Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Bendera ISIS Berkibar di Jambi


© Fajar Yogi Arisandi / Harian Jambi
Stiker berlambang bendera Negara Islam Irak dan Suriah terpajang di pagar Kampus Unbari  
Kawasan Komplek Perkantoran Pemprov Jambi dan Kampus Unbari


BERITASIMALUNGUN.COM, Jambi-Penyebaran penganut Islamic State Iraq and Syria (ISIS) tampaknya sudah merata di beberapa provinsi di Indonesia, salah satunya di Provinsi Jambi. Pasalnya, Jumat 8 Agustus 2014 sekitar pukul 06.45 bendera dan stiker yang diduga milik ISIS tersebut berkibar bebas di kawasan komplek perkantoran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi.

BENDERA kelompok radikal Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) ini terpasang di pinggir kolam air mancur kawasan perkantoran pemprov Jambi. Memang masih ada masyarakat yang belum mengetahui bendera kelompok militan ISIS tersebut. Dari beberapa gambar yang diterima Harian Jambi, ada beberapa masyarakat yang terlihat cuek dengan gambar tersebut. 

Akan tetapi, Kabid Penanganan Konflik Kesbangpol Provinsi Jambi Sigit Eko Yuwono yang melihat tersebut langsung menurunkan bendera dan beberapa striker. Stiker ISIS tersebut terpajang di perkantoran sepanjang Jalan Ahmad Yani, bahkan stiker ISIS juga terpajang di pagar Kampus Universitas Batanghari (Unbari) Jalan Slamet Riyadi Broni dan sepanjang Jalan M Yusuf Singedekane.

Misalnya, beberapa kantor yang ditempel, yakni Kejati Jambi, Satpol PP, Dinas Pendidikan, RRI, dan pagar taman anggrek serta beberapa titik lainnya. Tampak puluhan aparat dari Kesbangpol Jambi dan aparat keamanan berpakaian preman, menurunkan dan mencopot semua atribut ISIS yang terpasang tersebut.

“Saat waktu mau pergi ke kantor, saya melihat ada bendera dan poster bergambar yang diduga mirip logo ISIS," katanya. Dijelaskannya, setelah melihat bendera dan poster ISIS, dirinya langsung melaporkan ke Kepala Kesbangpol dan berkoordinasi dengan pihak Polda Jambi dan Danrem 042 Gapu.

"Tadi sudah kita laporkan, dan segera semua sudah dilakukan penyisiran untuk membersihkan semua atribut yang diduga berlogo ISIS ini," jelasnya.

Terpisah, Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA) sedikit kaget dengan adanya bendera dan stiker ISIS tersebut. “Saya sudah pantau dan koordinasi dengan Muspida, sudah saya telpon Polda dan Danrem tentang keberadaan bendara ISIS tersebut,” sebutnya.

Dengan penemuan bendera dan stiker ISIS tersebut, HBA mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak terprovokasi. "Saya mengimbau agar masyarakat Jambi tenang dan jangan temakan dengan hal semua ini,” imbaunya.

Lantas apa tindaklanjut dengan temuan tersebut, HBA mengatakan akan menyerahkan dengan pihak terkait untuk menindaklanjuti temuan tersebut.
“Hasil koordinasi saya, Polda dan Danrem langsung melakuan langkah-langkah pendalaman,” sebutnya.

Sementara Wali Kota Jambi Sy Fasha dalam waktu dekat akan segara mengadakan rapat Forkompinda terkait penyebaran paham ISIS di Kota Jambi. “Ya nanti saya akan rapat dalam waktu dekat untuk menyikapi hal itu tadi. Saya belum dengar itu, tapi ada ya,” kata Fasha.

Disebutkannya, setelah dilakukannya rapat nantinya, pihaknya tentu akan segera melakukan
evaluasi terkait keberadaan gerakan ISIS tersebut. “Jangan mudah percaya dulu, kita lihat
dulu benar ada atau tidak,” sebutnya. 

Atas kejadian ini, dirinya berharap agar masyarakat, khusunya Kota Jambi untuk tidak mudah
terpengaruh. Bahkan dirinya menyakini bahwa masyarakatnya saat ini sudah bisa membedakan paham-pahan dan aliran tersebut.

Komandan Korem 042/Garuda Putih Kolonel Infanteri Harianto melalui Kepala Penerangan Korem 042/Garuda Putih Mayor Imam Syafii mengatakan bakal menindak tegas pelaku pemasangan bendera ISIS dan juga pelaku penyebar selebaran lambang organisasi yang telah dilarang keberadaannya di Indonesia.

"Sesuai instruksi Panglima TNI dan Danrem. Kita akan tindak tegas, tidak ada toleransi," katanya. Imam mengatakan TNI bakal berkoordinasi dengan Polri untuk mencari pelaku pemasangan lambang-lambang organisasi yang telah di fatwa haram oleh MUI.

“Itu akan ditindak tegas TNI dan Polri akan bertindak tegas tanpa pandang bulu. Kita akan
telusuri," sebutnya.( DEDI HIMAWAN/HARIANJAMBI.COM)Aparat Keamanan Kecolongan Berkibarnya Bendera ISIS di Jambi


Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments