Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Monang Saragih Katakan JR Saragih Bekingi dan Lindungi ‘Perusak Hutan’ Jan Wanner Saragih

Monang Saragih bersama warga nagori Ujung Purba Simalungun menanam bibit pohon Jabon, dan sekaligus membuka koperasi para petani agar terhindar dari berbagai penipuan dan terkelola dengan baik, Senin (1/12). (foto Dani)
BERITASIMALUNGUN.COM, Simalungun-Nagori Urung Purba tepatnya di kawasan lahan pertanian Ujung Purba kecamatan Purba, yang sebelumnya sunyi, Senin siang (1/12) menjadi ramai dikarenakan ratusan warga yang datang  dari berbagai daerah. (Berita Terkait :Penanaman Pohon Jabon Program KOPJASKUM Radio Mora Berjalan Lancar di Nagori Urung Purba
Kedatanganya untuk menyaksikan penyerahan bibit pohon jabon, sekaligus penanaman ribuan jabon secara simbolis oleh ketua KopJasKum Monang Saragih SH, didampingi Juniarman Purba di lokasi lahan Kelompok Tani Hutan Rakyat, yang diketuai H Frans Faisal Abdul Azis SE didampingi Alpiden Lingga.
Penanaman puluhan ribu pohon Jabon perdanannya di wilayah  kabupaten Simalungun, tepatnya di dusun Ujung  Nagori Urung Purba, kecamatan Purba dihadapan ratusan, kata Monang Saragih,  diawali keprihatinnya terhadap warga masyarakat yang memiliki lahan namun tak jelas pemanfaatannya (produktif).
Walau meraka telah berusaha namun mereka selalu menjadi obyek penipuan, diantaranya bibit dan pupuk. Bukan hanya sampai disana saja penipuan yang dirasakan warga petani, sewaktu panen pun mereka harus berhadapan dengan para agen yang kerap menipu mereka.
Sehingga, dengan adanya koperasi yang berasaskan kebersamaan dan juga pengawasannya secara bersama-sama, sehingga memproteksi dan memberikan perlindungan hukum terhadap anggotanya dari mulai awal pembibitan, pengamanan, pupuk dan juga  pemeliharaan serta pada tahap panen harus tetap dikawal serta diawasi secara terus menerus.
Menurutnya program penanaman pohon jabon tersebut rencananya akan dilakukan di lahan seluas 300 hektar di seluruh wilayah provinsi Sumut, dan salah satunya di kabupaten Simalungun. “Mari memulai penanaman jabon di sekelingling kita dengan semangat, juga tak lupa doakan yang dikerjakan dan kerjakan yang didoakan supaya apa yang kita lakuan seperti sekarang ini dapat hasil sesuai doa kitaq,” ujar Monang.
Menurut Monang Saragih SH  yang dikenal sebagai Pengacara kondang di Provinsi Jawa Barat mengatakan kita menanam, kita yang akan menuai hasilnya. Bukan seperti yang kerap  terjadi di kabupaten Simalungun. “Menanam ogah merusak oke. Dan para perambah hutan di lindungi pulak oleh pemerintah,” tegasnya
Bahkan tak tanggung –tanggung Monang Saragih mengatakan Bupati Simalungun JR Saragih yang diduga kuat membentengi dan melindungi Jan Waner Saragih, sebagai salah satu pelaku perusak hutan, yang statusnya kini sudah menjadi tersangaka oleh penegak hukum Polda Sumutera Utara (Sumut), terkait aksinya sebagai perambah hutan register di Simalungun. (Hetanews.com)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments