}); Proyek Jembatan Bah Bolon di Nagori Sorba Dolok Terlantar | BeritaSimalungun
Home » , » Proyek Jembatan Bah Bolon di Nagori Sorba Dolok Terlantar

Proyek Jembatan Bah Bolon di Nagori Sorba Dolok Terlantar

Written By Beritasimalungun on Friday, 5 September 2014 | 20:07

Kondisi Jembatan Sorba Dolok yang ditelantarkan oleh rekanan dan sudah setahun dibiarkan begitu saja. (MANTRISON/METRO SIANTAR)
Foto IST/MSC
BERITASIMALUNGUN.COM, Raya Kahean-Perbaikan Jembatan Bah Bolon di Nagori Sorba Dolok, Kecamatan Raya Kahean, hampir setahun ditelantarkan. Akibatnya, masyarakat merasa kesulitan mengangkut hasil bumi dan terpaksa mengganti papan jembatan secara swadaya. Informasi dihimpun METRO, pengerjaan jembatan ini dimulai sekitar September 2013 lalu. Namun, sudah setahun berlalu, pengerjaan jembatan tidak diselesaikan oleh rekanan.

“Padahal dulu pada plang proyek tertulis berbiaya sekitar Rp800 juta. Seingat saya, pemborongnya marga Simanjuntak, warga Siantar,” ujar Paiman, salah seorang warga Sorba Dolok, Kamis (4/9).

Dia mengatakan, tidak mengetahui pasti mengapa rekanan tersebut meninggalkan pekerjaannya begitu saja. Katanya, saat pengerjaan berjalan, memang terjadi banjir dan diduga menjadi penyebab rekanan tak melanjutkan pekerjaan.

“Mungkin pemborongnya rugi. Karena waktu pengerjaan, pernah terjadi banjir sehingga semua pranca dan besi hanyut dibawa derasnya aliran sungai,” ujarnya.

Namun, warga lainnya, Raliman Purba, mengatakan hal berbeda. Dia mengatakan bahwa penyebab tak berlanjutnya pekerjaan tersebut tak semata-mata karena banjir, namun karena lemahnya pengawasan pembangunan di Raya Kahean. Akibatnya, rekanan semena-mena meninggalkan pekerjaannya tanpa pedulu sudah seperti apa kondisi proyek tersebut.

“Mungkin karena daerah ini adalah pedalaman, sehingga pengawasnya malas melakukan pengawasan. Kalau memang pengawasan dijalankan secara benar, tidak mungkin ada proyek dibiarkan begitu saja telantar, tidak tuntas diselesaikan,” ujarnya.

Atas kondisi ini, sambung Raliman, yang dirugikan adalah masyarakat di Sorba Dolok karena warga jadi kesusahan mengangkut hasil bumi. Dijelaskan, masyarakat Sorba Dolok mayoritas sebagai petani dengan hasil alam berupa karet, coklat, padi dan tanaman lainnya. Daripada hasil bumi membusuk, warga pun terpaksa berinisiatif sendiri mengganti papan jembatan yang telah lapuk dengan papan seadanya.

Pengamatan wartawan menunjukkan, pengerjaan jembatan yang belum selesai tinggal pagar pembatas sisi kiri dan kanan serta pengecoran jalan dari arah Sorba Bandar dan dari arah Sorba Dolok. Akibat tidak diselesaikannya jembatan ini, masyarakat harus bergotong royong mengganti papan jembatan yang lama karena telah lapuk.

Terpisah, Kadis PU Bina Marga Simalungun Johannes Gurning mengatakan bahwa seluruh jembatan di Raya Kahean akan diperbaiki tahun ini juga. Dan saat ini sudah memasuki proses tender. Ditanya terkait Jembatan Bah Bolon yang diduga ditelantarkan rekanan, dia mengaku belum mengetahui hal tersebut. Namun, dia memastikan, tahun ini tiga jembatan di Raya Kahean akan diperbaiki. (Net/MSC)
Share this article :

Post a Comment