8) dapat diterapkan. Para protokoler adat di Simalungun mampu diharapkan menyeragamkan tata adat Simalungun.

Ketua Program Kerja, Basriani Saragih menyampaikan, dalam workshop ini mereka mengupas tertib acara adat Simalungun bersama para protokoler yang selalu berperan dalam acara adapt. Dia menerangkan, yang terjadi di lapangan selama ini sering ditemukan kesalahan dan terkadang membingungkan hingga berdampak negatif. Dari situlah Himapsi ingin agar adat Simalungun bisa diseragamkan hingga berjalan dengan lancar. “Memang di setiap daerah selalu ada saja perbedaannya.

Contohnya, di Simalungun Hataran pasti ada perbedaannya dengan Simalungun atas. Namun meski berbeda, ada cara untuk menyeragamkannya yakni melalui workshop ini,” jelas boru Saragih.

Sambungnya, melalui narasumber JR Sumbayak dan Kadimin Sinaga, para protokol yang hadir bisa bertukar pendapat dan mencari solusi. Sebab adat itu ada mulai dari kelahiran hingga kematian. Sehingga benar-benar harus dipahami dan dijalankan. (mua/ara)

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments