Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Catatan Rikanson Jutamardi Purba Tentang JR Saragih

Rikanson Jutamardi Purba.IST

DISCLAIMER: Kalau dicek ke history facebook ini, saya sdh pernah menyatakan bhw saya bukan TS dari JR Saragih. Saya tak ada dpt proyek dari Pemkab Simalungun dan tak ada dijanjikan apa2 sama beliau. Jadi, kalau saya memberikan komentar tentang beliau, saya mencoba utk objektif. Saya terbiasa dengan apa yg disebut dgn NERACA (timbangan), sehingga saya coba menimbang apa yg telah dilakukan beliau dlm kepemimpinannya 4 thn terakhir ini.
.
BIARKAN JR SARAGIH TETAP MEMIMPIN KABUPATEN SIMALUNGUN
UNTUK PERIODE KEDUA (2015-2020)
.
SUDAH banyak yg dicapai KabSim, khususnya Raya dan sekitarnya. Jalan utama dari gerbang paling ‘kehen” (yg pertama ketemu dari arah Siantar) hingga paling “luan” (gerbang di Tambahan) sudah dan sedang dikembangkan. Saat ini, sdh sampai Jl. Gereja, Pamatangraya.
.
Jalan tsb diperlebar 7 meter (masing2 3,5 m ke kiri dan ke kanan, sehingga kira2 jadi ROW 15) lengkap dgn median jalan (catatan: ini sebenarnya jalan provinsi). Sekolah2 direhab (SMAN 1/SMA Plus PMS, SDN 3, SMPN 1, SMPN 2, SDN Kampung Jawa, dll.); gedung serbaguna (eks lapangan dpn SMP GKPS 1 Pamatangraya) dibangun; kantor Kodim, KPUD, dll. dipindahkan ke Raya; dan banyak lagi.
.
Dampak pelebaran jalan adalah: masyarakat merehab rumahnya. Kedai/warung bertambah, cabang bank dan LKBB bertambah, mobilitas orang makin padat (hectic), ekonomi bergerak, dst.
.
MEMANG MASIH BANYAK MASALAH
.
ITU adalah contoh2 yg kasat mata. Yg jadi masalah adalah yg tdk kasat mata. Antara lain: pejabat dan PNS gerah, karena gampang sekali di-pindah2kan atau di-non-job-kan. Ada yg menduga, itu utk menghilangkan audit trail terhadap pemeriksaan BPK dan yg paling sering dinyatakan dlm bahasa publik adalah istilah “isi pulsa”.
.
Masyarakat KabSim di “bawah” merasakan bhw pembangunan di “bawah” seolah terlupakan (blm diprioritaskan). Memang, 72% APBD habis utk overhead (biaya pegawai). Jadinya, ibarat taplak meja, “ditutup di sini, bolong di sana”.
.
Jalan usaha tani, belum jadi prioritas utama, padahal ini sangat dibutuhkan utk menekan ongkos angkut hasil2 pertanian. Komposisi utk pembangunan jalan usaha tani ini masih sangat kecil. Bahkan, renovasi2 pagar gedung2 sekolah, pembangunan GKPS Kongsi Laita Sondiraya itu (sebagian dari dana APBD), dipandang belum terlalu urgen.
.
Neraca sepintas ini memang harus dilengkapi data2 faktual dan khalayak (audience) di facebook ini bisa melengkapinya lebih akurat.
.
SECOND WIND
.
Meskipun demikian, dlm konstelasi politik saat ini, peluang JR Saragih utk memimpin KabSim masih terbesar. Artinya, kalau belum ada bakal calon yg paling tdk sekaliber beliau, peluang menangnya kecil. Tapi utk “persiapan/pemanasan” ke periode 2020-2025, mungkin boleh2 saja.
.
Jika seandainya JR Saragih lebih “membuka telinga” mendengarkan aspirasi masyarakat Simalungun secara keseluruhan dan mau “membuka mata hati” lebih lebar, mungkin beliau dapat memperbaiki pola kepemimpinannya selama ini. Untuk itu, secara PRIBADI, saya pikir, kita berikan kesempatan kepada JR Saragih utk memimpin KabSim utk periode 2015-2020. Kita berikan beliau second wind dan kita tuntut beliau utk memanfaatkan kesempatan itu memperbaiki kesejahteraan masyarakatnya.(Rikanson Jutamardi Purba)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments