Info Terkini

10/recent/ticker-posts

CARA ORANG LUAR MEMANDANG REVSOS

IST.Net

Mungkin sumber ini tidak bisa jadi acuan. Tapi baca deh. Logikanya amat sulit pula ditolak. Tulisan ini dari seorang Singapura yang anonim tetapi menurut saya, analisanya tajam. Amat masuk akal dalam konteks status Melayu di zaman sebelum kemerdekaan hingga sekarang.
Bahasanya, Melayu Singapura tetapi masih bisa masuk di otak. Uraiannya soal latar belakang sejarah, yang mendorong revsos.

Tulisan Berjudul
"PEMBANTAIAN MELAYU SUMATERA OLEH JAWA"

Indonesia sebuah negara yang penuh menipuan sejarah. Malah ada sejarah yang sengaja dilupakan. Namun para pengamat sejarah berhasil mengumpul informasi sejarah untuk menjadi rujukan generasi muda.
Sungguh aneh Sumatera yang dulunya punya instisuti Kesultanan bisa hilang. Orang Melayu Sumatera telah ditindas dan dihilangkan jati dirinya oleh jawa.
Sila cermati bukti sejarah ini.

MENYUSURI SERTA SEJARAH MELAYU SUMATERA YANG TELAH DILUPAKAN / SENGAJA DIGELAPKAN

Di Indonesia, kelompok Melayu dibahagikan kepada dua, iaitu Melayu pesisir (Coastal Malays) yang mendidiami sepanjang pantai barat Sumatera, serta Melayu Kalimantan (Borneo Malays), yang bertaburan di seluruh Pulau Borneo. Lain-lain rumpun Melayu tidak dianggap sebagai ’Melayu’, melainkan dikenali dengan nama etnik masing-masing. Ini termasuklah Acheh, Minang, Jawa, Mandailing, dan sebagainya.

Salah satu wilayah yang diakui sebagai wilayah bagi etnik Melayu dan mempunyai hubungan yang rapat dengan tanah semenanjung ialah Sumatera Timur. Di wilayah ini, terdapat empat buah Kerajaan Melayu utama yang pernah wujud, iaitu Kesultanan Langkat Darul Aman, Kesultanan Deli Darul Maimon, Kesultanan Serdang Darul Arif, dan Kesultanan Asahan. Bukti hubungan rapat antara Sumatera Timur dengan tanah semenanjung adalah apabila dialek yang digunakan di sini adalah lebih mirip dialek yang digunakan di tanah semenanjung. Malahan, para Kerabat Diraja Melayu Sumatera Timur pada masa dahulu sering melangsungkan perkahwinan dengan Kerabat Diraja Melayu di negeri-negeri di semenanjung.

Selepas perang dunia ke-2, Kerajaan-kerajaan Melayu di Sumatera Timur ini muncul sebagai wilayah yang kaya dan makmur hasil daripada perkembangan sektor perladangan. Perkara ini dapat dilihat daripada binaan istana-istana Sultan yang sebahagiannya masih lagi dapat dilihat hingga ke hari ini. Kemakmuran wilayah ini turut menarik kehadiran pendatang-pendatang dari tanah Jawa untuk menginap di wilayah ini bagi bekerja di ladang-ladang. Walaubagaimanapun, amat malang apabila dikalangan Kerajaan-kerajaan Melayu ini tidak membentuk perikatan atau kerjasama sesama mereka, sebaliknya bersaing sesama sendiri.

Pada masa tersebut, keadaan politik di Hindia Timur Belanda berada dalam kacau-bilau. Pengisytiharan kemerdekaan Indonesia secara sepihak oleh Soekarno dicabar keabsahannya oleh penjajah Belanda, memandangkan pengaruh dan kuasa Soekarno pada masa itu hanya meliputi Pulau Jawa sahaja. Kelekaan Kerajaan-kerajaan Melayu di Sumatera Timur dengan kemewahan hasil pembangunan ladang-ladang bagi tujuan tanaman menyebabkan mereka tidak menyedari jumlah ’pendatang’ yang bekerja di wilayah kekuasaan mereka telah melebihi jumlah penduduk tempatan sendiri. 

Kehidupan para pendatang dari Jawa di Sumatera Timur ini berada dalam keadaan yang menyedihkan dan tidak terurus. Raja-raja Melayu di Sumatera Timur enggan menganggap para pendatang Jawa ini sebagai ’Melayu’ kerana amalan agama Islam mereka yang berbeza dengan amalan penduduk Islam tempatan. Sementara para pendatang Jawa juga tidak mahu mengaku mereka adalah rakyat (subject) kepada Raja-raja Melayu di wilayah yang mereka duduki.

Raja-raja Melayu menganggap pengisytiharan kemerdekaan Indonesia tidak akan menguntungkan kerajaan masing-masing, kerana ia didominasi oleh kaum Jawa yang berpusat di Pulau Jawa sendiri dan menyokong pemerintahan bercorak Republik. Kerana tersepit antara kebangkitan semangat nasionalisme Indonesia dengan kewajipan untuk mempertahankan Kerajaan dan takhta masing-masing, Raja-raja telah melakukan kesilapan (mungkin kerana terpaksa, tiada pilihan) dengan menghantar surat menyatakan kesetiaan kepada Ratu Belanda.

Tindakan tersebut telah diambil kesempatan oleh para Nasionalis Indonesia yang didominasi etnik Jawa untuk mengecap para Raja-raja Melayu di Sumatera Timur ini sebagai boneka dan talibarut penjajah Belanda. Kemuncak kepada persengketaan ini adalah apabila para pendatang Jawa di Sumatera Timur bertindak dengan menyerang dan membakar kediaman di Raja, merogol, memenggal kepala dan membunuh para kerabat di raja Melayu hanya dalam tempoh satu malam iaitu pada 3 Mac 1946. Antara yang terkorban termasuklah Tengku Amir Hamzah, pujangga Melayu yang terkenal. 

Para nasionalis Indonesia cuba menyelindungkan perkara ini dengan mengatakan berlaku ’Revolusi Sosial’ rakyat bangun menentang pemerintahan monarki. Sedangkan realitinya, yang bangkit menyerang adalah hanya para pendatang dari Jawa yang terdiri daripada para penyamun, perompak, perogol dan penjenayah yang mengambil kesempatan daripada situasi yang berlaku.

Apa yang menarik, selepas kejadian tersebut, kebanyakan rakyat tempatan seboleh mungkin menyembunyikan identiti ’Melayu’ mereka bagi mengelakkan diserang oleh para ’Nasionalis Indonesia’. Malahan, sebahagian kaum Batak Karo dan Simalungun yang telah memeluk Islam dan mengamalkan cara hidup Melayu, kembali memakai nama asal Batak mereka dan mengelakkan dilihat sebagai Melayu. 

Satu persekutuan yang meliputi wilayah Kerajaan-kerajaan Melayu kemudian ditubuh, dengan nama Negara Sumatera Timur, dengan harapan untuk menyertai Republik Indonesia Serikat sebagai salah sebuah negeri di dalamnya. Namun, Negara Sumatera Timur ini mengelak daripada melibatkan Raja-raja Melayu yang seolah-olah telah menjadi satu taboo yang memalukan pada masa tersebut. 

ORANG JAWA DAN SUMATERA ZAMAN VOC
Tahun 2002 terbit buku "In dienst van de Compagnie" (Dalam dinas Kompeni) disusun oleh Vibeke Roeper dan Roelof van Gelder. Isinya seratus kesaksian yang diberikan oleh pejabat VOC sekisar 1602-1799. Di antara tulisan-tulisan itu terdapat laporan yang menjelaskan sifat berbagai etnik yang dijumpai oleh pejabat VOC.

Pedagang Rijklof tahun 1648 dan 1654 datang ke keraton Mataram dekat Yogyakarta. Van Goens dipercayai oleh Sultan Amangkurat I dan karena itu sempat meninjau pedalaman pulau Jawa. Rijklof van Goens kelak menjabat sebagai Gubernur Jenderal (1658-1675) dan dia menulis tentang "De aard van de Javanen" (Sifat tabiat orang-orang Jawa).

Suka nyolong
Orang-orang Jawa, tulis Van Goens, sangat piawai dalam menyembunyikan sifat jahat mereka di balik wajah yang saleh. Mereka sangat aneh tingkahnya, sembrono dalam memenuhi perjanjian, sangat sombong, tinggi hati, dan ambisius. Jika dua pria berpapasan di jalan, mereka tidak akan saling pandang lantaran masing-masaing mengira dirinya paling penting. 

Mereka amat ingin tahu dan karena itu suka nyolong (diefachtig). Mereka malas dalam pekerjaan, tetapi bila dipaksa oleh atasan berbuat sesuatu, mereka sangat penurut karena takut. Mereka tidak kenal aturan dalam hawa nafsu, tapi tidak punya masalah dengan penyakit raja singa. Lagi pula mereka sangat gemar membunuh (moorddadig), bersifat tidak setia dan saling mengancam nyawa. 

Jika mereka bisa menyenangkan hati raja atau dapat memperoleh keuntungan darinya, seorang ayah tega membunuh anaknya, saudara yang satu membunuh saudara yang lain, atau putra membunuh bapaknya.

Dalam membunuh itu, mereka kejam dan tidak kenal belas kasihan. Suatu kematian secara perlahan-lahan dan sangat nyeri disaksikan oleh mereka dengan senang hati. Orang yang sedang sekarat tidak memperlihatkan perubahan; dia tidak mengaduh dan tidak menangis sekalipun bila korban itu seorang perempuan atau kanak-kanak. "Saya melihat hal itu beberapa kali dengan mata kepala sendiri. Saya lihat orang dicabik-cabik badannya sebagai pelaksanaan hukuman mati (geradbraakt) tanpa berucap sepatah kata pun dan menjerit kesakitan. Dalam perang mereka penakut (laf), kecuali bila mereka terdesak atau berpikir sedang berjuang mati hidup", tulis Rijklof Van Goens tentang sifat orang-orang Jawa pada abad ke-17. 

Orang Jawa memiliki sedikit sekali kebajikan dan tabiat baik karena semua itu hanya pura-pura belaka. Keramahan dan kesopanannya adalah dibuat-buat. Dia tidak saling memaki dan satu-satunya carut yang didengar oleh Van Goens adalah di kalangan anak-anak. Apabila orang-orang Jawa membicarakan hal-hal serius mereka mengambil jarak dan menggunakan sedikit sekali kata-kata. 

Dalam kegembiraan mereka penuh semangat dan siapa yang paling lucu mendapat pujian terbanyak. Mereka sangat suka pada kuda dan akan menderita lapar sendiri daripada membiarkan kuda-kuda mereka tidak makan.

Mereka dermawan, rendah hati, dan sopan santun jika yang satu menjamu yang lain. Dalam percakapan mereka berbuat sebaik mungkin memuji-muji raja mereka. Mereka begitu sayang pada raja yang mereka perlakukan sebagai dewata. Apabila mereka terjebak, mereka bertempur dengan keputusasaan, berbusa mulut mereka saking marah, bagaikan anjing gila. Terlepas dari hal ini, tabiat mereka sangat serupa (gelijkmatig) sehingga orang tak pernah bisa melihat apakah mereka berang atau tidak, sedih, atau gembira.

Iring-iringan pengawal
Rijklof Van Goens selalu diterima dengan baik oleh Sultan Amangkurat I.
Sebagai penghormatan terhadap duta VOC itu Amangkurat malah pada kunjungan kelima Van Goens memberikan padanya barisan pengawal terdiri dari 400 orang dan dengan itu mengelilingi Jawa. Van Goens menceritakan bagaimana iring-iringan pengawal itu. 


Kalau para petinggi Jawa bepergian di jalan, mereka dikelilingi oleh keindahan dan kemewahan. Di depan barisan berjalan seratus orang membawa tombak yang ujungnya ditutup dengan sarung. Sesudah itu menyusul sepuluh prajurit membawa senapan (musketiers) yang ditutup dengan kain merah. Orang pertama di belakangnya membawa payung kebesaran, orang kedua membawa kendi berisi air dalam sebuah keranjang bagus, yang ketiga membawa tikar. 

Yang keempat dan kelima mengangkut kotak empat persegi berisi pakaian dan keperluan lain. Yang ketujuh dan kedelapan membawa tombak yang terbuka, tegak lurus, dan berjalan di samping kuda yang ditunggangi oleh Ndoro. Yang kesembilan membawa sirih pinang, yang kesepuluh membawa pipa dan tembakau. 

Demikianlah seterusnya penampilan iring-iringan itu, tetapi semua bunga mawar yang indah itu bukannya tak punya duri-duri tajam karena siapa yang bisa hidup terus, tetap berada dalam kemurahan hati raja dengan selamat dan menyelesaikan tugasnya, bolehlah berterima kasih kepada Tuhan dan rahmat-Nya. 

Maklum, sebuah perkataan yang salah atau suatu kelalaian kecil bisa mengakibatkan habisnya nyawa dan kebebasan, demikian Rijklof Van Goens yang memberikan kepada kita bahan masukan untuk memahami sifat orang-orang Jawa dahulu.

Sebuah laporan lain berasal dari Elias Hesse, orang Jerman, pekerja tambang yang pada tahun 1682 atas perintah VOC pergi ke Sumatera menyelidiki apakah tambang emas di Silida bisa digarap. Tulisannya "Bezoek aan een Sumateraanse vors" (Kunjungan kepada seorang raja Sumatera) memberikan gambaran tentang masyarakat dan orang Sumatera di abad ke-17.

Hesse bercerita, rumah-rumah di Sumatera berdiri di atas tiang-tiang. Rumah terbuat dari bambu dan atap daun nyiur. Di kamar terbentang tikar-tikar. Hesse dan kawan-kawannya diundang oleh raja yang pada hematnya serupa dengan seorang wali kota desa di Jerman. Raja itu, lebih tepat adalah seorang bangsawan, istananya tegakdi atas tiang-tiang. Dia mengundang makan Hesse.

Ketika makanan sedang dimasak, Hesse pergi jalan-jalan di kampung melihat segala sesuatu. Tidak ada apa-apa di sana. "Tapi kami memang memerhatikan gadis-gadis Melayu yang berpapasan dengan kami. Mereka jelek dan tidak ramah (lelijk en noers). Kulit mereka sawo matang. Setelah jalan-jalan itu kami kembali kepada raja untuk dijamu," tulis Hesse. 

MAKLUMAT TAMBAHAN
Pada tahun 1946 keadaan suhu politik di Sumatra timur memanas, orang-orang Komunis mulai menguasai partai politik dan juga membentuk laskar bersenjata diantaranya Laskar Buruh atau PKI.
Wakil Gubernur, Menteri Amir Syarifuddin (salah seorang eksponen Komunis) tiba di Serdang dari Jawa dan menghasut partai dan laskar rakyat kenapa membiarkan feodal Sultan dan bangsawan Serdang di istananya, hal ini mudah di lakukannya karena ia seorang penulis dan menjadi redaktur di majalah Pemoeda Soematra.

Secara sembunyi kaum komunis mempersiapkan rencana untuk menghapuskan monarki kerajaan Melayu dan ingin mengambil alih pemerintahan kerajaan.

Mereka kemudian membuat propaganda di koran-koran, radio dan pamflet serta isu-isu fitnah palsu untuk menghasut rakyat, isu bahwa Raja-Raja Melayu itu sudah bekerjasama dengan Belanda dan mereka adalah kaum Feodal yang memeras dan menindas rakyat.

Dengan akal jahatnya PKI berhasil memindahkan Kapten Tengku Nurdin dari Batalion III naik pangkat menjadi Komandan Resimen di Tanah Karo dengan pangkat Mayor.

6 Februari Gubemur Mr. T. Moh. Hassan, beserta rombongan yang diangkut dengan 7 mobil, berangkat dari Medan lewat Brastagi dan Sumatra Tengah menuju Sumatra Selatan, hingga tanggal 22 Maret kembali berada di Medan.

Ketika Gubernur Mr. T. Moh. Hassan pergi tur, Dr. Moh. Amir tetap tinggal di Medan sebagai pejabat Gubemur.

Saat itulah tragedi terjadi……..
3 Maret 1946, tepat jam 12 malam secara serentak massa yang kebanyakan rakyat pendatang dipimpin oleh orang-orang komunis kiri PKI mengajak serta PNI, Pesindo, serta massa menyerbu istana dan kantor kerajaan Melayu dan mengumumkan bahwa kerajaan Melayu telah dihapuskan oleh rakyat Indonesia.

Pembunuhan terhadap kaum bangsawan terjadi secara massal ada juga yang di benamkan di Laut, kepalanya dipotong, di kubur hidup-hidup dan berbagai pembunuhan sadis lainnya, di lakukan oleh massa dari PKI.

Penyerbuan massal itu tragedi buat Sultan Bidar Alam Syah IV di Bilah, Sultan Mahmud Aman Gagar Alam Syah di Panai dan Tengku Mustafa gelar Yang Dipertuan Besar Makmur Perkasa Alam Syah di Kota Pinang, kesultanan Serdang Asahan di Tanjung Balai, Kesultanan Deli di Medan, kerajaan Melayu Yang Dipertuan Tengku Al Haji Muhammad Syah di Labuhan Batu seperti Kualuh dan Kota Pinang, di Labuhan Batu.

Di tempat lain, istana Sultan Langkat baik yang di Tanjung Pura maupun yang di kota Binjei diserbu dan dirampok, Bangsawan Langkat ditangkap dan sebagian besar dibunuh dengan kejam termasuk pujangga besar Tengku Amir Hamzah, puteri-puteri Sultan Langkat diperkosa dan yang lebih memilukan lagi perkosaan di depan mata beliau Sultan Langkat, dan putra mahkota yang masih belia hilang tak tau rimbanya hingga kini, ini dilakukan oleh Marwan dan antek2nya, mereka dari PKi.

Tengku-tengku di Asahan yang laki-laki semua dibunuh termasuk isteri Tengku Musa dan anaknya.
Tidak berapa lama setelah pergantian Kapten Tengku Nurdin, penggantinya yang baru di Batalion III , menangkap semua kaum bangsawan Melayu di beberapa daerah termasuk perempuan dan anak-anak ditangkap dan dibawa ke perkampungan (Concentration camp) di Simalungun dan Tanah Karo.

Kaum bangsawan dinista dan dicacimaki sebagai orang bodoh dan pemalas serta berada di dalam kemiskinan dan tidak mendapat bantuan Negara dan di negerinya sendiri dianggap sebagai second class citizens.

Dua generasi orang Melayu hampir kehilangan identitas mereka. Mereka takut mengaku Melayu, takut memakai baju teluk belanga dan menambah gelar marga Batak di depan namanya supaya boleh masuk sekolah atau diterima di kantor pemerintahan. Mereka menghilangkan gelar Tengku atau Wan karena takut dicaci sebagai feodal. Zaman ini adalah masa kegelapan buat adat-budaya Melayu. 

[Sejarah] Terbunuhnya Sultan2 Melayu Di Sumatera
Ladang pembantaian berikutnya terjadi di Sumatera Timur di mana terjadi revolusi sosial bulan Maret 1946. Ketegangan-ketegangan golongan dan kesukuan, yang terbentuk sejak awal dasawarsa 1920-an, meledak ketika para pendukung RI dalam kelompok suku non-Melayu melakukan balas dendam kepada kaum bangsawan zaman kolonial.

Sasaran utama ialah para sultan itu dan raja berikut keluarga mereka. Di samping itu kaum non-Melayu menyerang kaum Melayu itu sebagai balasan atas keistimewaan yang mereka lihat dinikmati oleh orang-orang Melayu pada masa penjajahan Belanda.

Hampir dalam seluruh bulan Maret 1946 pemuda-pemuda bersenjata, kebanyakan termasuk kesatuan-kesatuan laskar Pesindo (Pemuda Sosialis Indonesia), Napindo (Nasionalis Pemuda Indonesia), Barisan Harimau Liar, Barisan Merah (milik PKI), dan Hizbullah, yang didukung oleh kaum buruh Jawa di semua perkebunan dan kaum petani Karo dan Toba, mengamuk di seluruh Sumatera Timur.

Mereka membunuh, menahan para pejabat, dan merampok atau menyita milik penduduk. Di luar Medan (yang dijaga Sekutu) kebanyakan istana dan rumah para bangsawan diserbu dan diobrak-abrik. Para anggota keluarga bangsawan dan kolaborator Belanda diserang.

Semua sultan dan raja besar, selain Sultan Deli yang dijaga serdadu Inggris, dibunuh atau ditawan. Seluruhnya hampir 90 bangsawan terkemuka kehilangan nyawa mereka dan ratusan ditawan. Sejumlah besar pejabat negara dan pribumi itu juga dibunuh atau ditawan.

Sejumlah besar hak milik seperti uang, permata dan emas dirampok oleh laskar-laskar. Perkebunan di seluruh wilayah ini diduduki oleh unit-unit laskar, dan tanah-tanah milik perkebunan dibagi-bagikan kepada buruh-buruhnya atau kepada para petani non-Melayu. Akibatnya, banyak petani Melayu yang terusir dari tanah perkebunan yang telah mereka budidayakan berdasarkan hak khusus yang tercantum dalam kontrak-kontrak sebelum Perang Dunia kedua. 

Berbeda dengan Belanda, untuk memulai penjajahannya di Sumatera antara tahun 1945-1947, regime "Indonesia"-Jawa memakai strategi "sapu bersih". Regime Sukarno menuduh bahwa Sultan-sultan Sumatera sebagai anti republik. Dengan politik kotor ini, Sumatera dijadikan sebagai ladang pembantaian terhadap Sultan-sultan Melayu Sumatera besama ahli warisnya. 

Ketika itu sedadu khusus yang dikirim dari pulau Jawa telah menyamar berpakaian dan berbahasa Melayu, bahkan ada juga menyamar sebagai buruh kelapa sawit. Mereka (serdadu Jawa dan transmigrasi) mara bersama-sama ke dalam istana-istana untuk membunuh Sultan-sultan dan ahli warisnya. Peristiwa inilah yang Sukarno sebut sebagai revolusi sosial.

Tegasnya penyebab runtuhnya nilai-nilai peradaban, solidaritas dan
terjadinya kemiskinan di Sumatera berpunca dari prilaku dan tindakan penjajahan. Dulu Belanda, sekarang regime "Indonesia''-Jawa.


Kekayaan bumi Sumatera yang melimpah ruah, dalam realitasnya tidak dapat menjamin kemakmuran bangsa-bangsa Sumatera, karena sistem ekonomi yang dilaksanakan mengikut konsep "kemiskinan Struktural" (suatu sistem ekonomi yang mengakui wujudnya klass ekonomi dalam masyarakat. Menurut sistem ini kemiskinan dan penderitaan rakyat diperlukan untuk kepentingan politik si penjajah).


Jadi tidak mengherankan kalau regime "Indonesia''-jawa mengamalkan kleptokrasi, korupsi, nepotisme, etatisme. Tujuannya:
1. Supaya rakyat tidak mempunyai waktu berpikir dan tidak terlibat langsung
dalam proses pengambilan keputusan politik penjajah;
2. Untuk mempertahankan status-quo penjajahan;
3. Menanamkan rasa ketakutan di kalangan masyarakat supaya tidak menggugat
penguasa, walaupun bagaimana zalimnya.
4. Menanamkan rasa pasrah dan sabar yang terlalu, sehingga malapetaka apapun
yang terjadi, berdalih kepada taqdir. 


Pengaruh Nazisme pada fasisme Jawa di Indonesia Ideologi fasis Jerman ini kemudian mendapatkan lahan yang subur pada masyarakat Jawa yang terbiasa dengan budaya raja-raja seperti Dr. Notonindito seorang anggota PNI zaman dulu dan pemimpin Parindra, Woerjaningrat Soekardjo Wirjopranoto. Sebagaimana para pemimpin fasis Eropa seperti Hitler dan Mussolini yang memuja-muja kekaisaran Romawi sebagai teladan, kaum fasis Jawa di Indonesia mengelu-ngelukan kekuasaan kerajaan-kerajaan di Nusantara terutama kerajaan-kerjaan Jawa yang utamanya adalah kerajaan Majapahit. 

Gagasan fasisme Jawa ini kemudian dikembangkan oleh Sukarno, penguasa fasis pertama di Republik Indonesia, yang juga menggunakan “keagungan” dan lambang-lambang kerajaan Majapahit, sebagai dasar daripada kekuasaannya di tanah Indonesia. Sukarno sendiri menjadi penguasa di Indonesia utamanya lewat dukungan kaum fasis Jepang. Sampai kinipun, masih banyak orang Jawa yang berkecenderungan fasis yang masih menggunakan kerajaan Majapahit sebagai pengesahan daripada usaha mereka untuk meraih kekuasaan.

Wilson, alumni Fakultas Sejarah Universitas Indonesia yang membuka mata kita untuk mengenal masa lalu fasisme di negeri ini. Dr. Notonindito, bekas anggota PNI Lama asal Pekalongan adalah tokoh teras pendiri partai fasis ini. Ide dasar pendirian PFI ini memang agak unik karena tidak didasarkan kepentingan ideologi, melainkan oleh cita-cita pembangunan kembali kerajaan-kerajaan Jawa seperti Majapahit dan Mataram, Sriwijaya di Sumatera, dan kerajaan-kerajaan di Kalimantan.

Gema fasisme yang melanda dunia menuai respon beragam dari kalangan pergerakan di Indonesia. Kelompok PNI Baru, PKI dan Partindo adalah kelompok yang menentang gigih fasisme. Alasan dasarnya karena fasisme adalah benteng terakhir dari kapitalisme untuk mempertahankan diri dari krisis ekonomi dan politik (Hlm 178).

Sedangkan di luar kedua kelompok ini, Wilson menilai kaum pergerakan “kebingungan” dalam merespon fasisme. Kelompok PSII dan Parindra misalnya, karena percaya ramalan politik Jayabaya menganggap fasisme Jepang sebagai “saudara tua” yang akan membebaskan bumiputera dari belenggu kolonialisme Belanda.

Istilah “Indonesia Raya” dan “Indonesia Mulia” yang getol dikampanyekan oleh Parindra misalnya, mengingatkan kita pada ide “Jerman Raya” milik kaum Nazi Jerman yang mengakibatkan pembantaian jutaan orang Yahudi.(Hlm 179). Bahkan Agus Salim melihat potensi fasisme sebagai solusi mengusir kolonial. 

Fasisme Jawa
PRAMOEDYA Ananta Toer kembali angkat bicara. Kini Pram menggugat apa yang disebutnya sebagai “fasisme Jawa” atau ”Jawanisme”–faham yang berkembang di kepulauan ini sejak ratusan tahun silam hingga hari ini.

”Jawanisme adalah taat dan setia membabi buta pada atasan,” kata Pram. Kesetiaan dan ketaatan ini membuat orang mudah bertekuk lutut kepada rezim Belanda, Jepang dan sekarang Indonesia. Fasisme Jawa ini mengakar. Fasisme Jawa ini membuat orang Indonesia hanya berdiam diri saat dijajah dan dijarah.

Dulu bangsawan-bangsawan Jawa membantu pemerintah Hindia Belanda mengatur dan mengisap kekayaan alam dan manusia di Jawa, Sumatera, Borneo, Ambon, Celebes dan sebagainya. Selama berpuluh-puluh tahun, kata Pram, Jawa mengirimkan serdadu-serdadu bayaran ke luar Jawa. Pasukan ”kumpeni” ini ikut membantai para pejuang Aceh dan lainnya yang melawan Belanda.

Keluar mulut harimau, masuk mulut buaya. Belum bebas dari kolonialisme Belanda, kuku-kuku Jepang datang mencengkeram. Cuma dalam tempo tiga hari setelah mendarat di Pulau Jawa, nyaris semua serdadu Nippon terlibat pemerkosaan massal perempuan lokal. Jepang merekrut 700 ribu petani dalam program romusha. Mereka jadi tenaga kerja paksa dan sekitar 300 ribu orang mati.

Lalu Indonesia merdeka. Tapi kenangan Pram terkait erat dengan kudeta militer di tanah Jawa pada 1965. Hiruk-pikuk Jakarta berubah menjadi sunyi. Di Sungai Brantas mayat-mayat mengapung.

Naiknya Jenderal Soeharto ke kursi presiden Indonesia dibayar nyawa dua juta penduduk di Jawa. Itu menurut versi Laksamana Sudomo, Panglima Komando Operasi Pemulihan Keamanan dan Ketertiban ketika itu. Hitungan komandan Para Komando Angkatan Darat Jenderal Sarwo Edhi Wibowo (mertua Susilo Bambang Yudhoyono), yang langsung memimpin operasi, jumlahnya lebih mengerikan: tiga juta jiwa!

Jumlah korban itu belum ditambah lagi yang dibui, hilang entah di mana rimbanya, atau terpaksa mengasing ke negeri orang. Sedangkan Pram, dia ditangkap dua minggu setelah peristiwa pembunuhan enam jenderal.

Dari keseluruhan tahanan Pulau Buru yang berjumlah 14.000, Pram termasuk 500 orang tahanan pertama. Dia menjalani kerja paksa selama sepuluh tahun di kamp konsentrasi tersebut. Di sanalah lahir empat novel sekuel dengan judul Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah dan Rumah Kaca. Mahakarya yang dikenal dengan Tetralogi Pulau Buru ini mensejajarkan Pram penulis kelas dunia.

Sadar bahwa pemerintah akan merampas tulisannya, di Pulau Buru Pram mengetik naskahnya dalam beberapa salinan. Satu salinan disebarkan di antara para tahanan, yang lain dilayangkan ke gereja. Nah, rupanya salinan naskah inilah yang kemudian diselundupkan ke luar Pulau Buru dan dikirim ke Eropa, Amerika dan Australia.

Sampai sekarang Pram masih merasa marah bila mengingat peristiwa pembakaran perpustakaan pribadi dan delapan naskahnya oleh segerombolan tentara Indonesia.”Pembakaran buku sama dengan perbuatan setan!” ungkapnya, geram.

Amarah Pram ini direkam dalam wawancara selama empat bulan dengan pasangan suami-isteri Andre Vltchek, jurnalis dan pembuat film asal Amerika, serta Rossie Indira, mantan seorang aktivis Partai Komunis Indonesia, yang bekerja sebagai arsitek dan kolumnis. Mereka merekam jawaban atas 150 pertanyaan yang diajukan Vltchek-Indira dari Desember 2003 hingga Maret 2004.Sebelum diterbitkan di Jakarta, versi Inggris muncul duluan dengan judul Exile: Conversations With Pramoedya Ananta Toer. Dalam edisi bahasa Melayu, buku ini disunting Linda Christanty, penerima Khatulistiwa Literary Award. 

Pram memaparkan bagaimana Jawanisme masih dominan Indonesia hari ini. Rezim Soeharto telah merontokkan cita-cita pendiri bangsa dan menggantinya dengan Jawanisme. Sejak terhentinya ”revolusi nasional” pada 1965, Pram melihat proses pembusukan yang terus-menerus. Korupsi di birokrasi kian berurat akar. Para elit dan penguasa dibiarkan menjarah sumber daya alam milik masyarakat di Aceh, Riau, Kalimantan, Papua dan sebagainya. Sedangkan para pembunuh dan jenderal-jenderalnya bebas pelesiran.
Pram mendukung Timor Leste untuk menjadi negeri yang merdeka dari Indonesia. Sekitar 180,000 jiwa terbunuh selama perang Timor. Dan Soeharto, kata Pram, harus bertanggung jawab atas kebiadaban itu.


Soeharto juga bertanggung jawab atas pembantaian ribuan orang di Aceh. Ini menunjukkan ketidakmampuan Belanda maupun Jawa menundukkan Aceh. Apalagi, seperti Pram bilang,”Orang Aceh punya keberanian individu.”


Berbicara tentang Indonesia, diakui Pram, membuatnya kebakaran sendirian. Dia menyesali tak lahirnya pemimpin di Indonesia sejak Soekarno. Saat ini tak ada calon presiden yang bisa dipilih karena tak ada seorang pun memiliki wawasan keindonesiaan dan prestasi individu. Begitupun masyarakatnya. Konsumtif dan cenderung acuh terhadap keadaan bangsanya.
“Yang mereka lakukan dari hari ke hari hanyalah beternak, konsumsi dan mengemis tanpa melakukan produksi!” dia geram.


Argumentasi Pram soal fasisme ini sama dengan ide kritisi terhadap Prof. Soepomo, salah satu arsitek negara Indonesia. Marsillam Simanjuntak dalam buku “Pandangan Negara Integralistik: sumber, unsur, dan riwayatnya dalam persiapan UUD 1945,” menerangkan bahwa Soepomo mengagumi fasisme Jerman dan Jepang. Adnan Buyung Nasution dalam tesisnya juga mengatakan rezim Soeharto lebih kejam dan membunuh lebih banyak orang dari Belanda dan Jepang. 


Pemerintahan Sukarno, berdasarkan pengertian di atas adalah pemerintahan fasis. Fasisme Sukarno ini diperkuat dan mencapai puncaknya pada zaman Suharto. Ciri-ciri daripada fasisme di Indonesia yang merupakan fasisme Jawa adalah penggunaan budaya Jawa sebagai lambang identitas kenasionalan, militerisme, sentralisasi yang melibatkan jawanisasi dalam segala hal termasuk militer.

Sejumlah peneliti dan Indonesianis telah menulis mengenai proses sentralisasi dan jawanisasi ini maupun mengenai penguatan militer, serta pemujaan/pengkultusan individu Sukarno pada zaman Sukarno berkuasa yang terlihat jelas pada orang-orang anggota PKI yang berkiblat kepada Stalinisme. PRRI adalah salah satu dari banyak gerakan Sukarno untuk mencapai ini. 

Gerakan Sukarno dipatahkan oleh Suharto yang pada gilirannya hanya meneruskan dan menyempurnakan proses-proses politik yang telah dilakukan oleh Sukarno untuk menuju fasisme Jawa ini. Sebagaimana layaknya Stalin yang hanya meneruskan dan menyempurnakan gerakan-gerakan politik daripada Lenin untuk menuju kediktaturan gaya para Zsar Rusia yang disebut dengan Zsarisme.(Simon Saragih)

  • Henry Leonard Saragih sonaha ma in ale? tondong hu halak Jawa do..

  • Nikolas Munthe Sihilap Mungkin ada benarnya tapi haram kalau dipublikkan,,,,,,,jiwa penulis ini ingin semua suku di Indo egaliter, termasuk simalungun. Pandangan terhadap fasis jawanisasi mungkin ada benarnya,,,,bukankah setiap suku banfsa mengandung fasis??? Untuk Revsos,,,,kesimpulan mentah versi tulisan ini: para eksekutor itu hanya "tukang",,,,,kasihan banget ya, ,,,,dunia politik mutlak digenggam,,,,,

  • Sarmen Saragih Hmmmm
    Saat pecahnya Kudeta G30S di Tahun 1965, saya sedang berada diatas Kapal Angkut "Koan Maru" , sehari setelah diberangkatkan Orangtua , Saudara dari pelabuhan Belawan / Medan menuju pelabuhan Tanjung Periuk - Djakarta....

    1 Hari setelah Di tengah laut , Penompang mendengar Warta Berita Raido ( RRI) ....dan juga melalui awak Kapal Koan Maru , semua pada Gelisah , karena mayoritas Penompang yang ada bertujuan ke Ibukota yang sedang dilanda Massaker yang tidak dapat digambarkan .... Dan tak terlupakan...

  • Sonny S Zharaqih Soekarno saat memimpin tidak pernah pakai baju jawa. Garuda Pancasila nya pun terinspirasi emangnya Amerika...

  • Simon Saragih Tak sepemuhnya tulisan di atas aktual lagi dengan keadaan sekarang. Namun ada ditulis bahwa para raja Simalungun mengirimkan surat ke Ratu Belanda menyatakan kesetiaan pada Belanda

  • Simon Saragih Jika ini benar, wajarlah Saragih Ras jengkel pada Soekarno krn KMB

  • Simon Saragih Jika raja raja Simalungun benar melakukan itu, salah total tindakan itu dari kaca mata sekarang. Namun kaca mata saat itu dan dalam konteks Jawa versus Melayu itu, tindakan para raja Simalungun relatif masuk akal

  • Sarmen Saragih Setahu saya, Soekarno adalan Sosialis dan Nasionalis, yang ingin adanya Kesatuan yang merata diantara suku" yang Bhinaka Tunggal Ika .

    Hal ini tersirat dalam Bukunya ... malah dalam Pidato 17 Augustusnya pernah " Menganjurkan/ mengharapkan terjadinya Perkawinan Campur Masyarakat , tanpa memandang Sukunya dan asal usul .

  • Simon Saragih Ya Bang, itu merujuk pada sentimen kesukuan yg begitu tinggi pada masa itu. Soekarno ingin sentimen itu melebur dan kini relatif berhasil

  • Nikolas Munthe Sihilap Memang menilik situasi perpolitikan pada waktu yang mazih carut marut dan sarat dengan goyangan ex.penjjh belanda,,,,,rasanya memilih salah satu aliran juga seperti "manakkap sibahut inagubbor do",,,,,,,jadi pilihan para rsja simalungun pd waktu itu juga pazti sedikit banyaknya diwarnai tekanan kanan kiri,,,,,,konteks kekinian pun mazih begitu,,,,,,maka boleh dibilang untuk kaum raja: ketiban sial yang kejam,,,,,,,huh!!

  • Simon Saragih Carut marut dan chaotic.

  • Simon Saragih Setelah membaca uraian di atas, walau sumbernya tak resmi tapi trrjadi di masa lalu, rasanya berhasillah strategi victimized Saragih Ras. Seolah-olah Saragih Ras lah mastermind tapi ternyata tidak. Dia hanya kaki tangan, walau dalam dirinya ada ketidaksenangan pada privilis bangsawan.

  • Jaberkat Purba ada adu domba, sebab Komunis tak tahu siapa para bangsawan yang harus dibunuh, jadi mereka memperalat rakyat lokal. Kasihan si saragih ras, mungkin dia bisa pensiun jendral .. hahahaha

  • Sarmen Saragih Setahu saya , setelah terjadinya gerakan G30S , Presiden saat itu Sukarno merasa perlu adanya ketenangan di Masyarakat dan berusaha menggantikan beberapa Pejabat , terutama mengangkat Soeharto menjadi " Pang.KOSTRAD di Jakarta ....
    Pada saat itu,lambat laun , oleh beberapa Jenderal Angkatan, mencoba / memakai Soeharto sebagai " Bhoneka", yang lambat laun menyisihkan Soekarno dari Kedudukan sebagai Presiden RI. Bahkan di jadikan Presiden yang bertanggungjawab atas terjadinya Aksi G 30 S . ....yang ahirnya di tahan / " Tahanan Rumah " ....sampai meninggal ...

    Di saat itu jugalah timbul satu Politik busuk ( Sorry ) , yang mengharuskan setiap Pegawai Negeri dan yang bekerja di lingkungan Pemerintahan menjadi anggota Partai Politik " GOLKAR". ( Golongan Karya ).
    Yang otomatis , setiap adanyaPemilihan, yang menang adalah Partai GOLKAR, karena siapa tidak anggota , tidak mungkin bisa menjadi. Pegawai Negeri. dst......

  • Simon Saragih Ya Bang, memang politik "busuk"do dahkam. He he he. Sampe akhir hayat ni pe sonai do. AH Nasution digusur, Ali Sadikin juga. Musuh politik dibonsai.

  • Simon Saragih Ada idealisme Saragih Ras. Sekali menjalankan tugas yang sesuai dengan nalarnya, akan terus dia jalankan. Dia memilih menerima konsekuensi dibonsai jika dia dipaksa memuntahkan apa yang sudah dia jalankan. Dan Saragih Ras memang kemudian menangis. KMB muncul. Dia diadili walau diputus bebas murni.

    Karena tariluh, maka dia menuliskan hal ini. "Hubaen pe goran mu Iluh Bakti Alam, amang, alana i bagas iluh do au bani partubum." Demikian diari Saragih Ras saat menamai anaknya yang lahir 1948, saat dia tariluh-iluh.

  • Nikolas Munthe Sihilap Aih mittor manibbur do abbulu mabbasa on Bang,,,,,

  • Simon Saragih Lang sihata-hata ai da ambia, he he he. Ai ma gan catatan ni

  • Nikolas Munthe Sihilap Porsaya do tumang abu Bang,,,,,,bani mukkahni ipaboa ham goranni panggi Iluh on,,,,mittor marpanukkun do uhur. Aha artini?? Lanjar izuba majjarum na masa,,,,,hape hona tongon egodna,,,,,,,

  • Simon Saragih Abangnya bernama Gempar Saragih, sudah almarhum. Dinamai Gempar karena lahir pada 1946 di saat keadaan sedang gempar-gemparnya, eksekusi para ningrat itu.

    Putra-putri Abang Gempar ada di Jakarta ini, juga akan saya temui

  • Sarmen Saragih Hm.....
    Sejarah yang masih penuh Rahasia / " Sejarah tombean . " .

    Soekarno jugalah Yang mengangkat Ali Sadikin dari Angkatan Laut , menjadi Menteri Perhubungan , sebelum menjadi Gubernur DKI ...

  • Simon Saragih Kalau Soeharto, ya kasat mana boneka AS do Bang juga boneka ketamakannya sendiri. He he he

  • Sonny S Zharaqih Bang simon, setauku KMB itu bukan gagasan Soekarno. Itu lebih aksis Hatta yang berpandangan Indonesia lebih cocok Federalis. BK berulangkali mengungkapkan ketidaksetujuannya pd KMb

  • Simon Saragih KMB itu keinginan Belanda. Soekarno berpesan pada Hatta yang memimpim delegasi RI agar menerima saja KMB supaya Belanda cepat-cepat enyah. Dan kemudian KMB memang ditolak. Ini terlihat dari RI yang segera kembali ke UUD '45.

  • Sarmen Saragih Hurang huarusi do kontex postingan na iatas on sanina .. .

  • Simon Saragih Sonny S Zharaqih: Kawilarang itu pasca-revsos menjadi Pangdam Siliwangi. Dan ke wilayah Siliwangi-lah Jatongam Sondi Raya "lari". Adong do hubungan ni ai pakon Kawilarang?

  • Sonny S Zharaqih Nah itu dia bang...aku juga menduga demikian.Cuman belum ada info yang jelas soal ini.

  • Kurpan Sinaga Tjipto Mangoenkoesoemo mengatakan "sulitnya perlawanan thdp kolonial adalah sifat org pribumi yg patuh". Sbg seorg dokter ia mangatakan itu penyakit yg hrs dicari obatnya. Maksudnya msy bergeraklah, jng nrimo, yg saat itu digambarkan asal makan dgn rawit dan garam sdh cukup. Fasisme sdh menjarah sumber kemakmurannya tapi ia diam.

    Dlm konteks Simalungun fasisme itu adalah Jawa yg dikendalikan dari Jakarta. Sejek kemerdekaan Simalungun dihisap oleh Jawa pimpinan Soekarno. Sampai sekarang berjalan dlm kenyataan Megawatilah yg menjadi raja. Megawi merasa pemilik tunggal republik ini sbg jelmaan Soekarno. Dia selalu mengatasnamakan pendiri republik "The founding fathers". Kita sdh terkooptasi fasisme ala Bungkarno yg mengadopsi fasisme kerajaan2 Jawa. Oleh krn itu seruan bagi hasil (sisihkan sedikit keuntungan) perkebunan utk daerah setempat saja selama ini tdk berkembang. Sdh sejak 1999 ini sy suarakan gak kunjung dapat dukungan berarti, malahan pentolan2 Simalungun sebagain tdk setuju. Ini karena kita sdh terkooptasi fasisme Jawa yg disebut dlm tulisan diatas:

    3. Menanamkan rasa ketakutan di kalangan masyarakat supaya tidak menggugat
    penguasa, walaupun bagaimana zalimnya.
    4. Menanamkan rasa pasrah dan sabar yang terlalu, sehingga malapetaka apapun
    yang terjadi, berdalih kepada taqdir.

    Daerah kita kan kaya, lumbung dolar sejak zaman penjajahan. Apakah satu sen pun kita ada kebagian dari kebun itu? Pdhal kita miskin, jalan saja hancur-hancuran. Alasannya tdk ada biaya. Ya nggaklah, semuanya dihisap ke Jkt. Mending zaman Belanda ada konsesi (bagi hasil) pd kerajaan. Sialnya atas nama revsos nya Soekarno kerajaan adalah musuh, maka pembagian konsesi kpd kerajaan dulu adalah sesuatu yg salah, yg benar adalah mana kala seluruhnya dipersembahkan ke Jawa. Inilah yg disebut Pram dlm tulisan diatas "lepas dari mulut harimau pindah ke mulut buaya". Begitulah keadaan kita sekarang bukan?

  • Nikolas Munthe Sihilap ,,,,,,,,leganni "buaya" sentralisasi on,,,,,dong homa do songon doding in: ,,,,turun han atas sada horbo, das hu masyarakat tading abbulu ni ihurni mando,,,yak rotap ganup,,,,,,

  • Jaberkat Purba Porlu ma gonai repolusion bagi hasil ai.
    Toruskon, Kurpan
  • Sarmedi Purba Bahwa kita dijajah Jawa sesudah lepas dari cengkeraman Belanda dan Jepang, itu konsekuensi Proklamasi 17-08-'45 dan NKRI. Jalan tengah sebenarnya ada sebagai opsi NKRI yaitu RIS, di mana potensi daerah atau kerajaan dimanfaatkan demi kemakmuran. Gagasan itulah yang dibawa pulang oleh Mohamad Hatta, Raja Kaliamsyah Sinaga dan banyak tokoh kita dari KMB Den Haag akhir 1949 itu.

    Soekarno merusak rencana itu dengan membubarkan RIS, mengusir Belanda yang menjadi pengusaha, guru dan dosen. Dosen saya banyak dipulangkan tahun 1961/1962 itu sehingga asistennya yang belum lulus sarjana menjadi dosen fisika, anatomi dan kimia.

    Terbukti sistem NKRI Soekarno gagal dalam politik ekonomi dan luar negeri dan Indonesia bangkrut 1964/1965. Btw saya waktu itu mahasiswa berusia 25 tahun, inflasi ratusan persen per bulan. Uang Indonesia tidak diakui di luar negeri.

    Sesudah ORBA jatuh Amin Rais mendukung kembali federalisme ala RIS itu. Kita sadar, sentralisme yang kita anut selama 40 tahun salah dan bahwa federalisme itu dulu benar. Buktinya adalah Malaysia yang mengakui raja-rajanya sebagai pendukung pembangunan, berjaya melomba Indonesia yang terpuruk, karena berdosa membunuh raja-rajanya.

    Amin Rais seperti karakternya tidak pernah konsisten. Takut tidak dipilih, dia mundur dari gagasan federalisme itu.

    Sebagai gantinya diciptakanlah UU otonomi Daerah yang mirip federalisme, yang dari mulanya saya dukung penuh, apalagi partai saya PDKB (Partai Demokrasi Kasih Bangsa) mendukung rencana itu sejak berdirinya 1998. Kami pernah berandai-andai, tidak apa kita tetap NKRI, tetapi prakteknya seperti federalisme.

    Bupati dan walikota diberikan kekuasaan yang lebih besar mengatur daerahnya masing-masing. Tujuannya supaya langkah pembangunan lebih cepat. Apalagi kebutuhan daerah tidak sama, tiap daerah memiliki kebutuhan yang lain daeri yang lain.

  • Sarmedi Purba Sebagai tindak lanjut pengalihan kekuasaan dari pusat ke daerah, desentralisasi kekuasaan, adalah pembentukan daerah otonomi baru, baik di tingkat propinsi maupun di tingkat kabupaten.

    Anggaran harus lebih banyak dialokasikan ke daerah dan diperguna
    kan dengan prioritas di daerah masing-masing, tidak disamarasakan di seluruh Indonesia.

    Di Simalungun kita butuh jalan ke Raya Kahean dan Nagori Dolog, jatah kehidupan beragama atau sosial tidak menjadi prioritas.

  • Sarmedi Purba Kalau diambil contoh dari Sulawesi Selatan, setiap kerajaan nan tujuh di Simalungun itu adalah kabupaten. Jadi kalau semuanya disatukan layak jadi propinsi.

    Ini belum dilihat semua politisi Simalungun. Terbukti bahwa gagasan seperti ini dalam waktu de
    kat terrealisasi di Toba, dulu Taput, di Nias. Mungkin menyusul Propinsi Sumatera Pantai Timur yang diperjuangkan pak Binton Tindaon, Ketua DPRD Simalungun, agar Simalungun Hataran masuk ke dalamnya. Eneng-eneng wae.

    Memang kalau kita kehilangan gagasan, kita selalu ditinggalkan orang. Ha ha ha

  • Sonny S Zharaqih Sebelum berlanjut, berarti tesis bang Simon yang bilang Saragih Ras senewen pada BK krn KMB berarti gugur ya...

  • Sarmedi Purba Sonny S Zharaqih Saragih Ras berupaya memulihkan nama baiknya dan menciptakan teori pembenaran dengan berlindung di ketiak Soekarno. Upaya terakhirnya adalah menjadikan Saragih Ras jadi Pahlawan Nasional yang diawali dengan upaya Surat Penghargaan dari Presiden BJ Habibie yang sedang gamang menyetujui apa saja yang sebelumnya tidak masuk akal.

  • Sarmedi Purba Bayangkan saja, bagaimana keturunan Raja Panei, misalnya Tuan Kamen Purba, menyaksikan orang myang menyiksa ayahnya, kedengarah "doruh-doruh" sebelum akhirnya dibunuh

  • Sarmedi Purba Tidak ada jalan lain, kita REKONSILIASI, yang membunuh dinyatakan bersalah, yang menjadi korban memaafkannya. Semua diwakili generasi sekarang, yang secara emoaional tidak terlibat lagi pada peristiwa itu.

    • Sarmedi Purba Ada tiga kecelakaan sejarah di Simalungun (menurut Sarmedi Purba) yang kalau tidak terjadi, daerah dan manusianya bisa lebih makmur.
      1. Terbunuhnya raja-raja Simalungun, karena mirip ethnic cleansing. Pertanyaan: mengapa kerabat raja membunuh saudarany
      a hanya karena kecemburuan sosial dan politik, mengapa bangsawan Simalungun itu tidak berupaya menghindar? Tokh ada yang mengungsi dan selamat?

      2. Memperkecil jumlah kampung-kampung di Kabupaten Simalungun pada masa Bupati Radjamin Poerba, dari 7 desa menjadi 1 desa. Akibatnya pada waktu pembagian bantuan desa pada ORBA, Simalungun hanya mendapat jatah 1/7 dari yang seharusnya diperoleh. Bandingkan dengan Kabupaten Karo dan Tapael waktu itu.

      3. Tidak dimekarkannya Kabupaten Simalungun tahun 2001 yang mengakibatkan anggaran yang kita peroleh jauh lebih kecil dari 4 kabupaten di daerah Taput dahulu.

    • Sarmedi Purba Motto saya: Politik yang sukses dapat terjadi kalau kita mampu memprediksi, membuat paradigma yang ternyata benar, membuat asssmen masa depan kita.

    • Jaberkat Purba Aih. I Senayan hinan ma nian Bapa Sarmedi on, bahat ma pencerahan na pamajuhon hutanta. Panjang umur ma, dokter.

    • Kurpan Sinaga Betul Pak Jaberkat Purba. Kita harus bergerak revolutif menuntut bagi hasil ini. Tapi masih dibutuhkan lebih banyak lagi yg berpandangan seperti ini. Dan ada syarat juga, jangan pemekaran dulu! Gerakan pemekran ini yg membuat perjuangan bagi hasil perkebunan berhenti. Utk apa kita capek2 perjuangkan bagi hasil perkebunan kalau Simalungun atas tdk kebaian hasilnya? Soal inilah yg belum dilihat Mangkela Sarmedi Purba dkk yg ngotot minta pemekaran. Coba kalau upaya pemekaran itu ditambah upaya menentang pemekran diarahkan utk meminta bagi hasil perkebunan, udah dari tahun lalu gol itu. Makanya sy bilang pemekaran ini bahaya laten bagi suku Simalungun. Revsos + penguasaan Jkt atas perkebunan = pemerkosaan putri cantik Simalungun. Dgn pemekaran ini putri cantik itu diseret kerumahnya utk diperkosa 24 jam. Makanya kami mati-matian menolak pemekaran.

    • Kurpan Sinaga Sarmedi Purba "Terbukti sistem NKRI Soekarno gagal dalam politik ekonomi dan luar negeri dan Indonesia bangkrut 1964/1965."

      Sy suka kalimat Mangkela Sarmedi ini. Ada dua hal mendasar kekeliruan Bungkarno (BK) dlm pembentukan negara Indonesia, bertiti
      k tolak dari ide awal berdirinya Indonesia. Indonesia adalah anti tesa dari kolonial. Indische Partiz 1912 - partai politik pertama di Hindia (sekarang Indonesia) melalui Tjipto Mangoenkoesoemo mendefenisikan "menolak praktek eksploitasi, dominasi dan subordinasi dlm bentuk apapun dan oleh siapa terhadap siapapun tanpa terkecuali". Inilah prinsip dasar keindonesiaan. Prinsip ini menikam kolonialisme, maka lahirlah Indonesia yg diikrarkan pd Sumpah Pemuda 1928. BK lupa prinsip dasar keindonesiaan itu. Ia lebih besar adalah hasratnya ingin jd pengasa tunggal seluruh jajahan Belanda - Sabang sampai Merauke. Jadilah seperti sekarang yg diibaratkan "dari mulut harimau ke mulut buaya" itu. Inilah kesalahan pertama BK. Kesalahan kedua, ia mencetuskan NASAKOM. Dia melawan org yg dikatakannya sbg gurunya, Tjipto Mangoenkoesoemo. Th 1926, setelah PKI gagal melakukan pemberontakan Tjipto menyerukan tinggalkan komunis...! Tinggalkan ideologi agama (Islam-melalui Sarekat Islam waktu itu)... Kita menyatu saja di pergerakan nasional (nasionalis) katanya. Pd saat komunis terpuruk, dibenci rakyat krn selalu memberontak itu, semestinya jadi momentum mengubur komunis, eh, BK malah menghidupkan lagi dgn NASAKOM. Kenyataannya bg mana? Komunis memberontak dan memberontak lagi. Apa tanggungjwb BK atas jutaan korban komunis itu? Apa tggjwb BK atas dibunuhnya raja-raja Simalungun dan kemiskinan Simalungun saat ini akibat penghisapan Jakarta atas perkebunan? Kita memang hrs kembali ke Tjopto, bukan mengelu-elukan BK seperti penguasa republik saat ini.

    • Sonny S Zharaqih Bang Kurpan, Tjipto lahir 1883 dan meninggal taon 1943. Soekarno belum memunculkan Nasakom saat Tijipto meninggal.

    • Sarmedi Purba Sonny, sistematika cerita itu kurang rinci. PKI yang memberontak 1926 dikalahkan nasinalisme dokter Tjipto M. PKI muncul lagi sesudah proklamasi yang kemudian menjadi besar karena politik pembiaran Soekarno. Akhir cerita PKI mempersenjatai diri dan merencanakan pembunuhan besar-besaran seperti di Cina dengan Revolusi Kebudayaannya yang terkenal itu, di mana semua kaum intekektual dibunuh.

      Intinya Soekarno melupakan sejarah komunis, khususnya di Indonesia. Harganya mahal sekali. Karena itu kita harus awasi mereka jangan muncul lagi pada revolusi mental Jokowi.

    • Sarmen Saragih Teringatnya , karena lae Sarmedi Purba bicara soal Ekonomi yang bobrok di Indonesia Tahun 64/ 65 an..... Memang benar , sehingga mengeluarkan uang baru ! ( gambar )

      Masih ada kah yang kenal dan punya duit seperti di gambar yang mulai beredar di tahun 65 / 66 .

      ( Di Gambar dari Aslinya ). .

    • Sonny S Zharaqih Tulang Sarmedi, pemberontakan PKI tahun 1926 itu melawan pemerintah Hindia Belanda. Pemberontakan itu gagal dan akhirnya pimpinan PKI dibuang ke Digul dan ada yang ke Afsel dan ke Suriname. Dr Tjip dkk tidak terlibat sama sekali.

    • Sarmen Saragih Gangbar sebelahnya .
    • Sonny S Zharaqih Mengapa PKI bisa eksis? itu disebabkan politik Etis yang dikeluarkan Belanda. Abraham Kuyper sbg perdana menteri mengirim faksi komunis Belanda ke Hindia Belanda. Snevlet dkk akhirnya berhasil membangkitkan gerakan politik di nusantara...

    • Sonny S Zharaqih Sebuah kebijakan cuci piring yang ternyata berdampak blunder bagi Belanda.

    • Sarmen Saragih Tabi .
      Pendapat saya ...
      Membahas Sejarah mendeteil memang agak Rumit.

      Karena kita hanya menceritakan dengan pengetahuan yang terbatas .

    • Sonny S Zharaqih Siyap bapa godang...salam kenal...

    • Kurpan Sinaga Lawei Sony, spt kita tahu perjuangan pergerakan Indonesi dari penjajahan sampai merdeka ada dua generasi (45 th). Generasi pertama tokoh sentralnya tentu Tjipto Mangoenkoesoemo. Generasi ke dua pimpinannya BK. BK adalah aktivis Algemene Studie Club Bandung yg sering gabung dgn kelompok Tjipto dgn Soewardi Surjaningrat dan Dowes Dekker pendiri IP di Bandung dan organisasi sempalan berikutnya krn IP tdk lama sdh dibubarkan pemerintah. Setelah tertempa dlm proses pergerakan panjang, th 20-an adalah masa transisi dari Tjipto ke BK. Th 1926 itu sdh memasuki masa cemerlangnya BK, Tjipto sdh menua. Perlahan pimpinan pergerakan sdh beralih ke BK.

      Masa akhir kepemimpinan Tjipto adalah puncak pergulatan ideologi bangsa yg hendak didirikan. Ada 3 ideologi yg bersaing, nasionalis, komunis dan Islam. Pesan masa tuanya Tjipto berseru supaya semua elemen pergerakan bersatu di poros nasional, tinggalkan Komunis dan Islam, katanya, tapi itu tdk didengar BK. Ia malah menyandingkan tiga ideologi itu sejajar. Tdk mendengar gurunya maka komunis itu juga yg menjatuhkan BK tragis di masa tuanya.

    • Sonny S Zharaqih Bang Kurpan, tokoh yang berperan besar periode pasca pemberontakan PKI tahun 1926 adalah Muhammad Hatta dan Sjahrir dari Nederland. Setelah pemberontakan PKI yang gagal itu Semaoen dari Moskow mendatangi Hatta di Den haag dan mereka menghasilkan konvensi agar dibentuk wadah bersama. Hatta memberi nama Perhimpunan Indonesia. Dan ketua PI di Hindia Belanda adalah Dr Tjipto mangunkusumo. Tidak lama kemudian dr Tjipto ditahan Belanda dan dibuang ke Banda Neira. Ketiadaan dr Tjipto itulah membuat generasi di bawahnya bergerak. Betul Soekarno sudah terlibat. Ia dan Sartono mendirikan PNI dimana ketuanya Sartono dan Soekarno sekretarisnya. Visi Hatta yang ingin PNI sbg kongres (DPR) nya rakjat Hindia Belanda gagal krn PNI nya Sartono dan Soekarno ternyata lebih memilih mengikuti gaya PKI yang dikenal sbg kekuatan non-kooperatif. Tidak lama setelah pembuangan Tjipto, Muhammad hatta dkk yang berada di Belanda juga ditangkap. Penangkapan Hatta inilah yang membuat Soekarno mendapat peran sentralnyaa sbg icon perlawanan di Hindia Belanda. Tapi tidak lama kemudia Soekarno juga ditahan Belanda. Ditengah-tengah kepentingan itu Sjahrir kembali ke Hindia Belanda dan mengambil alih kepemimpinan.

    • Sonny S Zharaqih Kalau bang Kurpan menonton film Bung Karno yang baru dirilis, setelah bung hatta dilepas dan kembali ke Hindia Belanda ada adegan percakapan antara Bung Hatta dgn Sjahril. Sjahrir tdk setuju atasan keputusan Hatta memilih Soekarno sebagai partner kooperatif dgn Belanda. Sjahrir sangat tidak suka ama Soekarno yang dimananya bermulut besar. Tapi Hatta mengatakan mereka membutuhkan kemampuan agitasi dan propaganda Soekarno. Akhirnya disepakati kalau Sjahrir yang akhirnya mengisi peran konfrontatif (non kooperatif) sedang Hatta dan BK dan itu diteruskan hingga masa penjajahan Jepang.

    • Sonny S Zharaqih Singkat cerita, BK masih berada di bawah bayang2 Hatta, Sjahril, Tan Malaka, Musso dan Semaoen sampai kemerdekaan. Pasca 48 Tan, Semaoen, Musso lenyap. Era demokrasi liberal/parlementer masih ada Hatta dan Sjahrir. Soekarno baru benar2 berkuasa penuh sejak dekrit.

    • Sarmedi Purba Memang ada dua pilihan waktu masa peralihan sesudah Proklamas, dengan cara ko-operatie dan non-kooperatie. Karena Soekarno benci dengan golongan ko, dia mencanangkan Ganyang Malaysia, karena M'sia memilih jalan ko. Itulah awal keruntuhan Soekarno karena Inggeris berang, Amerika juga tidak setuju. Cengkeraman poltik barat dan isolasi Indonesia di bidang ekonomi membuat ekonomi Indonesia kacau balau.

    • Sarmedi Purba waktu itulah kami diindoktrinasi di Pasar Minggu Jakarta agar mampu menjelaskan politik Indonesia di luar negeri. Kami dihotbakhi bahwa imperlialisme itu seperti penguasa Imperium Romawi. Itulah yang menguasai Malaysia yang dipersiapkan merdeka dengan sistem ko-op dengan Inggeris itu. Kami sebenarnya juga heran, apa urusan Indonesia di situ? Itu kan urusan rakyat Malaysia bagaimana mereka mengurusi tanah leluhurnya memisahkan diri dari Malaysia.

    • Sarmedi Purba Pendek cerita, terbukti jalan Malaysia menuju kemakmuran lebih berhasil dari cara non ko-op Soekarno. Yang menderita adalah generasi sekarang, mereka harus memburuh sebagai TKI dan TKW di negara jiran itu. Inilah maksud saya bahwa keberhasilan politik itu adalah kemampuan menciptakan dan menaksir paradigma masa depan sehingga kita tidak terperosok ke dalam politik sesaat yang keliru. Kalau kita dulu memutuskan RID yang federalis, kemungkinan Indonesia sudah jauh lebih Makmur dari Malaysia atau singapura sekarang, yang jauh belakangan memperoleh kemerdekaannya.

    • Sonny S Zharaqih Wah jadi agak melebar nih diskusinya. Tapi kalau tdk dituntaskan jg tdk enak. Ijin ya bang Simon....hihihi....

    • Sonny S Zharaqih Tulang Sarmedi, politik konfrontasi thdp Malaysia itu diambil Soekarno disebabkan tudingan Tun Razak (Malaysia) pd Indonesia dlm kasus Brunai. Indonesia dituding bermaen di belakang keinginan Brunai berpisah dari malaysia. Tudingan itu dilontarkan pd saat Indonesia jadi tuan rumah Konferensi Asia-Afrika. Bung Karno jadi murka. Pada masa itu sabah dan Serawak di benak masyarakat Internasional sejatinya milik kesultanan Sulu (Filiipina) yang dipinjam inggris. Oleh Inggris malaysia dijadikan commonwealth krn takut Indonesia akan menjadi poros halang pergerakan mereka di Asia Tenggara dan Australia. Untuk itu harus dicegat dgn cara memerdekakan malaysia. Keputusan itu ditentang Filipina. Oleh Jepang diambil prakarsa dgn membuat pertemuan yang dikenal dgn Mapilindo (malaysia-filipina-Indoneesia). Inggris kuatir betul kalau pakta itu akan menguntungkan Indonesia sehingga mereka cepat-cepat memerdekakan malaysia tapi terganggu dgn keberadaan Brunai. Lalu ada Soekarno mengadakan pertemuan Bilateral dgn Macapagal (Filipina) yang menghasilkan doktrin Soekarno-Macapagal yang berbunyi: Urusan bangsa Asia diurus bangsa Asia sendiri.

    • Sarmedi Purba Ada 3 kecelakaan sejarah Indonesia:
      1. Menolak federalisme di bumi Indonesia ex Hindia Belanda
      2. Memberikan kumunisme berkembang di indonesia

      3. Kekuasaan non demokrasi ala Soeharto.

      1. Rujukan saya adalah federalisme Malaysia. Seandainya Indonesia menerima konsep Mohamad Hatta, yang pulang ke Indonesia dari Den Haag, membawa hasil KMB (Konperensi Meja Bundar), Indonesia sudah mampu cepat membangun tanpa pertumpahan darah masa PRRI dan G30S PKI. Faktanya pilihan NKRI Soekarno salah kalau tujuan kita adalah welfare state.

      2. Komunisme yang dicita-citakan PKI dulu merujuk kepada RRC dulu. Berarti semua cendekiawan harus dilenyapkan seperti di Cina. Seorang warga Singapura mahasiswa yang studi FK di Wuhan, China, yang sedang berkunjung di rumah saya sekarang mengatakan, Mao pada masa revolusi kebudayaan itu membunuh semua cedekiawan di kota Universitas Wuhan, karena dianggap membahayakan ideologi komunis. Patung para profesor itu dipajang di Universitas Wuhan sekarang.

      Dalam daftar cendekiawan yang akan dibunuh PKI waktu 1965 itu sudah kita ketahui dari cerita pelaku sejarah. Para profesor, pendeta dan yang dianggap kaya akan dilenyapkan kalau PKI berkuasa sesudah Soekarno. Banyak keluarga kita yang tercantum dalam daftar mereka.

      Untunglah sistem komunis itu ternyata membuahkan kebangkrutan seperti yang jelas terbukti di Eropa Timur. Cina saja banting stir meninggalkan sosialisme komunis dan beralih ke kapitalisme terkendali, walupun itu tak kan bertahan lama.

      Kalau sekiranya Indonesia dikuasai PKI pada tahun 1965, nasib kita pasti seperti Jerman Timur, Polandia, Cekoslowakia, yang sekarang bergabung dengan Barat pasca keruntuhan komunisme 1989 di Eropa Timur. Atau seperti Tiongkok yang sampai sekarang bermuka komunis dan berperangai kapitalis. Aku tidak mau hidup di sana.

      Saya mengalami pahitnya Jerman Timur yang dirasuki paham komunis itu. Pengalaman berkunjung 1965 di Berlin Timur pada Kongres Evangelische Studentengemeinde (ESG) dan 30 tahun kemudian pada 1985 membawa rombongan dokter Indonesia di kota yang sama. Mereka tidak boleh keluar negaranya, dikurung dengan tembok Berlin dan tembok Jerman Timur. Ngeri ah. Saya di Jerman Barat 11 tahun, 1964-1975.

      3. Pada buku Why Nations Fail oleh Daron Acemoglu dan James A. Robinson (2012) dijelaskan mengapa Korea Selatan jauh lebih makmur dari Korea Utara walaupun keduanya memiliki bangsa, latar belakang dan tanah air yang sama. Bedanya hanya karena di Korsel ada demokrasi dan sebaliknya di Korut. Banyak contoh lain dalam buku itu.

      Sekiranya Indonesia demokratis masa Soeharto, kita sudah jauh lebih makmur dari Korea Selatan sekarang, karena negara kita lebih besar potensi penduduk dan sumber daya alamnya. Inilah kesalahan sejaran terbesar Indonesia pasca Perang Dunia II, karena kita menyia-nyiakan 32 tahun pembamgunan selama Orde Baru.

      Sekarang what next? Dengan pembaruan yang ditawarkan Jokowi kita mengharapkan Indonesia bangkit dengan kecepatan tinggi. Karena kita akan lebih demokratis, lebih mendengarkan rakyat (otonomi daerah) dan meninggalkan sentralisme Soekarno dan Soeharto, menjauhi paham komunis yang sudah terbukti gagal dalam sejarah dunia.

      Kita doakan!

    • Sonny S Zharaqih Perang diplomasi itu berlangsung dari taon 1955 sampai Soekarno mengeluarkan dekrit dan pertemuan yang diprakarsai jepang itu berlangsung tahun 1963. Nah, Soekarno tiba pd keputusan utk melakukan aksi ganyang malaysia. Cuman politik di dalam negri juga lagi menghangat. Satu2nya kekuatan yang siyap perang adalah PKI via angkatan ke 5 nya.

    • Sarmedi Purba Sonny S Zharaqih. Tulisan anda saya belum baca waktu menuliskan postingan terakhir.

      Tentu saja Soekarno menghasut negara persemakmuran lain di luar Semenanjung Malaka, agar kemerdekaan yang koop itu gagal. Kita sudah sempat menamakan semua daerah di
      Utara Borneo itu sebagai Kalimantan Utara, seolah-oleh Indonesia menawarkan kemerdekaan kepada Serawak dan Brunei dengan bergabung ke NKRI. Tentu saja mereka tidak mau dan untunglah mereka sekarang karena kalau sekiranya itu terjadi, samalah miskinnya mereka dengan kita, ha ha ha...

    • Sonny S Zharaqih Hahaha...baik tulang. Diskusi soal Soekarno nya kita lanjutkan di kesempatan lainnya. Nggak enak dgn misi bang Simon hehehehe...Tabik!

    • Sarmedi Purba Salah satu gaya politik Soekarno adalah politik toneel (sandiwara): kalau layar ditutup, penonton menoleh ke kanan dan ke kiri. Karena itu harus diciptakan tontonan yang terus menerus, yang menarik, yaitu musuh yang diciptakan. Sesudah Irian Barat masuk kepangkuan R.I., Soekarno terpaksa menciptakan musuh baru, yaitu Malaysia, agar perbedaan pendapat politik di negeri sendiri tidak membesar.

      Soekarno tidak mau menyelesaikan perbedaan pendapat melalui Pemilu seperti di India, karena dia memilih memaksakan pendapat sendiri dengan membubarkan konstituante yang bersidang di Bandung.

      Bayangkan, sesudah Pemilu 1955 di mana saya masih ikut sebagai pelajar SMP berkampanye memenangkan Partai Bagod (PKRSST= Partai Kesatuan Rakyat Simalungun Sumatera Timur), tidak ada lagi Pemilu pada era Soekarno. Pemilu berikut adalah 1967 pada era Soeharto.

    • Simon Saragih Bebas do mansahapi agepe aha topik ni da nasiam. Ha ha ha. Marosuh do homa au sharing si songon on da. Ha ha ha

    • Kurpan Sinaga Lawei Sony, sy setuju Hatta yg paling berperan dlm pergerakan pasca pemberontakan PKI th '26 itu, tapi di Belanda. Kalau di Hindia BK lah estafetnya Tjipto. Jadi kurang pas jugalah kalau Lawei mengatakan BK benar2 berperan setelah dekrit. Mengumumkan kemerdekaan saja tdk ada yg diakui kecuali BK. Kan ada beberapa org yg mau membacakan proklamasi tapi ditertawakan sesama kalangan pergerakan itu sendiri. Mesti BK dan mesti didampingi Hatta. Utk itu ke Rengas Dengklokpun mereka pergi dijemput. Bentuk pengakuan informal seperti ini jugalah maka sy menyebut Tjipto tokoh sentral pergerakan generasi pertama. Walau ini kesimpulan sy sendiri mudah2an tdk keliru. Kelebihan Tjipto waktu itu, dialah yg paling disegani Belanda (gubernur jenderal). Soal pemikiran, Tjito sangat banyak meletakkan dasar pergerakan melalui media, vergadering dan pidato di Volksraad. Ketiga, di kalangan pergerakan Tjipto adalah satria tanpa cela. Bukan tdk hebat Tjokro soal pergerakan dan pemikiran, apalagi dia ketua CSI organisasi terbesar di Hindia tapi mati kartu karena korupsi uang CSI. Adik kandungnya sendiri Gunawan yg kaya gagal merebut ketua CSI krn diteriaki Tjipto satria maling. Dari hal diatas Tjipto selalu tumpuan bertanya aktivis pergerakan dan barometer ketokohan kalangan pergerakan. Artinya, kalau saja janji Belanda yg akan memberi kemerdekaan Indonesi pasca perang dunia I dipenuhi Tjiptolah yg akan bacakan proklamasi.

    • Kurpan Sinaga Sony "Tulang Sarmedi, pemberontakan PKI tahun 1926 itu melawan pemerintah Hindia Belanda." Sy wajib menambahkan keterangan atas kalimat ini supaya jgn ironis dg penjelasan sy "PKI dibenci rakyat dan diminta oleh Tjipto utk ditinggalkan". Dlm pemberontakan yg dilakukan PKI adalah membakar rumah, pengeringan tembakau, membom seperti teroris sekarang. Menjarah, melempari kereta api dan menggelincirkannya, memutus telepon dan telegraf, mematikan listrik, dll. Intinya membuat kekacauan tanpa perduli siapa yg jd korban, tdk lain adalah rakyat sendiri.

    • Sonny S Zharaqih Bang Kurpan, rakjat mana yang menikmati semua fasilitas itu? Rakjat jadi budak bang. Setiap berpapasan dgn Belanda raakjat harus duduk dan menundukkan kepala.

    • David Ezsar Purba na menarik dari diskusi kita ini, Bagaimana Simalungun agar tidak menjadi Subordinat Pemerintah Pusat? di mana sesungguhnya letak kekuatan Suku Simalungun sebagai Sipukkah Huta dan Sijolom Suhul Ni Pisou? dalam rangka adanya upaya "bagi hasil perkebunan" itu, maka perlu kiranya membangkitkan kekuatan tradisional Simalungun. bahkan DPRD dan partai Politk bukan tempat yg tepat sebagai benteng Halak Simalungun. demikian pendapat saya dalam kontkes hasimalungunon kini.... dttp

    • Simon Saragih Kalau saya berpikir begini. Jika tidak bisa berjaya di daerah asal atau daerah kelahiran, bisa juga berjaya diaspora. China town misalnya ada di hampir sudut dunia. Sinagoga hampir ada di seluruh dunia hingga pernah konon ada di Surabaya. Kritrria berjaya tak lagi bersifat spasial di era globalisasi.

      Hanya saja harus ada satu yang bertahan, identitas diri yakni Simallungun. Sosok do on manurut nasiam? Ha ha ha

    • Sarmen Saragih Pas dan au , sosok do p andapot mu ai sanina Simon Saragih .

      Ulang ma sai lalap i asarta ai hita marsurei / marsigulut . Hehehe ....

    • Kurpan Sinaga Lawei Sony, kita jangan gelap matalah memandang zaman itu semuanya kesalahan kolonial, semuanya milik kolonial, sehingga merusak apapun sah demi melawan kolonial, gak begitulah. Mengapa PKI itu dibenci rakyat, tentu krn mereka merugikan rakyat. Kereta api yg digelincirkan, pengeringan tembakau yg dibakar, juga bahan bangunan dan rumah dibakari...Ini menyengsarakan rakyat. Kalaupun perkebunan bukan milik rakyat, tapi itu tempat kerja msy, sumberpenghidupan msy. Mending yang dibakar itu rumah residen atau pegawai pemerintah, rumah penduduk kok. Kereta digelincirkan korbannya msy, ekonomi terhambat...dst. Prinsipnya PKI itu sabotase dan teroris, seperti teroris sekarang. PKI bukan hanya mau menghancurkan pemerintah kolonial tapi juga warga lainnya yang tdk sejalan dgn dia

    • Kurpan Sinaga Perlu dijelaskan lagi, pemberontakan yg gagal th 1926 itu terkait dengan pemberontakan-pemberontakan sebelumnya. Sejak th 1922 - 1923 PKI sdh melakukan pemberontakan dgn aksi-aksi pembakaran, pengrusakan dan sabotase. Oleh krn itu pemerintak membatasi ruang gerak PKI dgn sejumlah kebijakan, diantaranya larangan bertemu dgn jlh tertentu. Pemimpinnya juga banyak yg di proses hukum atas nama rust en orde (keamanan dan ketertiban), pers delicten, dll UU yg berlaku waktu itu. Mereka panik karena sulit bergerak apalagi th 1922-1923 itu boming ekonomi akibat belanja pasca perang dunia II, ekonomi rakyat bagus, tak masuk akalnya PKI. Nah, tibalah tahun 23-25 resesi ekonomi arus balik boming pasca perang duania. Banyak PHK, ekonomi lesu, rakyat panik. Usaha Batik Lawean dan usaha lain di Porstenlanden (wilayah kerajaan Solo-Yogya) pun krisis. Mereka yg pd umunya anggota SI masuk ke PKI atau SI Merah. Anggota PKI spotan melonjak tinggi. Meomentum inilah yg digunakan PKI memberontak akhir tahun 1926. Selain merusak, mereka juga mengeksploitasi kemiskinan lalu dibenturkan....bukan memberi solusi, maka dibenci rakyat.

    • Sarmen Saragih Sebenarnya , semuanya adalah Proses peningkatan Sosialisasi ber Masyarakat dan ber Negara .

      Mengenai baik buruknya satu System tentu tergantung pada " Kondisi dan Situasi " pada saat pemakaian System tersebut .


      Adalah kurang benarnya kalau kita menilai keadaan masa lalu itu dengan / disamakan dengan pemikiran saat sekarang .

      Saya mengatakan : "Hal itu adalah Proses ... " ,

      Karena populasi Sosialisasi kemanusiaan , di awali dengan perkembangan dari yang Primitiv.
      Mase ?
      Sepanjang yang saya ketahui , tidak ada Satupun Negara dalam sejarah, yang di awali dengan System yang ada sekarang ... / Demokrasi .

      Negara yang Demokrasi adalah hasil Proses dari " Kebuasan manusia yang bersifat ... Ganas !

      Satu contoh : Ingat masyarakat " VIKING".

      Atau . Adakah satu Negara yang dari awal berdirinya telah seperti yang sekarang ?
      Tentu tidak ada bukan ?

      Nah , dari itu , sekarang , banyak kontex Sejarah nya , yang yang di sesuaikan / di tulis oleh orang " yang rajin menulis sesuai dengan keinginan si penulis maupun keinginan Sekelompok Masyarakat yang punya pengaruh di saat Buku / Buku yang berbau Sejarah di tuliskan.

      Yang artinya : Sejarah yang disesuai kan dengan selera sekelompok Masyarakat yang ber pengaruh .

      Dan , saya lihat , alangkah terlalu gampangnya seorang atap beberapa orang menulis dan mengeluarkan Buku berupa Sejarah.

      Mar si Baren sejarah ni be .. Hehe ...

      Dulu kita hanya kenal beberapa anak Raja .

      Sekarang , banyak yang mengaku anak atau keturunan Raja ....

      Mengherankan bukan ?

      Apakah karena si Polan punya pengaruh di Masyarakat ?

      Apakah karena si Polan punya banyak uang ?

      Tentu hal ini , akan membingungkan generasi kita di kemudian hari .

    • Kurpan Sinaga Simon Saragih "Kalau saya berpikir begini. Jika tidak bisa berjaya di daerah asal atau daerah kelahiran, bisa juga berjaya diaspora". Tapi kan Tulang susah atau bahkan tdk mungkinlah kita berjaya di diaspora kalau dikampung sendiri tdk berjaya. Israel dan China kan memeng berjaya di daerahnya. Sudahlah, kita fokuskan saja upaya memperbaiki yg keliru yg diberlakukan pada kita. Kalau kita terhisap secara ekonomi maka hal lain juga kita sulit bergerak. Seperti di USI itu, kita krisis doktor (S-3). Di Pasca sarjana itu cuma 1 s-3nya Simalungun, non Simalungun puluhan. Kalau kita miskin bg mana melanjut S-3? Kita miskin bukan krn kita tdk berusaha, tetapi sistem memiskinkan kita. Tanah kita dipake jd perkebunan. Perkebunan itu sangat likuid. Tapi yg menimati org Jkt dan pejabat ditempat yg notabene bukan org Simalungun. Berpesta pora org itu lho... Manajer unit saja mobil dinasnya mewah. Setiap posisi serba sumber uang. Biaya angkutan 1 afdeling saja dipotong sekian juta dari 6 juta. Sekali lagi, mereka pesta, pesta di kampung kita.

    • Kurpan Sinaga Lima tahun lalu saya dapat data, dari 40 manajer di PTPN IV, 21 org Tapsel, org Simalungun cuma 3. Karyawannya org Simalungun sekitar 3 persen. Penjajahan republik! Makanya spontan saya gampari itu Askep Dolok Sinombah di kantornya waktu itu krn sewenang-wenang pd pengusaha Simalungun. Sy hancurin kantornya, mejani hureongkon. Apa kau...perangpun jadilah nikku tikki ai

    • Sonny S Zharaqih Bang Kurpan, apa hancurin kantor PTPN itu gak mirip dgn cara PKI dlm melawan ketidakadilan?

    • Sarmedi Purba Lho, ini sudah seperti PKI yang membakar tembakau dan keteta api Belanda 1926, seperti teroris, ha ha ha

      Kurpan Sinaga Owwwh.. Tentu tidak! Apa iya Lawei Sony dan Mangkela Sarmedi tdk bisa membedakan tindakan sy itu dgn tindakan PKI waktu itu? Saya akan senang kalau PKI waktu itu melawan penjajahnya,menemui dan berargumen seperti Tjipto. Atau bahkan katakanlah membakar rmh residen, gubernur jenderal, dan jajarannya. Mereka justeru merusak fasilitas umum atau penghancuran massal. Makanya kan tdk ada yg menyalahkan tindakan sy itu, org PTPN sendiri tdk bisa menyalahkan saya.


 

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments