Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Disbun Simalungun Imbau Petani Kakao Pangkas Tanaman

Kakao atau Coklat.IST

BERITASIMALUNGUN.COM, Simalungun-Dinas Perkebunan Pemerintah Kabupaten (Disbun Pemkab) Simalungun, Sumatera Utara, mengimbau petani kakao untuk memangkas tanaman guna menghindari serangan hama pengerek buah.

"Lahan di bawah tanaman kakao, juga perlu dibersihkan secara rutin supaya hama tidak berkembang biak," ujar Kepala Disbun, Amran Sinaga di Pamatang Raya Simalungun, Jumat.

Amran mengatakan, pemangkasan tanaman dan kebersihan lahan bisa mengatasi serangan hama pengerek buah sehingga memberikan produksi yang maksimal.

"Kita prihatin setiap tahun produksi 6.500 hektare tanaman kakao di Simalungun terus mengalami penurunan akibat perilaku petani yang tidak mematuhi saran dan imbauan," kata Amran.

Amran menyampaikan, setiap tahun secara rutin pihaknya bekerja sama dengan Dinas Perkebunan Pemprov Sumatera Utara mengadakan pembinaan kepada kelompok petani di sentra tanaman kakao.

Tim penyuluh mengajarkan petani di Kecamatan Bandar, Siantar, Dolok Panribuan, Raya Kahean, Tanah Jawa, Tapian Dolok tentang teknis pengendalian dan pencegahan hama.

Disbun kata Amran, juga memberikan bantuan bibit dan pupuk secara gratis ke sejumlah kelompok petani kakao untuk meningkatkan produksi dan pendapatan.

"Sekali lagi kita imbau agar petani di Simalungun melaksanakan teknis pengendalian secara preventif (pencegahan) maupun mekanis," tandas Amran.(ant/lee)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments