Info Terkini

10/recent/ticker-posts

LEVEL SEORANG GURU

ILUSTRASI GURU SD
BERITASIMALUNGUN.COM, Ternyata guru ada tingkatannya. "Guru yang biasa (mediocre) hanya mampu memberitahu, guru yang baik (good) mampu menjelaskan, guru yang pintar (superior) mampu menunjukkan, sedangkan guru yang luar biasa (great), mampu menginspirasi" (William Arthur Ward).

Dulu ketika di SD SMP, SMA bahkan di Perguruan Tinggi saya selalu memiliki satu atau dua guru/dosen yang saya tidak pernah ngantuk diajarnya. Waktunya mengajar terasa terlalu sedikit. Bunyi bell di akhir mata pelajaran, seolah mengganggu!.  
Dia tidak hanya pintar menjelaskan atau memberi contoh pemecahan masalah, dari sebuah pelajaran, tetapi mampu memberi inspirasi, mengembangkan suasana kelas menjadi hidup, memberi semangat pada seluruh murid (tidak hanya orang berduit) dan sangat mengasihi seluruh murid-muridnya.

Hingga sekarang saya masih ingat kata-katanya, warna bajunya dan kalau bertemu, meski sudah puluhan tahun, saya merindukannya. Dan sayangnya banyak diantara mereka yang sudah meninggal.

Saya tidak hanya mendapat nilai tinggi pada mata pelajarannya, tetapi saya mendapatkan pencerahan melalui kisah-kisah yang diselipkannya ketika mengajar.

Tentu, dia bukan seorang guru/dosen yang mau kompromi dengan nilai apalagi menerima sesuatu hadiah karena membantu siswa. Dia pahlawan tanpa jasa, Dia senang kalau murid-muridnya pintar dan berbudi pekerti! (St Jannerson Girsang)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments