. GKPS MELANGKAH PADA TAHAP KEDUA: PENGUATAN SDM (2015-2020) | BeritaSimalungun
Home » , » GKPS MELANGKAH PADA TAHAP KEDUA: PENGUATAN SDM (2015-2020)

GKPS MELANGKAH PADA TAHAP KEDUA: PENGUATAN SDM (2015-2020)

Written By Beritasimalungun on Friday, 12 December 2014 | 22:09

Juandaha Raya Purba (paling kiri) Bersama Komponis Simalungun Sahrudin Saragih

"Buei do na boi mangarang lagu ampa mandodingkon lagu na marbahasa Simalungun, tapi lape piga na boi mangarang ampa mandodingkon lagu Simalungun" ___ SARUDIN SARAGIH

Visi Misi GKPS menekankan pada eksistensi GKPS sebagai gereja pembawa berkat dan kepedulian. Untuk memenuhi target ini, di tahapan kedua GKPS sampai pada tahapan berikutnya: Penguatan SDM sesudah kita melalui Tahapan Pertama: Penguatan Kesaksian (2010-2015).

Di masa awal berdirinya GKPS sejak 1 September 1963 (setelah mandiri dari HKBP). GKPS konsen dengan Plan 10 Tahun (1960-1970) dengan target tiada lagi orang Simalungun yang belum mendengar Injil. Buah gerakan ini adalah lahirnya jemaat-jemaat Kristen Simalungun baru di Serdang.

GKPS tidak puas hanya pertumbuhan kuantitatif GKPS semata. Maka didirikanlah sekolah-sekolah, Rumah Sakit dan PLP untuk latihan pertanian di Pematangsiantar, di atas lahan yang dihibahkan oleh Pemkab Simalungun pada masa Bupati Radjamin Poerba, SH.

Untuk memperlengkapi para parhorja GKPS, maka GKPS mempersiapkan pendidikan khusus untuk mereka dengan membangun Gedung Kursus Zentrum di sekitar Kantor Pusat GKPS di Pematangsiantar. Atas bantuan LWF berdirilah bangunan tsd di pusat kota Siantar, dengan harapan akses mudah bisa dijangkau oleh angkutan pedesaan dari seluruh Simalungun. Para Pengantar Jemaat, Bendahara Jemaat (Kasbestuur) dan para majelis dilatih oleh Tim yang dibentuk di kantor pusat GKPS. Untuk itu dibentuklah Departemen Pembinaan di Kantor Pusat yang mengorganisir Kursus Parhorja Kuria (KPK) sampai ke jemaat-jemaat.

Seiring waktu, kegiatan pembinaan terorganisir di atas berhenti, dan dilakukan sporadis tergantung kemampuan jemaat-jemaat GKPS.

Beranjak dari pengalaman sejarah di atas, maka di tahap kedua ini mulai tahun 2015 mendatang pembinaan berkelanjutan akan dilakukan serentak di GKPS, dimulai dengan para Syamas. Untuk itu Kantor Pusat GKPS sudah membentuk tim menyusun modul pembinaan Syamas tsb yang bukunya sudah tersedia, dan segera akan didistribusikan ke jemaat-jemaat. 

Dengan ini diharapkan para Syamas GKPS siap untuk melayani jemaat Tuhan di GKPS dengan bimbingan para mentornya yang prosesnya diserahkan kepada kepengurusan masing-masing. Ada baiknya di Jemaat dan Resort atau Distrik dibentuk Tim Pembinaan Syamas GKPS. Kita berharap SDM Parhoja GKPS setahap demi setahap akan terbenahi. (Sumber: FB Juandaha Raya Purba)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.