Info Terkini

10/recent/ticker-posts

DUA HARI KE SIMALUNGUN

Foto Asenk Lee Saragih
BERITASIMALUNGUN.COM, Simalungun-Keliling ke Siantar Simalungun, kabupaten keempat terluas di Sumatera Utara. Alamnya seluas lebih 3400 km2 (340.000 hektar) ini terbentang dari Timur di perbatasan Kabupaten Batubara di Lima Puluh ke Barat, Simpang Bage (120 km) dekat Gunung Sipiso-piso, serta dari Utara (Marubun) hingga ke Selatan, kota Prapat (120 km). 

Dengan jumlah penduduknya yang hampir 1 juta jiwa itu, sama dengan penduduk Provinsi Bangka Belitung. Kabupaten Simalungun yang beberapa tahun lalu ibukotanya telah pindah dari Pematangsiantar ke Pematang Raya telah lama memimpikan pemekaran. Nias yang luasnya lebih kecil dan jumlah penduduknya lebih kecil telah dimekarkan menjadi 5 kabupaten/kota. 

Tapi bukan itu yang menarik dari Simalungun. Saya begitu tertarik dengan ketangguhan penduduknya bertani, khususnya di daerah Simalungun Bagian atas, Tanah Jawa (persawahan), Perdagangan (persawahan), dan kekurangpedulian mereka terhadap pengelolaan pariwisata (Prapat, Haranggaol).

Alamnya memang indah, jika bergerak melintasi Prapat-Tanjung Unta-Simarjarungjung. Puluhan kilometer disuguhi pemandangan pantai dan perbukitan Samosir yang indah. Pemandian air Panas di Tinggi Raja, Negeri Dolok juga sudah mulai ramai.(St Jannerson Girsang)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments