Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Adat Budaya Simalungun Mampu Mempererat Tali Persaudaraan

Pesta Bona Tahun Damanik Jambi 2015
Rukun : Pesta Bona Tahun Damanik dibuka dengan doa dari tokoh Damanik Nasrani St GM Saragih (kiri) dan Doa Muslim dibawakan S Damanik (Mayang).  Tampak toleransi umat beragam dan persaudaraan dalam kumpulan Damanik Kota Jambi dan sekitarnya terjalin dengan harmonis. Foto asenk lee saragih
BERITASIMALUNGUN.COM, Jambi-Sikap toleran terhadap perbedaan aliran kepercayaan (Agama) bisa terwujud dengan mengedepankan sikap “ahab” Adat Budaya, khususnya di perantauan. Perbendaan agama tidak semestinya membentengi tali persaudaraan antar sesama. Persamaan budaya dan adat ternyata mampu mewujudkan toleran antar agama. (FOTO SELENGKAPNYA PESTA BONA TAHUN DAMANIK KLIK DI SINI)

Hal itu yang tampak pada pesta syukuran awal tahun (Pesta Bona Tahun) Humpulan (kumpulan) Marga Damanik, Boru Pakon Panagolan (kerabat marga Damanik)  se Kota Jambi sekitarnya, di Gedung Aula Den POM Jelutung Jambi, Minggu 22 Maret 2015.

Menurut Ketua Panitia Pesta Bona Tahun Damanik Sy Asi M Damanik, pesta Marga Damanik, Boru Pakon Panagolan (kerabat marga Damanik)  se Kota Jambi merupakan pesta bona tahun marga-marga Batak, khususnya Batak Simalungun yang memiliki keunikan di Jambi serta menjunjung tinggi sikap toleransi antar umat beragama.

Sikap toleransi itu tampak pada Doa pembuka acara. Doa pembuka diwakilkan Damanik Muslim dan Damanik Protestan. Pembawa Doa Protestan St Drs GM Saragih/br Damanik dan Doa Muslim dibawakan Bapak S Damanik (Mayang). Doa pembuka dan penutup dibawakan secara Muslim dan Kristen. Doa Penutup acara (Kristen) oleh St Radesman Saragih/br Damanik (Pengantar Jemaat GKPS Jambi).

Sekitar 150 jiwa atau 49 KK dari 85 KK Kumpulan Damanik Kota Jambi hadir dan mampu menjalin silaturahmi dan persaudaraan pada pesta Bona Tahun yang acaranya dipandu St Radesman Saragih S Sos/Br Damanik dan St JP Sidauruk/br Damanik.

Pembuatan kuliner khas adat Simalungun “Dayok Binatur” (masakan ayam kampung yang disajikan dengan diatur dalam piring khusus) juga tampak toleransi. “Dayok Binatur” dimasak dan dapat disantam Muslim dan Kristen.

Sikap toleransi ini juga ditunjukkan saat jamuam makan siang bersama dengan menyajikan menu ala Nasional (Halal). Pemberian makanan khas adat Simalungun “Dayok Binatur” salah satu ciri khas Humpulan Damanik dalam melaksanakan Pesta Bona Tahun.

Pemberian Dayok Binatur kepada kerabat marga Damanik merupakan penghormatan dalam kerabat marga Damanik. Hal itu sebagai tanda kasih sayang “Holong” dalam organisasi marga, khususnya Damanik.

Ketua Humpulan Damanik Kota Jambi yang baru (2015-2018) R Damanik (bp Erin) mengatakan, ciri khas Kumpulan Marga Damanik dari marga-marga Batak lainnya adalah pemberian “Dayok Binatur” dan sikap toleransi dalam kerebat Damanik. 

“Kumpulan marga Damanik dan kerabatnya adalah kumpulan marga yang unik. Selain dalam kumpulan anggota berbeda agama, namun hidup rukun dan harmonis. Latar kehidupan sosialnya juga sangat berdeba-beda, namun bisa disatukan dalam Budaya Adat Simalungun. Pemberian “Dayok Binatur” salah satu ciri khas Damanik dalam mengabadikan Budaya Adat Simalungun hingga ketanah perantauan,”katanya. 

Kemajemukan serta perbedaan aliran kepercayaan tak membuat Pesta Bona Tahun atau Halal-Bihalal marga Damanik Boru Panagolan se-Kota Jambi terhambat. Kemajemukan menjadi tali silaturahmi persaudaraan kumpulan marga Damanik dalam mempertahankan adat istiadat budaya Simalungun di tanah perantauan.

Sementara penasehat Humpulan Damanik Jambi, Sy AJ Damanik/ M Br Purba Pakpak, mengatakan, perbedaan agama 88 KK Kepala Keluarga(KK) anggota kumpulan kerabat marga Damanik menjadi daya tarik kumpulan Damanik yang memasuki usia ke 15 tahun ( 6 Februari 2000-6 Februari 2015).

“Perbedaan agama tidak menjadi penghalang bagi kumpulan Damanik. Kita selalu hidup rukun sebagai salah satu kumpulan Damanik asal Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara yang tinggal di Kota Jambi dan sekitarnya. Dalam setiap kegiatan ini kita tidak membeda-bedakan agama. Hampir 25 KK Damanik di Jambi adalah Muslim dan sisanya Kristen,”katanya.

Acara halal bihalal dimeriahkan dengan musik organ tunggal. Acara dipandu St Radesman Saragih, S Sos dan St JP Sidauruk. Acara lebih meriah dihibur oleh artis lokal Simalungun Jambi, Renata Trio, Keboris Aris Damanik, Trio Hutagulung Kids”  yang diketahui bernama Oloan Hutagalung ( Kelas 5 SD), Ruben Hutagalung (Kelas 4 SD) dan Hezekiel Hutagalung (Usia 5,5 tahun)., Maria br Damanik, Eva Damanik, St Radesman Saragih, Asenk Lee Saragih. Tor-tor juga membuat acara tambah meriah.

Pesta Bona Tahun Damanik berjalan sukses. Makan bersama juga tampak membuat anggota kumpulan semakin akrab. Pesta juga dilakukan penggalangan dana untuk kas kumpulan dari lelang, kupon undian dan tortor (tarian) sekitar Rp 15 juta.

Pada kesempatan itu juga dilakukan periodesasi Pengurus Damanik Periode 2015-2018. Terpilih pengurus yakni Ketua R Damanik/ Br Purba Dasuha, Wakil Ketua I Sy Asi M Damanik /Br Turnip, Wakil Ketua II Saudin Damanik/ Br Sembiring, Sekretaris JB Manalu/br Damanik, Wakil Sekretaris Sy Rosenman Saragih M /Br Sinaga, Bendahara St S Br Damanik. Pengurus tersebut disahkan oleh perwakilan Penasehat Damanik Sy AJ Damanik /br Purba dan dilakukan serah terima jabatan.

Sementara Pengurus Damanik Periode 2013-2016 yakni Ketua I D Damanik/ Br Simarmata, Ketua II J Damanik /Br Purba, Ketua II R Damanik/ Br Purba Dasuha, Sekretaris Sy Rosenman Saragih M /Br Sinaga, Bendahara St S Br Damanik.

Kemudian Bidang Adat Simalungun JS Damanik/ Br Togatorop, Sy RI Girsang/Br Sidauruk dan St JP Saragih/ St S Br Damanik dan pemilihan lima komisaris (wilayah). Pada acara itu dilakukan juga perkenalan anggota baru kumpulan kerabat Damanik (9 KK).

Acara berakhir hingga pukul 17.00 WIB dengan pemberian hadiah utama berupa Kipas Angin oleh Penasehat Damanik AJ Damanik kepada Damanik (Sungai Bahar) dan Hadiah Utama Ke II (Karpet) didapat oleh Kel Sy Rosenman Manihuruk/br Sinaga. Puluhan doorprize juga membuat anggota Humpulan Damanik gembira dan senang (malas uhur). (Asenk Lee Saragih).









Duet R Damanik/ br Dasuha.

MC St Radesman Saragih

Ketua Panitia Pesta Bona Tahun Damanik 2015 Sy Asi M Damanik.Foto-foto Asenk Lee S

Pengurus Damanik Periode 2013-2015

Panggang Dayok Binatur


Dayok Binatur : Pemberian makanan khas adat Simalungun “Dayok Binatur” dalam tutur marga menjadi salah satu ciri khas Humpulan Damanik dalam melaksanakan Pesta Bona Tahun Pesta Bona Tahun Damanik. Tampak Pengurus tumpuan saat memberikan Dayok Binatur kepada Penasehat Damanik saat pesta bona tahun di Aula Den POM Jelutung Jambi, Minggu (22/3/2015). Foto asenk lee saragih

Dayok Binatur : Pemberian makanan khas adat Simalungun “Dayok Binatur” dalam tutur marga menjadi salah satu ciri khas Humpulan Damanik dalam melaksanakan Pesta Bona Tahun Pesta Bona Tahun Damanik. Tampak Pengurus tumpuan saat memberikan Dayok Binatur kepada Penasehat Damanik saat pesta bona tahun di Aula Den POM Jelutung Jambi, Minggu (22/3/2015). Foto asenk lee saragih



Rukun : Pesta Bona Tahun Damanik dibuka dengan doa dari tokoh Damanik Nasrani St GM Saragih (kiri)dan Doa Muslim dibawakan S Damanik (Mayang).  Tampak toleransi umat beragam dan persaudaraan dalam kumpulan Damanik Kota Jambi dan sekitarnya terjalin dengan harmonis. Foto asenk lee saragih


Meriah: Hutagalung Kids “Trio Hutagulung Kids”  yang diketahui bernama Oloan Hutagalung ( Kelas 5 SD), Ruben Hutagalung (Kelas 4 SD) dan Hezekiel Hutagalung (Usia 5,5 tahun). Foto asenk lee saragih
(KLIK JUGA HUTAGALUNG KID DI SINI)

Asenk Lee Saragih dengan Lagu Simalungun "Friska"

MC St JP Sidauruk.



Renata Trio Keyboris Aris Damanik.

Anggota Baru Humpulan Damanik Jambi

Penasehat Damanik Jambi Sy AJD Damanik.


Generasi Penerus Damanik.



Kiri Ke Kanan (St Radesman Saragih, JB Manalu, St JP Sidauruk.)

Eva br Damanik

Rukun : Pesta Bona Tahun Damanik dibuka dengan doa dari tokoh Damanik Nasrani St GM Saragih (kiri)dan Doa Muslim dibawakan S Damanik (Mayang).  Tampak toleransi umat beragam dan persaudaraan dalam kumpulan Damanik Kota Jambi dan sekitarnya terjalin dengan harmonis. Foto asenk lee saragih

Hadiah Utama Ke II (Asenk Lee Saragih disambut Sy S br Damanik)

Hadiah Utama Ke I

SAYONARA

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments