Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Juara Bertahan Langsung Kalah, Spanyol Bukan yang Pertama

thumbnail
EMMANUEL DUNAND/AFP/Getty Images
Jakarta - Keberhasilan Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010 seperti sama sekali tak berbekas saat mereka digilas Belanda dengan skor 1-5 di laga pertama Piala Dunia 2014. La Furi Roja bukan juara bertahan pertama yang langsung kalah.

Laga Spanyol dengan Belanda di Arena Fonte Nova, Salvador, Sabtu (14/6/2014) dinihari WIB merupakan ulangan final Piala Dunia 2010. Empat tahun lalu di Johannesburg, Afrika Selatan, Spanyol keluar sebagai juara setelah meraih kemenangan 1-0.

Saat harus kembali berhadapan dengan Belanda di pertandingan pertama Grup B Piala Dunia 2014, Spanyol dalam posisi lebih diunggulkan. Namun di atas lapangan 'Tim Matador' justru dihajar habis-habisan. Tak tanggung-tanggung, Iker Casillas dkk menyerah dengan skor telak 1-5.

Sejarah mencatat kalau Spanyol bukan negara pertama yang langsung kalah. Dalam 10 penyelenggaraan Piala Dunia sebelumnya malah ada tiga negara juara bertahan yang langsung kalah di pertandingan pertamanya. Demikian dikutip dari Opta.

Di Korea Selatan 2002, Prancis dapat kejutan besar saat berhadapan dengan Senegal, yang merupakan tim debutan. Ketika itu Les Bleus tunduk dengan skor tipis 0-1.

Sebelumnya, di tahun 1990 Argentina juga langsung tunduk di pertandingan pertama. Usai mengalahkan Jerman Barat di final 1986, Albiceleste menyerah 0-1 atas Kamerun.

Kondisi serupa dialami Argentina pada tahun 1982. Diego Maradona dkk ketika itu menyerah 0-1 dari Belgia.

Berbeda dengan Argentina dan Prancis yang kalah hanya dengan selisih satu gol, apa yang terjadi pada Spanyol sejatinya sangat memalukan. Peluang lolos ke 16 besar memang belum tertutup, tapi langkah menuju sata sangatlah berat karena mereka harus menang di dua laga sisa menghadapi Chile dan Australia.(detik.com)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments