. Proyek Rehab Ruang Kelas SD 091333 Raya Usang Siluman | BeritaSimalungun
Home » , » Proyek Rehab Ruang Kelas SD 091333 Raya Usang Siluman

Proyek Rehab Ruang Kelas SD 091333 Raya Usang Siluman

Written By Beritasimalungun on Monday, 15 December 2014 | 20:26

Menampilkan SD2.jpg
Kondisi proyek tanpa Plang SDN 091333 Raya Usang


BERITASIMALUNGUN.COM, Simalungun-Pelaksanaan proyek rehab ruang kelas di Kecamatan Raya banyak ditemukan "Proyek Siluman". Seperti di SD 091333 Raya Usang Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun,yang sampai saat ini mulai pelaksanaan rehab itu hingga mencapai 75 persen bangunan rehab pihak sekolah tidak memasang plank proyek sehingga sumber dananya tidak diketahui berasal dari mana.

Menurut salah satu warga Raya bermarga Sitopu menuding kalau  proyek rehab ruang kelas yang dikerjakan sekolah ini merupakan proyek Siluman.Saya mengatakan proyek ini Siluman karena mulai dikerjakan pihak sekolah tidak transaparan dengan tidak ditemukan plank proyek dilokasi sekolah.Selain tidak transparan proyek rehab ruang kelas di SD 091333 ini juga diborongkan.Padahal publik tahu kalau proyek rehabilitasi ruang kelas Dak 2014 harus dikelola oleh Kepala Sekolah dan tidak dapat diborongkan ujar Sitopu yang ditemui Orbit 14/12 sekira pukul 11.00 wib.

Sepengetahuan saya proyek rehabilitasi Dak 2014 SD 091333 dikerjakan tukang dari luar Kecamatan Raya.Tukang yang mengerjakan rehab ini semuanya berasal dari warga serapuh kec Gunung Malela,dan tidak ada satu orang tukang warga setempat yang mengerjakannya.Jadi menurut saya bangunan ini tidak melibatkan komite sekolah selaku perwakilan orang tua siswa ujar Sitopu yang mengaku tinggal di kecamatan Raya.Saya juga meminta kepada aparat penegak hukum agar proyek Siluman ini diusut karena ada dugaan korupsi.

Kepala Sekolah SD 091333 Raya Usang Sarlina br Saragih SPd yang dihubungi melalui ponselnya mengatakan kalau proyek rehab ruang kelas yang sedang dikerjakan di sekolahnya sama sekali tidak terlibat.Saya hanya diberi tahu pihak Dinas Pendidikan (DISDIK) Simalungun  selaku penanggung jawab Dak 2014 bahwa sekolah saya akan direhab ruangan kelasnya.Mengenai dari mana sumber dananya saya sama sekali tidak tahu menahu karena dananya tidak masuk ke rekening saya kata Sarlina.

Disinggung soal pembelian matrial kepala sekolah Sarlina br Saragih SPd mengaku tidak tahu,karena dia sama sekali tidak pernah dilibatkan dalam hal belanja matrial maupun pelaksanannya. Bukan itu saja saya juga tidak tahu siapa yang menyuruh tukang yang mengerjakan rehab ini,karena saya sama sekali tidak mengenal mereka.

Sarlina mengaku kalau proyek rehab ruang kelas Dak 2014 di kecamatan Raya ini,bukan sekolahnya saja yang mengalami seperti ini.Masih banyak sekolah SD di kecamatan Raya ini yang sekolahnya direhab tanpa melibatkan kepala sekolah,bahkan sama sekali tidak diketahui kepala sekolah.Jadi mengenai proyek rehab 2014 di sekolah saya silahkan bapak tanya saja ke Disdik Simalungun, karena mereka yang tahu ungkap kepala sekolah SD 091333 Sarlina br saragih SPd yang tidak mau ketemu sama wartawan.Ditanya siapa yang mempertanggungjawabkan proyek rehab ruang kelas di sekolahnya Sarlina mengatakan jelas Pemerintah yang dalam hal ini Bupati Simalungun.

Sementara itu Parno salah satu tukang yang mengerjakan proyek rehab yang ditemui dilokasi mengatakan kalau dia bekerja karena diajak rekannya Supardi yang diketahui pemborong bangunan rehab ini.Parno bekerja bukan atas perintah kepala sekolah,tetapi Supardi yang mengajak dia bersama 3 orang rekannya yang mengerjakan rehab ini. Kami semua satu kampung sama sama warga Serapuh kec Gunung Malela.Parno mengaku kalau dia bersama rekan rekannya tidak mengenal sama kepala sekolah,bahkan kepala sekolah tidak pernah memerintahkan kami.

Pengamatan dilokasi tukang sedang mengerjakan pemasangan keramik,dan mencet bangunan.Asbes yang baru diganti tampak sudah retak dan ada tujuh asbes yang tidak diganti.Tinggi bangunan juga tidak sesuai dengan bestek dan masih mengikuti bangunan lama.Padahal bangunan itu menurut RAB harus ditambah tingginya.Sementara itu besi yang digunakan diduga dimanipulasi pemborong.(Hasudungan/SyamP)



Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.