Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Kurpan Sinaga Nilai JR Saragih Digdaya di Simalungun

SELAYANG PANDANGAN FIGUR BALON BUPATI JRS
LEBIH TEPAT JRS KE SUMUT SAJA?


Dalam melihat Balon bupati Simalungun 2015 dan pro kontra figur JRS, sy melihatnya begini: Simalungun hrs bersyukur punya kader pak JRS. Dia adalah tokoh kuat Simalungun. Sangkin kuatnya dia begitu digdaya sbg bupati. Sangkin digdayanya dia tdk bisa di kontrol oleh siapapun. 

DPRD atau msy tdk ada yg punya kekuatan efektif utk menegur atau mengingatkannya. Pers sdh bagai kerbau yg dicucuk hidungnya. Tak ada pihak yg kita lihat ditakuti oleh JRS. Apa ada menurut kalian? 

Bukti kedigdayaan itu, coba perhatikan, adakah sesuatu yg diinginkan JRS tdk jadi kecuali pemekaran? Ingin ketua PMS Jkt, jadi. Ketua Umum/ Presidium PMS disasar, jadi. Ingin lapangan terbang, jadi. Ingin membangun kator bupati yg baru, jadi. Ingin membirukan Simalungun, jadi. 

Jalan, kantor-kantor pemda semua biru, partai demokrat juga boleh kalah di seluruh kab di Indonesia tapi tdk utk Simalungun. Mau memecat pejabat hari ini, bahkan memecat sekali berapa org juga jadi. Kan gak pernah ada yg dipecat JRS melawan sampai JRS kesulitan. Paling maksimal perlawanan Sekretaris KPU th lalu namun tdk pengaruh sama sekali dg perolehan suara Demokrat. 

Dia org nya kalam. Dingin tetapi semua dlm kendalinya. Dia kreatif membuat langkah-langkah baru bahkan langkah-langkah wah yg mengherankan/ fenomenal. JRS lah yg dikenal di Indonesia ini cabup yg pake helikopter. Ini lebih fenomenal krn Simalungun itu sesungguhnya tdk perlu diarungi pake heli seperti daerah lain krn semua bisa dilintasi kenderaan, mobil mewah sekalipun. Msy termangap dibuatnya. 

Mendengar angka sumbangannya dimana-mana juga org termangap bahkan terbius. Ini klop dgn taraf berpikir msy kita yg masih tergagap dgn hal-hal wah seperti itu. Tak perduli apa ada kaitan kebutuhan msy dgn heli, apa logis angka sumbangan yg diucapkannya atau tdk. Bahkan terealisasi atau tdkpun sumbangan itu msy tdk peduli. Kesanggupan berkata besar juga kehebatan tersendiri.

Dlm keadaan banyaknya sorotan negatif, baik ttg berita penyuapan ketua MK, dilaporkan ke KPK, di lapor ke Kejaksaan Agung, ybs tdk terganggu menghadirkan Wapres Boediono ke Simalungun, menghadirkan panglima ini dan itu silih berganti. Menteri BUMN yg dikenal lurus dan bersih Dahlan Iskan pun ditentengnya kesana kemari sampai ke desa-desa itu.

Bahwa dibalik kedigdayaan itu bukanlah prestasi. Yg sering diapresiasi org ttg JRS adalah perkembangan Raya yg pesat. Lain dari itu tdk ada yg sy dengar. Sementara perkembangan Raya itu bukanlah krn kebijakan-kebijakan yg ditempuh JRS. 

Dengan aktivitas ibu kota siapapun bupatinya memang begitulah perkembangan Raya itu. Ganti nanti bupatinya perkembangan juga akan cepat. Soal keburukannya gak usahlah kita uangkabkan disini. Dalam konteks kader Simalungun lebih bijak kalau kita bicara bg mana beliau ini bisa lebih bermanfaat pada msy. 

Karena JRS terlalu digdaya di Simalungun dan tdk ada yg bisa mengkontrol dia maka kedepan juga tdk terlalu bermanfaat dia di Simalungun. Tanpa ada kontrol maka bisa mengarah pd yg lebih buuruk. Kalaupun ada satu dua diantara kita yg kalau mengarahkan pikiran bisa mengkritisi sepak terjangnya atau mengkontrolnya, utk hal-hal tertentu seperti membendung pemekaran bolehlah krn kita anggap krusial. 

Lebih daripada itu kerjaan kita kan bukan mengkontrol seseorang. Atau kalau ada LSM yg bisa memelototi anggaran akan telak pengaruhnya. 

Tapi, siapa yg mau kasi waktu? Oleh karena itu sy lebih mendorong kalau JRS maju ke gubernur. Komunitas Sumatera Utara lebih luas dan lebih kuat mengkontrolnya. Dengan demikian kedigdayaannya mengarah positif. 

Dan, jgn salah mengerti, kedigdayaan ini tdk dengan sendirinya mudah baginya memenangkan persaingan di Simalungun. Dipilih tdk nya ybs akan sangat dipengaruhi baik buruknya persepsi msy kepadaya. 

Sebab sensasi heli sdh hambar. Isapan jempol sumbangan besar juga msy sdh punya penilaian tersendiri. Ya, kalau pandangan pribadi sy akan lebih tepat JRS fokus ke Sumut. Akan lebih bermanfaat dan pd gilirannya membanggakan Simalungun.(Kurpan Sinaga)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments