Info Terkini

10/recent/ticker-posts

BI Bantu Petani Bawang di Simalungun

Bawang Merah
BERITASIMALUNGUN.COM, Simalungun-Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Pematangsiantar memberikan bantuan kepada petani bawang di Simalungun.

"Bantuan yang kita berikan dalam bentuk penyediaan bibit untuk dua kelompok di dua kecamatan," kata Analis BI Pematangsiantar James Wilson Lumban Tobing, Senin.

Penanggung jawab proyek percontohan ini menyampaikan penanaman yang dilakukan di Kecamatan Haranggaol Horison dan Pamatang Silimahuta sebagai proyek percontohan.

James menjelaskan di lahan seluas empat rante di masing-masing lokasi ditanami empat varitas bawang, dan varitas yang produksi terbanyak direkomendasikan untuk ditanam petani.

"Fase penanaman sudah dua minggu, kita perkirakan awal Oktober akan panen," kata James.

James menyampaikan upaya ini untuk memotivasi dan mendukung petani bawang guna ketersediaan bahan menjaga ketahanan pangan daerah.

Dewan Ketahanan Pangan Sumut prof Dr Bitler Sirait menilai upaya BI membantu para petani dengan menyediakan informasi dan bibit, hal yang positif.

Bitler menyampaikan tanaman hortikultural seperti bawang dan cabe tidak bisa ditinggalkan oleh masyarakat Indonesia, jadi perlu dikembangkan.

Hanya saja kata Bitler, perlu alat teknologi yang mampu menambah daya tahan tanaman hortikultura supaya tidak cepat membusuk.

"Ini perlu juga dipikirkan pihak BI," usul Bitler.(ant)

Post a Comment

0 Comments