}); Catharina Girsang, 'Jenderal' Perempuan KPK di Praperadilan Komjen BG | BeritaSimalungun
Home » , » Catharina Girsang, 'Jenderal' Perempuan KPK di Praperadilan Komjen BG

Catharina Girsang, 'Jenderal' Perempuan KPK di Praperadilan Komjen BG

Written By Beritasimalungun on Friday, 13 February 2015 | 18:53

Chatarina Girsang Jenderal KPK di Praperadilan BG - 2KUASA HUKUM: Chatarina yang merupakan Kepala Biro Hukum KPK itu memang bisa dibilang sebagai jenderal dalam menghadapi langkah hukum yang ditempuh Komjen Budi Gunawan tersebut. Segala dalil, bukti, maupun keterangan saksi dan ahli seolah mampu dipatahkan tim kuasa hukum KPK yang digawangi Chatarina. DETIK/HARIAN JAMBI

MELIRIK “JENDERAL” CANTIK DI KPK

Gerak-geriknya terlihat penuh percaya diri. Meski bertubuh mungil namun langkah kakinya mantap dan tegas ketika memasuki ruang sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel). Wanita kelahiran 19 November 1972 itu bernama Catharina Muliana Girsang.

DHANI IRAWAN, Jakarta

Wajahnya belakangan ini santer bermunculan di berbagai media. Tak heran, sebab Catharina merupakan pentolan yang diandalkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam menghadapi permohonan praperadilan atas penetapan tersangka yang diajukan Komisaris Jenderal (Komjen) Budi Gunawan.

‎Catharina yang merupakan Kepala Biro Hukum KPK itu memang bisa dibilang sebagai jenderal dalam menghadapi langkah hukum yang ditempuh Komjen Budi Gunawan tersebut. Segala dalil, bukti, maupun keterangan saksi dan ahli seolah mampu dipatahkan tim kuasa hukum KPK yang digawangi Catharina.

Sidang praperadilan sendiri telah digelar dari hari Senin (9/2) lalu dan memasuki agenda terakhir pembuktian dari KPK pada hari Jumat (13/2) ini. Meski sidang digeber selama hampir seminggu, tampaknya tak terlihat gurat kelelahan di wajah Catharina.

Dalam persidangan pun, Catharina terlihat santai namun memperhatikan dengan seksama terhadap proses peradilan. Sesekali wanita yang pernah bertugas sebagai Kepala Satuan Tugas (Satgas) Penuntutan pada Direktorat Penuntutan KPK itu menopang dagu menyimak keterangan saksi atau ahli.

Kemudian tak jarang pula, dia menuliskan sesuatu atau berbisik dengan rekan-rekannya yang duduk di samping kiri dan kanannya. Seolah sedang menyusun strategi selanjutnya untuk menangkis serangan dari kubu Komjen Budi Gunawan di sidang praperadilan.

Namun sepertinya Catharina‎ cs yang berpengalaman sebagai jaksa tersebut telah mengerti benar apa yang harus dilakukannya. Sebab perjuangannya nanti akan ditentukan oleh hakim tunggal Sarpin Rizaldi, apakah penetapan tersangka Komjen Budi Gunawan sah atau tidak oleh KPK.

Ketenangan Catharina tampak pula di luar sidang. Saat dikerubungi awak media yang mencecarnya, lulusan S-2 Hukum di Universitas Padjadjaran itu dengan sabar menjawab satu per satu pertanyaan wartawan. Bahkan saat isu teror menerpa pegawai KPK, Catharina pun tetap kalem.

“Saya tenang-tenang saja, sudah ada pengawalnya," ucap Chatarina, Rabu (11/2) lalu saat ditanya mengenai teror yang menimpanya.

Catharina yang juga pernah bekerja sebagai‎ Kepala Sub Seksi‎ Ekonomi Moneter, Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Bekasi pada 2001 sampai 2005 itu selalu melempar senyum saat menghadapi awak media. Di ruang persidangan pun, ketika mengajukan keberatan kepada hakim atau mencecar saksi serta mengajukan pertanyaan pada ahli, wanita berkacamata itu terlihat santai namun tegas.


Terlepas dari pada itu, bagaimana hasil praperadilan tersebut? Bagaimana pula hasil kerja keras Catharina cs menghadapi sidang yang dipimpin hakim Sarpin Rizaldi itu? Kita tunggu saja keputusan hakim yang seadil-adilnya.(dtk/lee)
Share this article :

Post a comment