Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Politik Uang Rusak Pemilih di TPS 1 Hutaimbaru Simalungun

Pangulu Ujung Mariah Kecamatan Pamatang Silimakuta Kab Simalungun, Lumumba Sidauruk (kiri). Foto Asenk Lee Saragih.
HUTAIMBARU-Karena politik uang oleh sejumlah oknum Caleg, membuat pemilih di TPS 1 Desa Hutaimbaru mata duitan dan merusak mental mereka. Politik uang sudah terang-terangan, tak lagi malu untuk menerima sogokan karena mereka menganggap dirinya miskin. Menarik cerita politik uang di Desa Hutaimbaru. Berikut catatannya.

Fenomena suara dibayar tunai. Saat saya menginjakkan kaki di kampung Halaman Hutaimbaru, kemudian singgah di kedaikopi. Saya tertegun dan mendadak jadi pendengar setia. Mendengar perbincangan warga, begitu dasyatnya politik uang oknum oknum caleg hingga pasang tarif. 

Yang selama ini hanya mendengar cerita, kini fakta di depan mata. Ada caleg yg terang terangan memberikan uang hingga jutaan untuk kelompok warga dan mereka makan bersama dgn memotong daging babi, mirip pesta syukuran pernikahan. 

Sejalan dgn itu, warga sdh terus terang meminta imbalan utk nilai suaranya. Perang tarif antar caleg utk memikat pemilih dgn uang, tak terbendung lagi, khususnya di pedesaan yg notabene ekonominya pas pasan. Ajang pileg sdh menjadi "lahan" uang pendapatan. 

 Ironinya, pemilih tak lagi militan pada niat memilih, semua siraman caleg ditampung dan semuanya dijanjikan utk dipilih. Orang tua saya sendiri, menjadi "korban" politik uang ini. Syukur saya bisa memberikan sedikit pencerahan tentang karakter caleg. 

Saya sungguh prihatin terhadap karakter pemilih di Kampung saya sendiri. Mereka hanya mengenal caleg yg doyan nyiram saweran. Sementara pengetahuan mereka dgn rekam jejak caleg buta. Jadi Warga Kampung Saya Memilih Caleg Ibarat Beli Kucing Dalam Karung". 

Nurani Seorang Ibu
 
Suara pemilu Ibunda Anta boru Damanik dan Adinda Rodo Timbul Saragih Manihuruk yg mencoblos Sortaman Saragih di TPS 1 Hutaimbaru Simalungun begitu berharga. Awalnya mereka condong ke Junimart Girsang. 

Saya tiba di kampung dan menjelaskan Rekam Jejak Sortaman Saragih, akhirnya mencoblos Sortaman Saragih. Sementara Ayahanda dan Adinda yg dikampung tetap pada pendiriaanya karena sdh terlanjur menerima sogokan makan dan uang dari Junimart Girsang.

Ibunda mendengar cerita anaknya dari perantauan dan memahaminya. Ibunda yg brhati mulia. Namun ayahanda jauh api dari panggang, atau hanya cas and cerry. Dilema Pemilu di tengah Keluarga. Syukur dua Suara dari Kampung Halaman Saya buat Sortaman Saragih sungguh tak ternilai harganya. 

Saya pulang kampung hanya utk menjelaskan Rekam Jejak Sortaman Saragih buat keluarga tanpa imbalan apaapa, tapi apa daya, ternyata pngaruh uang sekejab, lupa kebaikan sebelumnya.

Lebih parah lagi Pangulu Ujung Mariah Lumumba Sidauruk disebut menerima uang Jutaan Rupiah dari TS Caleg Rony R Situmorang (PD) yang mampu memperoleh 37 suara, walaupun tak pernah bersosialisasi di Hutaimbaru.

Diduga kuat  Lumumba Sidauruk terlibat sebagai TS dengan menggandeng Anggota KPPS Bonamei Purba untuk membangikan uang Rp 50 ribu per orang untuk meraih suara di TPS 1 Hutaimbaru. Pemberian uang sogok tersebut sehari jelang Pencoblosan 9 April 2014.

Hal serupa juga terjadi pada TS  Caleg Balker Haloho (PD) yang mampu meraih suara 11. Beberapa jam pencoblosan Mesdin Girsang TS Balker Haloho dari Desa Naga Pane datang ke Hutaimbaru untuk memberikan uang Rp 50 ribu kepada pemilih yang mau memilih Balker Haloho.

Pada Minggu 6 April 2014, Caleg Jarusdin Sinaga (PD) yang meraih 11 suara, juga memberikan uang Rp 1,5 juta kepada kelompok warga. Warga kemudian membeli daging dan makan bersama. Sumbangan Rp 1,5 juta itu dimasa tenang kampanye, membuat Jarusdin Sinaga mendapatkan 11 suara.

Sementara Caleg Jamegah Sipayung (Golkar) yang meraih 18 suara, merupakan Caleg yang paling terpukul di TPS 1 Hutaimbaru. Betapa tidak,  Jamegah Sipayung yang dikenal sebagai pengusaha di Saribudolok ini, selama ini sudah dikenal dan kerap memberikan keringanan modal pesta di Hutaimbaru dan desa pinggir Danau Toba lainnya.

Namun karena adanya serangan fajar dari sejumlah caleg DPRD Kabupaten Simalungun lainya, dari 112 suara sah, Jamegah Sipayung hanya memperoleh 18 suara. Padahal sebelumnya warga Desa Hutaimbaru sudah bersepakat untuk memenangkan Jamegah Sipayung. Namun karena bukan uang tunai, Jamegah Sipayung akhirnya tersingkir akibat uang kontan dari caleg lain.

Direktur Eksekutif CEPP Provinsi Jambi, Asad Isma : Tiga hal membuat seseorang memilih berdasarkan uang, 1. Para pemilih memiliki memori pendek, hingga melupakan budi baik, hubungan kekerabatan. 2.hilangnya rasa malu krn krisis iman, sehingga tdk mengenal lg nilai Halal dan haram. 3. Tdk penting melihat integritas dan rekam jejak org yg dipilih, yg penting uang..inilah yg membuat pemilu brpotensi melahirkan koruptor baru. 

Hasil Pileg di TPS 1 Hutaimbaru

Anggota KPPS Bonamei Purba (kiri) yang diduga kuat ikut membagikan uang Caleg  Rony R Situmorang dari Partai Demokrat.
Calon Legislatif (Caleg) DPRD Provinsi Sumut dari Partai Nasdem  Nomor Urut Kol Purn Drs Warman Martuah Manihuruk menang mutalk di TPS 1 Desa Hutaimbaru, Kecamatan Pematang Silimakuta, Kabupaten Simalungun. TPS 1 tersebut merupakan kampung kelahiran St Warman Martuah Manihuruk. Jumlah mata pilih di TPS 1 Hutaimbaru mencapai 112.

Caleg Nasdem Nomor Urut 8 Kol Purn Drs Warman Martuah Manihuruk meraih 51 suara, urutan kedua Rony R Situmorang (PD) 37 suara, ketiga Mangapul Purba (PDIP) 5 Suara, ke empat Ojak Naibaho (PDIP) 1 Suara.

Drs Warman Martuah Manihuruk mengucapkan terimakasih kepada pemilih setia di kampung halamannya. Dia juga bersyukur bisa menang di kampung kelahirannya.

Sementara untuk suara DPD urutan 1.Manandus Sitanggang (14) 27 suara, 2.Parlindungan Purba (17) 24 suara, 3.Benny Pasaribu (2) 15 suara, 4.EB Sinaga (7) 10 suara, 5.Badikunita Sitepu (1) 7 suara. Suara Tak Sah 11 Kertas Suara.

Sedangkan hasil Pemilu di TPS 1 Desa Hutaimbaru, Kab Simalungun.Mata Pilih 112 untuk DPRD Kabupaten Simalungun, urutan 1 Jamegah Sipayung (Golkar) 18 Suara, 2.Rohani Girsang (Golkar) 16 Suara. 3.Anderson Sinaga (PDIP) 15 Suara. 4.Sarmulia Sinaga (PDIP) 12 Suara.5.Balker Haloho (PD) 11 Suara, 6.Jarusdin Sinaga (PD) 11 Suara. Jumlah Suara Sah 112 Suara.

Sementara untuk DPR, perolehan suara terbanyak Junimart Girsang (PDIP) 97 Suara, kedua Ali Wongso Sinaga (Golkar) 3 Suara, ketiga Sortaman Saragih (Gerindra) 2 suara. (Asenk Lee Saragih)
  • Pdt Syahril Sitopu ulang namin main sogok, hati nurani ma namin.

  • Deardo Jams Saragih Tapi suaranya tdk significant di TPS itu...

  • Jordi Purba Kenapa tdk dilaporkan ke panwaslu ? Hihihi...

  • Antoniuz Simarmata ija pe duit mando mangatur,

  • Asenk Lee Saragih saya tdk kasih uang, makanya tak ada yg memilih. Sekarang semua dihargai dgn uang kontan, inilah celakanya rakyat kita.Semuanya dinilai hanya dgn duit. Torih hitama haduan isedo nasalah

  • Asenk Lee Saragih Panwaslunipe abal abal do

  • Jordi Purba Tapi itindak lanjuti do gan JP ai ?

  • Antoniuz Simarmata abal abal mando bahatan i pemerintah on

  • Asenk Lee Saragih Ini contoh nyata dalam keluarga saya sendiri di kampung. Bapa dan adek saya aja di kampung tak mau pilih Sortaman Saragih hanya karena tak datang bersosialisasi di kampung. Sementara Junimart Girsang mambahen pesta mangan riap pakon mambere uang saku. Sementara utk Bapak dan adek saya di kampung tdk menerima penjelasan dari saya, padahal sogokan yg saya berikan lebih dari segalanya sebuah Sepeda Motor, walau bekas pakai dari Jambi saya hibahkan utk mereka. Kurang apa lagi itu, dibandingkan Uang Rp 300.000 yg disodorkan Junimart Girsang ke kantong saku bapak saya ketika Junimart Girsang datang ke Hutaimbaru.

  • Asenk Lee Saragih Jika Ajal Menjemput Ayahanda, Saya Berharap Bang Sortaman Saragih yg membuat papan ucapanduka cita, bukan Junimart Girsang.

  • Jefri Girsang Berdoalah jgn cerewet kali

  • Jordi Purba Wah, ini sdh pemikiran lokal. Barangkali beda sudut pandang jkt dgn lokal ya. Junimart n sortaman asset simalungun. Saya pikir tadi makela itu pilih tritamtomo.

  • Asenk Lee Saragih uhurhu bakku JG

  • Asenk Lee Saragih ulang pala mabiar ham cerita on, tarbotoh borokni JG ai hehehe

  • Jefri Girsang hahaaa salam buat semua keluarga lae

  • Jordi Purba Saya bkn pendukung jg. Saya orang simalungun yg kebetulan tinggal di jkt. Emang kalau jg dilaporkan ke panwaslu dan dihukum sesuai dengan kesalahannya, apa urusan dengan saya ? Tabi.

  • Asenk Lee Saragih Sortaman dan Junimart aset berharga. Keduanya berharap duduk di Senayan. Yg saya kecewa cara berpikir warga sekampungku itu. Jaman modern, tapi terbelakang. Untung do diri Manranto, tambah otik uhur pakon pemikiran.

  • Jordi Purba Anggo ganup parhutamu mamilih sortaman atap junimart, mangaha pala loja negara on membangun demokrasi martriliunan ?

  • Warmen Sinaga Udah Simalungun lang piga, martinggili homa, attigan do maju Simalungun on ?

  • Benny Sipayung kita jangan terlalu.. membangakan seseorang.. menydutkan sesseorang.. sama2 simalungun kok saling menhujat.. media simalungun.. tapi saling menjatuhkan.. yach mari kita dukung dua dua.. kalo si a jagoan saudara dukung.. tp jgn saudara jelek2kan si B.. dimana kedewasaan berpolitik saudara.. klo mmg betul sana lapor kepanwas.. jangan ngecap aj.. manusia tdk bertanggung jawab saudara...

  • Ledy Yuliana Purba wah berarti kl menang junimart pasti dia akan korup kr uda brp juta suara y d beli tuk masyrakat,untung ja ngak saya pilih dia kr ngak ada untung y kl dia menang

  • Jefry Anthony Purba Manorsa Bahen ham ma lae ASLEE,sonai do musim ni kampanye sondahan on.Buei do na GOLPUT alias GOLongan Pencari Uang Tunai.Anggo nabaruon golput aima seng ibahen hak pilih ni tpi sonari on domma beda be artini golput on.hehehehe..

  • Marianima Saragih Miris mendengarnya botou..... politik yg tdk mendidik ma ai!

  • Kristanti Damanik Kalau ngak suka sama seseorang jgn umbar kejelekannya....mari kita dewasa....kalau emang politik uang... ya lapor...jgn hanya di fb saja ngomong botou....ngak bagus gitu....

  • Jordi Purba Saya pikir akan lebih bijaksana jika kita serahkan masalahnya kepihak yg berwewenang. Supaya kita juga tdk menduga duga serta menuduh yg macam2. Ayo, para lawei2 dan sanina2 yg punya data dan bukti, bawa datanya kepihak yg berwajib. Kita tdk ingin ada orang simalungun yg curang di tanoh simalungun.

  • Fredi Sigumonrong mase protes hita halak mamilih si A, ataap si B, itu HAK nya, tentukan pilihanmu jgn tentukan pilihanNya..... Bravo dEMOKRASI"

  • Asenk Lee Saragih Tunggu tulisan khususnya, akan lebih membuka mata anda situasi di simalungun

  • Kristanti Damanik Boleh nulis tapi jangan ngatai orang....kalau berani laporin botou...holi ra do ham na masuk anggo itulisi ham tapi lang i pertanggungjawabkon ham da...

  • Jordi Purba Saya pikir tulisan juga tdk menyelesaikan masalah. Laporkan, dikawal supaya pihak yg berwajib mengusutnya sampai tuntas dan tersangkanya diadili. Kecuali tulisan itu efektif untuk tujuan2 tertentu.

  • Fredi Sigumonrong nihuruhu lang i simalungun tumang terjadi sonai, jadi domma rahasia umum on, lang pala ibajan2 ham situasi ni simalungun, anggo sittongdo ham lao mambangun simalungun, ijon ma ham tading, baen ham ma perubahan na menurut ham ai, boi atap lang mardalan songon na ibagas uhurmu ai.....?

  • Rajawali Saragih hmmmm... PEACE

  • Resdiman Saragih Adinda Asenk, baiknya tidak usahlah di ekspose suara/pilihan kita vi Media Sosial. Kurang elok rasanya apabila secara terbuka kita memberitahu kelemahan/kekurangan orang lain sementara di sisi lain kita mempromosikan kebaikan orang lainnya.

  • Agus Purba Sattabi,anggo saling hita mando marsihata hataan,torusma simalungun tading hun bani puak nalain,mari kita dukung putra putri simalungun yang mau maju berjuang.kita doakan mudah"an maju sidea lao pamaju simalungun,ulang pala hita saling membuka kesalahan,secara pikiran.belum tentu naibanggahon ta aai,benar" jujur.BRAVO SIMaLUNGun

  • Agus Purba Isepe nasiam nahundul isenayan,tetapma demi kemajuan ni hita simalungun

  • Jaya Girsang Kelihatannya mulai dari awal kampanye,lae ini terlalu pesimis dgn JG,,,mengapa???,,bila dia ada salah dgn lae,boleh kami sampaikan kebetulan kami satu gereja,,horas simalungun

  • Bermantuah Sinurat Laporkan saja. Bawa bukti bukti. Kabarnya di daerah lain Sortaman yang main uang. Siapa yang betul. Ahhh sudahlah...

  • Eben Saragih Munthe Onma anggo TS tarlambat mandalanhon sosialisasi i hutana sandiri. Hahhahaaa. Ongga do au marbuali pakon TS ni JG, mengenai strategy pembagian wilayah kampanye di Simalungun Atas antara Sortaman pakon JG. Dob tarbagi baru itontuhon batasan level kampanye na boi idalanhon JG i daerah ni Sortaman, sonai homa sebaliknya kampanye na boi idalanhon Sortaman di daerah ni JG. Tapi mungkin lang das hujai komunikasi ni TS ni sidea

  • Jusman Dinda Silalahi Hancur dahh....

    Ribut na itoruh....
    Hape na macaleg ai...
    Riap do sidea mangopi....
    I blok m

  • Laiden Purba Andohar buei halak simalungun na mancaleg monang (update hita). Caleg nalape monang sai berjiwa besar janah totap bere hita dukungan na positip.

  • Bermantuah Sinurat Berdasarkan hasil suara sementara dpr ri sumut 3, JG, SMS, ES lolos ke senayan...

  • Mesty Saragih hudukungdo sadea madua andohar pamajuhon simalungun

  • Bermantuah Sinurat au hatolusi...tanggung

  • Daniel Damanik on ma mambaen hita lang boi hundul holi,halani ganup berambisi lao maju hu kursi dpr ri, ahir ni sada pe lang adong na hundul halani suara terpecah.

  • Rado Silitonga loja ni rakyat jelata on mambahas in,,dapur ta bei ma ta pikiri lo..

  • Sabaruddin Girsang Orang yang teriak teriak tentang keburukan orang lain,besar kemungkinan menutupi keburukan sendiri, Sortaman hasomanhu..ongga do itambari au i taman mini.Junimart saninaku jadi hupilih.parmaenhu br simarmata mamnilih Sortaman,.mase lang ribut au????SIMALUNGUN!!!!!!uhuri ham ai ALS.

  • Asenk Lee Saragih saya bukan mau menyelesaikan masalah, tapi menulis fakta yg terjadi tentang politik uang pileg di kampung halaman saya. Aku hanya penulis, bukan Panwas. Lewat tulisan saya bisa bercerita kejadian yg sesungguhnya.

  • Jordi Purba hahaha...... emang susahlah melaporkan ayahanda sendiri ke panwaslu.

  • Norman P Tondang Siapapun itu asal simalungun , ya udah di syukurin aja.. Nanti sortaman masuk. Pendukung junimart use hulesahon....

  • Khas Simalungun dirimu pulang, terus suara mu di Jambi hilang ! pariban kita ya , boru Damanik aku !

  • Luhut Thesda Simarmata Tartangkap tangan pe sonari on seng mahua.. rata2 caleg me mainkan uang. Jd selamat utk JG, sms dan Es.

  • Salam Sinaga Sonaha lae AS? secara perhitungan masuk do jadini Sortaman Saragih ? Das do ia hu Senayan jadi DPR? domma sonaha> tks lae Sukses buat Team Sukses !!

  • Bang Tondang Anggo laho huatas diri tene unang idege uluni halak tuhul2 diri ma idege

  • Asenk Lee Saragih Bang Sortaman Saragih pakon Junimart Girsang kemungkinan besar masuk do. Tapi proses Pencoblosan di kampung saya yang saya ceritakan, karena penuh dengan politik uang, termasuk Caleg JG.

  • Jordi Purba jika penuh dengan politik uang berarti termasuk juga caleg SS ?

  • Asenk Lee Saragih kecuali SS i Hutanami

  • Jordi Purba dong do gan ibayari 20rb per suara ihuta nalegan ?

  • Asenk Lee Saragih Ahu bicara ihutangku, alani ijai ai sanggah ai. soal wilayah nalegan, seng urusanku dahkam.

  • Jordi Purba I love simalungun ! habonaron do bona.

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments