Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Panglima: Hercules yang Jatuh Tadinya Pesawat Tanker, Kilometernya Masih Muda

Panglima: Hercules yang Jatuh Tadinya Pesawat Tanker, Kilometernya Masih Muda
Puing Hercules yang jatuh di Medan (Hasan/detikFOTO)
Jakarta - Pesawat Hercules yang jatuh di Medan, Sumatera Utara, merupakan pesawat tua tahun 1964 yang masih dioperasikan. Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan, pesawat jenis C 130 tipe B dengan nomor lambung A-1310 itu tadinya difungsikan sebagai tanker.

"Hercules yang jatuh itu tadinya jadi Tanker. Tetapi karena sudah tidak digunakan maka digunakan sebagai kargo untuk alat angkut, sehingga kalau dilihat hitungan kilometernya masih muda," kata Moeldoko kepada wartawan di kantornya di Jalan Medan Merdeka Barat, Kamis (2/7/2015).

Moeldoko mengatakan, pesawat angkut TNI usianya sudah tua. Meski begitu, dia mengklaim semuanya masih layak terbang karena pihaknya selalu melakukan perawatan secara rutin.

"Jadi alat angkut udara kita usianya memang cukup tua, tapi dengan ketekunan anggota kita memperbaiki dan memoles Hercules dengan kesabaran dan kemampuan yang dia miliki. Sebenarnya dari hitungan itu (Hercules) masih layak terbang," sambung Jenderal bintang empat ini menegaskan.

Menurut Panglima, kekuatan Hercules saat ini angkatan 60 ada 8 buah, angkatan 78 jumlahnya 12 dan yang angkatan 80-an ada sekitar 6 pesawat. Walaupun begitu, semua pesawat dirawat dengan baik oleh anggota TNI AU dan masih layak terbang. (DTK)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments