Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Inilah Jumlah Penghuni Lapas Siantar Hingga Juli 2015

Ali Umri bersama  Kalapas Sukardi M. Sianturi (Foto Immanuel)
Ali Umri bersama Kalapas Sukardi M. Sianturi (Foto Immanuel)
BERITASIMALUNGUN.COM, Siantar-Sebanyak 1244 orang saat ini menjadi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan, yang terdiri dari, tahanan dan narapidana. Hal itu dijelaskan Kalapas Pematangsiantar, M. Sukardi Sianturi, Bc.IP ,SH, MH saat menerima kunjungan kerja Anggota Komisi III DPR-RI, Ali Umri SH,M.Kn Sabtu (1/8/2015) sekitar pukul 13.00 WIB.

Lapas Kelas II-A Pematangsiantar ini berdiri diatas lahan seluas 70.923m2 , luas bangunan 28.485m2. Dalam bangunan ini terdapat beberapa ruang blok tahanan , dengan rincian blok anggrek 6 kamar, blok ambarita 21 kamar, blok beringin 8 kamar, blok cengkeh 8 kamar, blok enggang 12 kamar, blok dolok 13 kamar, blok pengasingan 1 kamar.

Mendengar penjelasan Kalapas, Ali Umri mengatakan, perlu perhatian serius dari pemerintah, karena daya tampungnya over kapasitas. Permasalahan itu katanya, terjadi di berbagai daerah.

“Mendengar jumlah warga binaan yang ada, sebanyak 1244 orang, saya sangat miris, karena hampir 50% adalah warga binaan narkotika. Kita baru saja melakukan reses di beberapa tempat, hampir seluruh masyarakat mengeluhkan tingginya peredaran narkoba” ujarnya.

Diakhir kunjungannya, mantan Walikota Binjai ini melihat sarana prasarana, termasuk CCTV yang minim dalam mendukung pengamanan di Lapas. “Persoalan ini akan saya sampaikan pada rapat di DPR, untuk dijadikan usulan, memperbaiki sarana prasarana lapas, sesuai dengan standar yang ditentukan” imbuhnya.

Berikut rincian warga binaan Lapas. Tahanan : Laki-Laki 577 , Perempuan 41 Orang Total: 618

Narapidana : Laki-Laki 615 , Perempuan 11 Total: 626. Sedangkan Khusus Warga Binaan Narkotika sebanyak 588. Narapidana : 402 Laki Laki dan 12 Perempuan. Tahanan : 161 Laki-Laki dan 13 Perempuan. (Penulis : Immanuel)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments