. Pematangraya Sentra Produksi Kolang Kaling Terbesar di Sumatera | BeritaSimalungun
Home » , » Pematangraya Sentra Produksi Kolang Kaling Terbesar di Sumatera

Pematangraya Sentra Produksi Kolang Kaling Terbesar di Sumatera

Written By Beritasimalungun on Monday, 22 June 2015 | 12:28

Kolang Kaling: Buah Haltou yang Gatal, Buah yang kaya manfaat 

Kolang Kaling: Buah Haltou yang Gatal, Buah yang kaya manfaat 

Di Bulan Puasa seperti sekarang ini, Kolang Kaling merupakan bahan Takjil yang banyak diburu.

Selama ini di daerah Sumatera, kota Binjai dikenal sebagai sentra penghasil Kolang Kaling yang berkualitas baik.

Tapi tahukah Anda bahwa daerah Raya - Simalungun, adalah penghasil buah Aren (Haltou: Simalungun) terbaik untuk menghasilkan Kolang Kaling berkualitas Super. Yang tejadi selama ini adalah: Raya yang punya Haltou, Binjai yang punya nama😡

Di Simalungun, pohon Aren (Bagot: Simalungun) memang dikenal sebagai tanaman multi fungsi mulai dari akar sampai ujung daunnya. Asal usul pohon Aren ini diceritakan dalam hikayat Puang Boru Sabou. 

Melihat potensi ekonomi yang terdapat pada Aren (Bagot) ini, Kelompok Usaha Pemuda Produktif yang dikoordintoriDarma Sumbayakk danJohn Feri Purbaa merupakan unit usahaTortor Elakelak Simalungunn berupaya menangkap peluang ini sekaligus sebagai upaya peningkatan perekonomian dan kesejahteraan anggota. Selain Tuak, air yang dihasilkan pohon aren di olah menjadi Gula Merah yang sentra produksinya berada di Huta Daligraya. 

Kelompok Usaha Pemuda Produktif juga melayani permintaan pengadaan Ijuk atau Aribut yang selama ini banyak digunakan dalam repro Rumah Adat Tradisional dan juga pembuatan Sapu ijuk.

Yang terbaru dilakukan adalah pengolahan Haltou menjadi Kolang Kaling. Kegiatan produksi ini menyerap banyak tenaga kerja. Bahkan bisa memberikan tambahan penghasilan sambil mengisi liburan bagi anak sekolah.

Seperti yang dikatakan olehJan Veriadi Sumbayakk yang ditemui di huta Sirpang Daligraya, "Daerah Raya sekarang menjadi sentra penghasil Kolang Kaling. Pengolahan kolang bisa ditemukan di huta Sirpang Daligraya, Tumbugan Dalig, Daligraya, Pangalbuan, Rayabayu, Raya Usang, Sondi Raya, Juma Sihala, dll". "Buah Haltou yang selama ini kita kirim ke Binjai, sekarang kita olah langsung di Raya. Saat ini berpuluh ton Kolang Kaling kita kirim ke luar" imbuhnya.


Merebus : RW Simarmata, salah seorang produsen kolangkaling di Desa Dame Simantin III, Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun saat mengangkat rebusan buah arena, Rabu (18/8/2010). Foto Asenk Lee Saragih.
http://1.bp.blogspot.com/_YJSgZIv_A9A/THOGoGRHwHI/AAAAAAAABYU/y4JXj73X8OM/s1600/Kolangkaling+Simantin+III+Simalungun.JPG
Kolangkaling : Ny M Simarmata/br Sinabariba, salah seorang produsen kolangkaling di Desa Dame Simantin III, Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun saat memindahkan kolangkaling yang sudah jadi, Rabu (18/8/2010). Permintaan kolangkaling meningkat selama bulan puasa tiba. Foto Asenk Lee Saragih.


🍜Manfaat Kolang Kaling🍚

Kolang-kaling pada bahasa Belanda disebut dengan Glibbertjes, yang artinya yaitu buah dari pohon aren (Arena Pinnata). Buah kolang-kaling ini dikenal mempunyai kadar air yang lumayan tinggi, yaitu hingga 93%. Selain airnya, biji kolang-kaling juga memiliki kandungan protein sebesar 0,69 gram, serta kandungan karbohidrat sebesar 4 gram. Buah Kolang-kaling ini kaya akan kandungan potassium, besi, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan juga gelatin.

Kolang Kaling selain memiliki kandungan kalsium tinggi, juga kaya serat dan mineral. Per 100 gramnya mengandung energy 227 kkal, protein 0,4 gram, lemak 0,2 gram,karbohidrat 6 gram, serat 1,6 gram, kalsium 91 miligram, fosfor 243 miligramdan zat besi 0,5 miligram.

Kandungan kalsium dalam Kolangkaling sangat bagus bagi pertumbuhan gigi anak dan pencegah tulang keropos atau osteoporosis.

Memperlancar pencernaan. Kolang kaling mengandung serat kasar yang bagus untuk memperlancar proses pencernaan, selain dari itu kandungan karbohidrat yang terdapat didalamnya juga dapat memberikan rasa kenyang dan memberikan energi, sehingga kolang-kaling sangat cocok untuk dikonsumsi bagi anda yang lagi menjalankan proses program diet sehat.

Obat radang sendi. Kolang kaling mengandung galaktomanannan, dan ini sering dijadikan sebagai salah satu bahan obat radang sendi, galaktomannan ini mempunyai fungsi meredakan sakit yang disebabkan oleh peradangan pada sendi. Saat anda mengalami radang sendi, konsumsilah kolang-kaling sebanyak 100-200 gram sehari yang hanya direbus, tanpa pewarna dan gula. 

Mencegah osteoporosis. Kolang kaling juga mengandung kalsium dalam 100 gram kolang kaling mangandung kalsium hingga 91 miligram, kandungan ini tentu cukup tinggi dan dapat digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium tubuh, dan sangat cocok dikonsumsi bagi yang alergi terhadap susu.

Bentuk dan tekstur buah kolang kaling ini membuatnya terlihat unik, dan sangat cocok sebagai pelengkap es buah. Selain rasanya yang lezat dan bentuknya yang sangat menarik, buah yang berasal dari pohon enau ini juga mempunyai kandungan gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Seperti di dalamnya terdapat kandungan mineral seperti protasium, iron, kalsium, dimana itu semua memiliki manfaat yang dapat memperlancar proses metabolisme serta membuat tubuh menjadi sangat segar.

Walaupun memang seperti yang kita ketahui bahwa buah kolang kaling ini sangat populer dengan dijadikan campuran es buah ataupun cendol, buah yang semakin ramai ketika hadir bulan puasa ini memiliki berbagai manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh, berikut di bawah ini penjelasannya.

1. Untuk memperkuat tulang
Orang-orang sangat rajin untuk mengkonsumsi susu karena memiliki kandungan kalsium yang tinggi untuk tubuh, sehingga susu sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tubuh, terutama untuk anak-anak yang memang dalam masa pertumbuhan. Akan tetapi susu memiliki risiko berupa kalori yang tinggi, sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan juga sangat tidak baik karena dapat membuat tubuh menjadi kegemukan.

Dan pada buah kolang kaling ini pada setiap 100 gram kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium, sedangkan susu sapi murni pada setiap 100 gram susu sapi murni mengandung 125 mg kalsium. Sehingga dengan begitu mengkonsumsi buah kolang kaling ini juga bisa dijadikan alternatif yang cukup baik sebagai sumber kalsium selain dari susu.

2. Sebagai makanan diet
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahlinya, bahwa pada 100 gram buah kolang-kaling ini mengandung hingga 0,69 gram protein, karbohidrat sebanyak 4,0 gram, kadar abu sebesar 1 gram, dan serat kasar sebesar 0,95 gram. Adapun untuk kadar air pada buah kolang-kaling ini sangat tinggi yaitu hingga 94% yang dengan kadar air tinggi tersebut membuat buah kolang-kaling menjadi sangat segar di tubuh ketika Kamu konsumsi.

Kemudian pada kolang kaling juga terkandung gelatin yang memiliki efek bagi yang mengkonsumsinya akan timbul rasa kenyang, sehingga apabila memang Kamu dalam keadaan nafsu makan yang berlebihan, maka jangan khawatir karena buah kolang-kaling ini akan membuat hilang pada nafsu makan yang berlebihan itu.

3. Sebagai obat radang sendi.
Pada buah kolang-kaling memiliki kandungan zat galaktomanan yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan atau minimalnya dapat meredakan penyakit pada radang sendi. Jika Kamu dalam proses pengobatan, maka Kamu dapat memakan buah kolang-kaling ini sebanyak 100 gram atau lebih sedikitnya pada setiap hanya. Untuk mengkonsumsi buah kolang-kaling ini dalam keadaan yang demikian maka disarankan untuk dikonsumsi dengan direbus tanpa memakai segala macam perwarna dan gula.

4. Buah Kolang kaling kaya akan kandungan serat
Buah kolang kaling mengandung air dan serat yang cukup banyak, dimana serat ini sebuah zat yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan kita, dimana dengannya kita dapat terhindari dari namanya susah buang air besar, sembelit dan bahkan diare sekalipun. Dengan mengkonsumsi 5 sampai 10 butir kolang kaling pada setiap harinya, itu sangat berkhasiat untuk memperlancar pencernaan Kamu, selain itu kolang kaling juga populer dan sangat baik untuk menjalankan program diet yang sehat.

5. Buah kolang kaling berkhasiat untuk memperkuat tulang
Buah kolang kaling ini memiliki manfaat dan khasiat untuk memperkuat tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. Dimana didalamnya terdapat kandungan kalsium 91 miligram kalsium untuk tiap 100 gram kolang-kaling, dimana ini sangat bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh, dan Kamu dapat menjadikannya buah kolang kaling ini sebagai alternatif pengganti susu.

6. Kaya akan kalsium
Buah kolang kaling yang kaya akan kalsium sangat baik untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan tentunya seperti terjadinya masalah kesehatan tulang, gigi dan persendian tubuh yang tidak dapat berfungsi seperti sedia kala. Buah kolang kaling ini dapat Kamu jadikan sebagai konsumsi sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan kalsium, utamanya untuk sebagian orang yang alergi pada susu sapi. Dengan mengkonsumsi 100-200 gram kolang kaling dalam sehari, yang tentunya tanpa pemanis buatan ataupun pewarna maka bermanfaat untuk mencegah dan mengobati masalah pada radang persendian.

7. Melancarkan Pencernaan
Kandungan serat kasar yang terkandung pada buah kolang-kaling hingga 39%, dimana ini berkhasiat agar dapat melancarkan pencernaan tubuh, kandungan serat disertai karbohidrat yang cukup tinggi membuat kolang kaling bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, selain juga dapat melancarkan pencernaan, dimana Kamu akan dapat lebih mudah dan teratur dalam pembuangan air besar, serta khasiat buah kolang kaling ini juga baik untuk menghindari terjadinya obesitas atau kegemukan pada tubuh.(Roni Sumbayak)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.