Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Di Kabupaten Humbang Hasundutan Terdapat Kampung Berbahasa Simalungun

Masrul Purba Dasuha.FB
Dari hasil penelusuran saya ditemukan bahwa di daerah yang sekarang menjadi tempat berdomisilinya marga Purba Toba, yaitu di Kabupaten Humbang Hasundutan terdapat sejumlah kampung yang berbahasa Simalungun, hal inilah yang mengindikasikan bahwa asal leluhur Purba Toba sejatinya berasal dari Purba Simalungun. 

Kalau kita tidak mendalami sejarah tentu kita akan mengatakan Purba Toba itu beda dengan Purba Simalungun. Sebaliknya mereka yang fanatik terhadap Torombo Toba maka akan meyakini bahwa Purba Simalungun merupakan keturunan dari Purba Toba. Suatu keyakinan tanpa adanya penelitian, apalagi berpedoman pada tarombo yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, maka hasilnya nihil. 

Secara geografis, kabupaten Simalungun terletak pada posisi sebelah timur dari tanah Karo dan tanah Melayu sehingga pada zaman dahulu orang Simalungun disebut dengan "Batak Timur" dan oleh pihak kolonial menamakan tanah Simalungun dengan "Timoerlanden". Purba bermakna timur dan merupakan arah matahari terbit (habinsaran).

Hanya di Simalungun terdapat perkampungan yang mengabadikan marga Purba yang wilayahnya cukup luas mulai dari sebagian Deli Serdang, Serdang Bedagai, Simalungun, hingga sebagian Asahan. 

Secara populasi jumlah komunitas Purba Simalungun lebih banyak dibanding Purba Toba maupun Purba Karo. Dan hanya Purba Simalungun yang pernah membentuk dan memiliki peradaban berbentuk kerajaan yg bersifat dinasti berpaham monarchi feodal mulai dari Kerajaan Silou, Panei, Dolog Silou, Purba, dan Silimakuta. 

Marilah kita bangga terlahir sebagai putera/puteri Purba Simalungun. Hidup Purba Simalungun, semoga jaya selalu dan tak lekang digilas oleh perubahan zaman, semoga setiap generasi Purba Simalungun yang gugur melahirkan ribuan penerus. Mari kita pererat persatuan dan kesatuan demi utuhnya marga yang kita cintai ini. Horas janah diatei tupa.(FB: Masrul Purba Dasuha)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments