Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Dewan Simalungun Usulkan Penambahan Truk Sampah Kecamatan

Truk Sampah
BERITASIMALUNGUN.COM, Simalungun-Wakil Ketua DPRD Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Timbul Jaya Sibarani mengusulkan kepada pemerintah daerah untuk menambah jumlah truk pengangkut sampah di tingkat kecamatan guna meningkatkan kebersihan lingkungan pemukiman warga.


"Kondisi truk sampah yang ada saat ini sudah memprihatinkan, sementara julah sampah terus meningkat seiring pertambahan jumlah penduduk," ujar Timbul Jaya Sibarani di Pamatang Raya, Rabu.

Politisi Partai Golkar itu memperkirakan pemerintah kabupaten atau kecamatan akan sulit mengelola dan mengutip retribusi sampah dari masyarakat, jika tidak didukung dengan prasarana yang memadai.

Warga, kata Timbul, akan patuh membayar retribusi sampah jika pengelolaan sampah oleh pemerintah daerah dilakukan dengan baik, seperti sampah diangkut setiap hari secara rutin bukan sekali dua atau tiga hari.

"Lancarnya pengutipan retribusi sampah, tentu juga menambah pemasukan pendapatan daerah," kata Timbul.

Karenanya Timbul berharap, Pemkab Simalungun mengalokasikan anggaran penambahan truk sampah secara bertahap dan rutin setiap tahun sehingga 31 kecamatan masing-masing memiliki truk sampah yang memadai.

Rekson Sianaga (48 tahun), warga Kelurahan Huta Bayu Kecamatan Hutabayu Raja mengakui pengangkutan sampah di kawasan pemukiman penduduk sering terlambat, karena truk sampah sering rusak.

"Kami harapkan pemerintah tidak saja mengutip retribusi sampah, tetapi pelayanan pengangkutan sampah ditingkatkan," kata Rekson.(ant/lee)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments