Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Sukses Pagelaran Bintang Na Rondang Karya Anak Negeri "Jambar ni Loja" Taralamsyah Saragih

SPANDUK UTAMA

BERITASIMALUNGUN.COM, Jakarta-Organisasi Eta Ham Mambangun Simalungun (EHAMSI) membuat gebrakan dalam mengabadikan karya-karya anak Negeri Taralamsyah Saragih. Acara itu berupa pagelaran atau parade Tor-tor dan Lagu-Lagu Karya Maestro (Alm) Taralamsyah Saragih Garingging dilaksanakan Sabtu 25 Oktober 2014 di Auditorium Taman Ismail Marzuki Jakarta.  (Baca: TARALAMSYAH DALAM PANDANGAN SENIMAN JAMBI )


Acara ini bertajuk “Jambarni Loja TARALAMSYAH SARAGIH” yang digagas EHAMSI. Salah satu bagian dari acara Bintang Na Rondang-Jambarni Loja adalah pencanangan Pembangunan Rumah Seni Taralamsyah di Pematang Siantar. 

Acara ini akan dimeriahkan Artis-Artis Simalungun dan Artis Ibukota Jakarta. Rangkaian lain acara ini yakni Penyerahan Hak Paten Lagu Ciptaan Taralamsyah, Penyerahan Penghargaan Kepada Keluarga Taralamsyah, Peluncuran Buku Taralamsyah Oleh Simon Saragih (Wartawan Senior Kompas), Pengumuman Pengadaan Rumah Seni Taralamsyah.
 
Ratusan Tokoh Simalungun di Indonesia berkumpul pada acara "Bersejarah" ini.

Peluncuran Buku Taralamsyah Saragih

Kisah seniman besar Batak Simalungun, Taralamsyah Saragih (1918-1993), kini dihidupkan dan dihadirkan lagi ke tengah-tengah masyarakat.

Melalui sebuah buku yang ditulis wartawan senior Kompas, Simon Saragih, karya dan kehidupan Taralamsyah diabadikan dalam sebuah buku 'Taralamsyah Saragih; Tragedi Seorang Komponis Besar.

Taralamsyah, pria kelahiran Pamatang Raya, Simalungun, 18 Agustus 1918, adalah komponis besar Simalungun yang banyak menciptakan lagu dan tarian (doding dan tor-tor) Simalungun yang melegenda. Karya-karya tarian ciptaan Taralamsyah antara lain tor-tor Sitalasari, Pamuhun, Simodak odak, Haro-haro, Sombah, Runten Tolo, Nasiaran, Makail, Manduda, Haroan Bolon dan masih banyak tarian lagi.

Sementara lagu yang diciptakan Taralamsyah antara lain Etah Mangalop Boru, Parmaluan, Hiranan, Inggou Parlajang, Tarluda, Parsonduk Dua, Padan Na So Suhun, Tading Maetek, Pamuhunan, Paima Na So Saud, Sihala Sitaromtom, Sanggulung Balunbalun, Ririd Panonggor, Marsalop Ari, Mungutni Namatua, Pindah-Pindah, Inggou Mariah, Uhur Marsirahutan, Poldung Sirotap Padan, Bujur Jehan, Simodak Odak (ciptaan bersama Tuan Jan Kaduk Saragih) dan karya-karya lainnya.

Buku Taralamsyah tersebut akan diluncurkan pada Sabtu, 25 September 2014 di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Acara bertajuk 'Bintang Narondang, Karya Anak Negeri Jambarni Loja' itu merupakan persembahan dari DPP Etah Ham Mambangun Simalungun (Ehamsi) yang berkedudukan di Jakarta.

Acara tersebut akan menyuguhkan lagu-lagu dan tari-tarian karya Taralamsyah Saragih oleh artis-artis Simalungun dan artis nasional. Acara tersebut juga diisi dengan penyerahan sertifikat hak paten lagu karya cipta Taralamsyah dan penyerahan penghargaan kepada keluarga Taralamsyah serta pengadaan Rumah Seni Taralamsyah di Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Acara yang dilaksanakan berkenaan dengan peringatan Sumpah Pemuda tersebut didukung oleh tokoh-tokoh Simalungun yakni Prof Dr Bungaran Saragih, Dr Cosmas Batubara, Junimart Girsang, Elman Saragih dan tokoh-tokoh lainnya.
Hadirilah Peluncuran Buku Pencipta Lagu Tor-tor Taralamsyah Saragih
Kisah seniman besar Batak Simalungun, Taralamsyah Saragih (1918-1993), kini dihidupkan dan dihadirkan lagi ke tengah-tengah masyarakat dalam buku.

 

Artis Simalungun Jhon Eliaman Saragih bersama Panitia di Taman Ismail Marzuki Jakarta, Sabtu 25 Okt 2014.
Dapatkan segera CD 10 Lagu Karya Taralamsyah Saragih (Vokal Sumani br Purba) di Acara Bintang Na Rondang..Taman Ismail Marjuki, Sabtu 25 Okt 2014.

















Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments