}); Jadikan Desa Sigonting, Desa Jandi Raya dan Desa Bintang Raya Jadi Budidaya Tanaman Rempah Tuba (Andaliman, Ittir-ittir) di Simalungun | BeritaSimalungun
Home » » Jadikan Desa Sigonting, Desa Jandi Raya dan Desa Bintang Raya Jadi Budidaya Tanaman Rempah Tuba (Andaliman, Ittir-ittir) di Simalungun

Jadikan Desa Sigonting, Desa Jandi Raya dan Desa Bintang Raya Jadi Budidaya Tanaman Rempah Tuba (Andaliman, Ittir-ittir) di Simalungun

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 12 August 2014 | 12:32

 
Kebun Tuba : Kebun Tuba milik Jasiaman Saragih Garingging di Desa Sigonting, Kecamatan Pematang Raya, Kabupaten Simalungun.  Foto asenk lee saragih
 BERITASIMALUNGUN.COM, Pematang Raya-Salah satu bumbu rempah andalan kuliner khas orang Batak, termasuk Batak Simalungun, adalah rempah Tuba (Andaliman-Ittir-ittir). Bumbu rasa getir yang mengundang selera pada masakan khas Batak (Panggang-Sank-sank B2, B1, Arsik dll) kini banyak dibutuhkan. Namun selama ini petani di Simalungun belum menggarap budidaya tanaman Tuba ini secara professional.

Harga Tuba per kilogramnya dijual petani kepada agen berkisar Rp 70.000 s/d Rp 80.000. Harga Tuba segar bisa tembus Rp 100.000 per kilogram saat Hari Raya Idul Fitri dan Hari Natal dan Tahun Baru.

Selama ini banyak orang Batak mengetahui rasa dari bumbu Rempah khas Batak tersebut. Namun sedikit pula masyarakat Batak mengetahui bentuk tanaman Tuba ini.

Belum lama ini berkat bantuan K Nainggolan, petani Desa (Nagori) Sipoldas, Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun, penulis bisa melihat secara langsung perkebunan tanaman Tuba milik Jasiaman Saragih Garingging/ br Purba Sidadolog (HP 0812 64066402) di Desa Sigonting, Kecamatan Pematang Raya, Kabupaten Simalungun. 

Desa Sigonting bisa ditempuh dari Pematang Raya (Ibukota Kabupaten Simalungun) kurang lebih 20 menit dengan kenderaan. Desa yang berada di jalan provinsi lintas Raya-Saribudolok itu terkenal dengan desa Tuba (Andaliman). Rasa getir dan aroma Tuba asal desa itu sangat khas.

Sebenarnya ada tiga desa di Kecamatan Raya, Simalungun yang terkenal dengan pemasok rempah Tuba di Sumatera Utara. Desa itu yakni Desa Sigonting, Desa Jandi Raya dan Desa Bintang Raya. Ketiga desa itu sangat cocok dan subur untuk tanaman rempah Tuba.

“Pertanian budidaya Tuba di Desa Sigonting, Desa Jandi Raya dan Desa Bintang Raya masih tradisional. Pembibitan dilakukan dengan cara pembakaran lahan bekas tanaman Tuba yang sudah tua (3 tahun). Setelah lahan dibakar, seminggu kemudian bibit-bibit Tuba langsung tumbuh, dan bibit itu dipindahkan ke areal baru dengan jarak 3 meter setiap batang,”kata Jasiaman Saragih Garingging saat berada di kebun Tubanya di Desa Sigonting.

Menurut Jasiaman Saragih yang turut didampingi K Nainggolan dan B Lubis, petani Desa Sipoldas dan Desa Sigonting, tanaman Tuba di Desa Sigonting, Desa Jandi Raya dan Desa Bintang Raya sudah hamper ada sejak 30 tahun silam hingga sekarang.

Jasiaman memiliki kebun tanaman Tuba seluas 10 Rante ( 1 rante = 20mX20 meter). Dalam satu pohon Tuba bisa menghasilkan 1kg buah selama panen, jika ada lahan 10 ranter bisa setiap harinya panen Rp 20 kg dengan harga jual di tingkat petani mencapai Rp 70 ribu hingga Rp 80 ribu perkilogram.

“Sekarang kendala bagi petani Tuba di Sigonting yakni hama penggerek batang. Kini banyak pohon Tuba mati kering sebelum berbuah. Hingga kini petani masih kesulitan untuk mencari pestisida penangkal penggerek batang dan akar pohon Tuba tersebut,”kata Jasiaman.

Menurut Jasiaman, petani Tuba Desa  Sigonting, Desa Jandi Raya dan Desa Bintang Raya mengharapkan bantuan penyuluh pertanian agar tanaman Tuba bisa dibudidayakan secara professional. Petani juga meminta para ahli pertanian agar bisa melakukan pembibitan tanaman Tuba dengan teknologi pertanian.

Tingginya permintaan rempah Tuba di Sumatera Utara hingga ke Pulau Jawa, membuka peluang bididaya tanaman Tuba di Simalungun yang cukup menjanjikan. Tuba asal Simalungun tergolong khas dan rasanya getirnya dan aromanya mengundang selera makan pada menu kuliner khas Batak. (Asenk Lee Saragih)

Kebun Tuba : Kebun Tuba milik Jasiaman Saragih Garingging di Desa Sigonting, Kecamatan Pematang Raya, Kabupaten Simalungun.  Foto asenk lee saragih

Kebun Tuba : Kebun Tuba milik Jasiaman Saragih Garingging di Desa Sigonting, Kecamatan Pematang Raya, Kabupaten Simalungun.  Foto asenk lee saragih

Jasiaman Saragih Garingging/ br Purba Sidadolog (HP 0812 64066402) saat berada kebun Tuba miliknya di Desa Sigonting, Kecamatan Pematang Raya, Kabupaten Simalungun. 

Rumah kediaman Jasiaman Saragih Garingging/ br Purba Sidadolog (HP 0812 64066402) di Desa Sigonting, Kecamatan Pematang Raya, Kabupaten Simalungun. 

Jalan lintas P Rada-saribudolok di Desa Sigonting Raya

Jalan Menuju Kebun Milik Jasiaman Saragih Garingging/ br Purba Sidadolog (HP 0812 64066402) di Desa Sigonting, Kecamatan Pematang Raya, Kabupaten Simalungun. 

K Nainggolan, petani Desa (Nagori) Sipoldas dan Jasiaman Saragih Garingging/ br Purba Sidadolog (HP 0812 64066402) meninjau kebun Tubanya di Desa Sigonting, Kecamatan Pematang Raya, Kabupaten Simalungun. 



Share this article :

Post a Comment