Info Terkini

10/recent/ticker-posts

TAMAN HEWAN SIANTAR TERAPKAN "KIOS KEJUJURAN"


BERITASIMALUNGUN.COM, Pematangsiantar-Manajemen Taman Hewan Pematang Siantar (THPS) Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, menerapkan praktik "Kios Kejujuran" di lokasi objek wisata untuk membangun sikap jujur pengunjung.

"Ada di empat titik kios yang menjual makanan hewan di areal THPS," sebut Manager Umum THPS, Nandang Suaidah, Senin, di kantor Jalan Gunung Simanuk-manuk, Pematangsiantar.

Kios Kejujuran ini menjual komoditi jenis sayuran dan pelet dengan harga Rp 1.000 satu ikat/bungkus yang diletakkan di rak berbahan besi ringan, tanpa ada penjagaan atau pengawasan dari pihak pengelola.

Nandang menceritakan pengalaman ketika THPS dikunjungi siswa SD dari Kabupaten Simalungun, yang seorang di antaranya hendak berlaku tidak jujur, lalu ditegur temannya sehingga membatalkan niatnya itu.

"Kita berusaha memotivasi pengunjung, khususnya anak-anak yang berkunjung untuk berlaku jujur pada diri sendiri. Jika sudah tertanam, kita harapkan melakukan hal sama (jujur) kepada yang lain," kata Nandang.

Selain kejujuran kata Nandang, upaya ini juga memberikan edukasi bagi pengunjung untuk berinteraksi dengan satwa hunian, karena secara langsung bisa memberikan makanan kepada satwa hunian.

"Tentunya memberikan pengalaman baru bagi anak, disamping membina sikap dermawan dan saling menyayangi terhadap makhluk hidup lainnya," kata Nandang.

Manager lapangan THPS, Gilzen Waldino menambahkan, program yang telah lama diterapkan ini memberikan jaminan kesehatan bagi satwa hunian, karena makanan yang dijual di "Kios Kejujuran" layak konsumsi.

"Lebih terjamin, kita tidak perlu lagi terlalu ketat mengawasi pengunjung yang berniat memberi makanan 'sembarangan' kepada satwa," kata Gilzen. (ant/lee)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments