. Akhir Dominasi La Furia Roja (Casilas Berduka) | BeritaSimalungun
Home » » Akhir Dominasi La Furia Roja (Casilas Berduka)

Akhir Dominasi La Furia Roja (Casilas Berduka)

Written By GKPS JAMBI on Thursday, 19 June 2014 | 06:41

thumbnail
Casilas "Berduka" di Piala Dunia 2014 Brazil. Ft IST
Jakarta - Dalam sekitar enam tahun terakhir Spanyol begitu mendominasi sepakbola dunia. Setelah berturut-turut memenangi dua Piala Eropa dan sekali jadi kampiun Piala Dunia, keperkasaan La Furia Roja runtuh di Brasil 2014.

Era Spanyol menguasai sepakbola dunia dimulai tahun 2008. Momennya adalah Piala Eropa yang digelar bersama oleh Swiss dan Austria.

Menjadi kampiun di turneman itu, Spanyol tampil sangat meyakinkan. Di fase grup mereka meraih hasil 100% kemenangan masing-masing atas Rusia (4-1), Swedia (2-1) dam Yunani (2-1). Di fase knock out Tim Matador' juga sukses mendepak Italia dengan 4-2 lewat adu penalti dan mengandaskan Rusia 3-1.

Menghadapi Jerman di final, Fernando Torres dkk meraih kemenangan tipis 1-0.

Keperkasaan Spanyol di Piala Eropa berlanjut di Piala Dunia 2010. Meski pada laga pertama dapat kejutan pahit karena dikalahkan Swiss 0-1, skuat besutan Vicente del Bosque bisa bangkit dan memenangi dua laga berikutnya dengan Honduras dan Chile.

Pada tiga laga fase gugur, Spanyol cuma meraih kemenangan tipis 1-0 masing-masing atas Portugal, Paraguay dan Jerman. Keunggulan dengan skor tipis juga didapat saat bertemu Belanda di partai puncak. Untuk kali pertama sepanjang sejarah, Spanyol jadi juara Piala Dunia.

Kembali ke Piala Eropa 2012, Spanyol ternyata masih sakti. Lolos dari fase grup sebagai pemuncak klasemen dengan meraih dua kemenangan dan sekali imbang, Spanyol lantas menundukkan Prancis dengan 2-0 di delapan besar serta menang adu penalti atas Portugal di semifinal.

Kembali berhadapan dengan Italia di final, Spanyol meraih kemenangan mutlak 4-0. Ini menjadi gelar ketiga Spanyol di Piala Eropa.

Tanda-tanda akan berakhirnya dominasi Spanyol mungkin sudah terlihat sejak setahun lalu. Meski berhasil lolos ke final Piala Konfederasi, yang juga digelar di Brasil, Spanyol kalah telak dengan skor 0-3 atas tuan rumah.

Era dominasi Spanyol yang dimulai sejak 2008 itu akhirnya tuntas di Brasil. La Furia Roja dapat hasil yang sangat mengecewakan di Piala Dunia 2014. Skuat besutan Vicente Del Bosque menjadi juara bertahan keempat yang langsung out di fase grup, menyusul Brasil di 1699, Prancis di 2002 dan Italia di 2010.

Bukan cuma tersingkir, Spanyol menjalani turnamen yang buruk di Brasil. Mereka menjadi juara bertahan pertama yang menelan dua kekalahan di laga pertama Piala Dunia. Di dua laga itu Spanyol kemasukan tujuh kali, dan cuma bikin satu gol - itupun melalui ekskusi penalti.(dtk)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.