. Inggou Simalungun Akan Bertarung di Indosiar | BeritaSimalungun
Home » , » Inggou Simalungun Akan Bertarung di Indosiar

Inggou Simalungun Akan Bertarung di Indosiar

Written By Beritasimalungun on Thursday, 9 October 2014 | 11:00

Sinden Simalungun Mohon Dukungan Warga Sumut
TRIBUN MEDAN / LISTON DAMANIK
Sapna bersama dengan kedua anaknya, Ocha (tengah) dan Christina

Sinden Simalungun Mohon Dukungan Warga Sumut


BERITASIMALUNGUN.COM, Medan-Setelah berhasil melewati eleminasi jumat pekan lalu dengan memperlihatkan duet taur taur - sinden sunda bersama Host Rina, Sapna Sitopu akan beradu kebolehan menyanyi bersama putri nya Rossa (panggilan OCHA) pada Jumat 10 Oktober 2014 pukul 18.00 di Mamamia Indosiar.

Apakah yang akan ia perlihatkan ? apakah tangis tangis, urdo urdo, tihtah (nyanyian anak senda gurau), mang mang (mantra), inggou turi turian (cerita rakyat dengan bernyanyi)......? pokoknya ia akan melakukan "trik", menyesal bila kita tidak menonton ya......

Salah satu visi nya adalah memberi tempat terhormat bagi seni tradisi simalungun, dengan banyak cara agar dikenal, di ingat dan dicintai masyarakat. 

Mungkin orang akan menganggap Sapna Sitopu seperti orang kampungan, kenapa yang dibawa bawa lagu simalungun di kancah layar kaca nasional ? 

Tapi itu lah tekad nya, ia akan berusaha melakukan terobosan, improvisasi, cara baru agar inggou simalungun dapat melekat di hati generasi mendatang.

So ? Jangan sampai ter eleminasi. Beritahu teman dan mohon bantuan dengan mengirim sms sebanyak banyaknya : MAMAMIA OCHA ke 7288. Keep spirit for simalungun.....Houras...Houras...Houras........(Sultan Saragih)

Mohon Dukungan Warga Sumut

Dosen Etnomusikologi USU Sapna Ria Sitopu dan anaknya, Ocha, memohon dukungan warga Sumut dalam program televisi pencarian bakat Mama Mia.
 
"Ini kesempatan yang sudah lama saya tunggu. Mama Mia kan sudah ada lima tahun lalu. Tapi waktu itu anak saya masih kecil," katanya Kamis (9/10).

Sapna yang masuk dalam kloter lima program ini berhasil melewati tahap kedua, dan Jumat nanti (10/10/2014) akan mengikuti tahap ketiga untuk mengamankan posisi dua besar. Babak final ajang ini nantinya akan diikuti oleh dua pasang kontestan perwakilan tujuh kloter.

Pengajar vokal di Yoppie Music Studio ini mengatakan, motivasi para peserta Mama Mia beragam.

"Ada yang ingin terkenal dan ada yang ingin mendapatkan hadiah uangnya. Motivasi utama saya adalah ingin mengangkat kembali seni tradisi Simalungun di tingkat nasional," katanya.

Saat beraksi pekan lalu, Iis Dahlia yang menjadi juri dalam ajang ini meminta dirinya beradu dengan seorang kontestan lain yang punya dasar menyinden. Tantangan ini pun diselesaikannya dengan baik dengan menampilkan teknik vokal inggou yang memiliki kemiripan dengan cengkok pesinden.

Sapna mengaku sengaja menyebut dirinya sebagai sinden simalungun. Ini merupakan strategi branding bagi dirinya sebagai duta seni tradisional Simalungun.

Untuk memperluas pendengar seni tradisional yang ia usung, Sapna yang belajar menyanyi dari orangtuanya yang memiliki orkes tradisional ini akan memasukan unsur musik modern.

"Tapi, saya tidak mau kasih tahu konsep yang akan kaki bawakan. Biarlah jadi surprise," ujarnya.

Anaknya, Rosalina Samosir atau akrab dipanggil Ocha, adalah langganan juara lomba menyanyi. Setidaknya, sudah ada 70 piala lomba yang telah dikoleksi siswa SMK 11 Medan ini. Keduanya saat ini akan lehih banyak berada di Jakarya untuk mengikuti berbagai macam latihan dan persiapan. Grand final diperkirakan berlangsung Januari 2015.

Dukungan untuk Mama Sapna dan Ocha dapat diberikan dengan mengirimkan pesan singkat MAMAMIA OCHA ke 7288
Share this article :

Post a Comment

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis