Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Irigasi Urung Pait Simalungun Longsor

Longsoran ruas jalan lintas provinsi menghubungkan Kota Pematangsiantar-Perdagangan di Nagori Pamatang Syahkuda Kecamatan Gunung Malela Kabupaten Simalungun. 

BERITASIMALUNGUN.COM, Simalungun-Irigasi induk Urung Pait Kabupaten Simalungun mengalami longsor hingga mengundang ratusan petani resah.



"Sejak longsor terakhir, areal persawahan petani tidak mendapat pasokan air lagi," kata Sudarno warga Nagori Bandar Manis, Kamis.

Sudarno menyebutkan irigasi buangan pasir ini mengairi kira-kira 900 hektare areal persawahan di Kelurahan Pematangbandar, Nagori Bandar Manis dan Talunmadear.

LOngsoran sudah terjadi sejak pertengahan Agustus 2014 lalu. Ketika itu petani secara bergotong-royong memasang goni di saluran yang jebol, jelas Sudarno.

Edi Purba menambahkan akibat longsoran beberapa waktu lalu itu sawah petani kini mengalami kekeringan karena tidak mendapat pasokan air.

"Jika kondisi ini dibiarkan, maka dipastikan tanaman padi petani akan banyak yang rusak dan akan mengalami gagal panen," khawatir Edi.

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Simalungun Resman Saragih mengakui irigasi buangan pasir itu sudah dua kali longsor.

Dinas PSDA kata Resman, bersama-sama petani langsung melakukan gotong royong menutup irigasi yang jebol.

"Sifatnya sementara, dan anggaran perbaikan saluran irigasi Ujung Pait yang jebol itu sudah diajukan untuk dianggarkan pada R-APBD 2015," ujar Resman.(ant)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments