Info Terkini

10/recent/ticker-posts

PETANI SIMALUNGUN DAMBAKAN PEMBANGUNAN IRIGASI



Jalan Simpang Bage-Bage Kabupaten Simalungun.Foto Asenk Lee Saragih
BERITASIMALUNGUN.COM, Simalungun-Para petani Desa Muara Nauli Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, mendambakan pembangunan irigasi untuk meningkatkan hasil panen padi dan peternakan ikan masyarakat setempat.

"Banyak ikan bermatian dan tanaman padi tidak bagus karena kekurangan air akibat kurang berfungsinya irigasi," kata seorang petani Binsar Siahaan (42) di Simalungun, Kamis.

Binsar menyayangkan kebijakan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) yang kurang melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan petani setempat sebelum pembangunan irigasi.

"Kita dukung, tetapi harusnya diberitahu kepada kami sebelum pelaksanaan pembangunan, supaya bisa kami antisipasi waktu dan lokasi tanaman," kata Binsar.

Apalagi lanjut Binsar, dalam waktu dekat dua titik kolam budidaya ikan akan panen. Demikian juga padi yang sudah berumur dua minggu hingga dua bulan.

"Jika pasokan air tidak mencukupi, berdampak pada hidup ikan dan tanaman padi. Dan ini menimbulkan kerugian bagi petani," kata Binsar.

Anggota DPRD Simalungun, Usmayanto menyarankan kepada pemerintah dan pejabat unit kerja untuk melakukan pengkajian mendalam melalui studi kelayakan sebelum melaksanakan pembangunan.

Kajian itu kata politisi dari PKS ini, menyangkut sisi ekonomi, sosial dan kemanfaatan kepada masyarakat, serta pensosialisasian supaya tidak berbenturan dengan kepentingan masyarakat.

"Komunikasi aktif, jangan sampai proyek pembangunan mengorbankan kepentingan masyarakat setempat," tandas Usmayanto.(ant)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments