Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Harga Komuditi Pertanian Merosot, Petani Beralih ke Perkebunan Jabon

Pengurus Kopjaskum Radio Mora Sumut ketika berkunjung ke Desa Karang Tengah Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun Rabu (1/10/14). Foto Silver Silalahi.
BERITASIMALUNGUN.COM, Simalungun-Puluhan petani Desa Karang Tengah Bahjambi Dua Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun menjerit. Pasalnya harga panen pertanian mereka anjlok dari biasa nya. Misalnya harga mentimun kini hanya Rp.800 /kg dari Rp.6.000/kg sebelumnya. Kemudian harga Terong Rp 7.000/kg menjadi Rp.2.000/kg, Kacang Tanah Rp.15.000/kg menjadi Rp.3.000/kg. Begitu juga dengan hasil pertanian lain nya mengalami penurunan harga yang sangat drastis. Kini petani memilih berinvestasi perkebunan Jabon yang diprakarsai Kop Jaskum Radio Mora Sumut.

Jefri salah seorang petani mengatakan, mereka sangat rugi atas pertanian selama ini. "Upah panen saja tidak tercukupi. Belum lagi mengembalikan modal awal," katanya yang juga diaminkan petani lain nya.
Dia juga menambahkan bahwa tidak ada perhatian dari Pemerintah Kabupaten Simalungun khusus nya Dinas Pertanian dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Simalungun. "Seolah-olah pemerintah kita ini cuek dan gak mau tau akan penderitaan rakyat nya," ujar nya kesal.
Daerah tersebut memang sangat subur.tampak juga beberapa kolam ikan dan persawahan juga ladang yang sangat menjanjikan kehidupan petani sejahtera.namun apa dikata,pemerintah tidak bertanggung jawab terhadap turunnya harga hasil bumi."oleh sebab itu lahan pertanian kami akan kami tanam pohon jabon,yang merupakan salah satu program KOPJASKUM RADIO MORA SUMUT.dan kami adalah pendengar radio tersebut."lanjut jefri dan di iyakan juga oleh pakpahan salah seorang petani.
Hamda salim,general manager KOPJASKUM RADIO MORA SUMUT ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa lahan petani didesa tersebut akan ditanami pohon jabon."sudah ada beberapa petani yang memesan bibit pohon jabon.dan nanti mereka akan mengkelola sendiri,dan nama nya PROGRAM JABON MANDIRI."kata hamda sembari mengatakan harga bibit pohon jabon Rp.2.000/batang,dan akan dikenakan biaya Rp.1.000/batang apabila diantar ketempat.(Silver Silalahi)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments