Info Terkini

10/recent/ticker-posts

LSM Persoalkan Ijazah JR Saragih di KPUD Simalungun

Foto, Henry Hasan.
Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) LASER demo di Kantor KPU Simalungun, Senin (3/8/2015). Foto Henry Hasan/Siantarnews
BERITASIMALUNGUN.COM, Raya-Puluhan massa yang terbagung dalam Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) LASER demo di Kantor KPU Simalungun, Senin (3/8/2015). Massa mendesak KPU Simalungun serius memverifikasi ijazah calon bupati JR Saragih (Incumbent). Kejanggalan ijazah milik JR Saragih, dari SD hingga Sarjana. Khususnya ijazah SMA yang syarat akan masalah.

Hasil verifikasi itu penting diumumkan ke masyarakat, sebagai bentuk perwujudan penyelenggara pemilukada yang bersih, jujur dan independent. Dasar hukumnya kata mereka, undang-undang nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Desakan itu disampikan LSM Laser, agar tidak terulang seperti kejadian tahun 2010 yang lalu, dimana seorang komisioner saat itu Robert Ambarita melaporkan dugaan praktek penyuapan atas ijazah Bupati JR Saragih yang bermasalah. Aksi LSM Laser itu dikawal puluhan polisi.

KPU Simalungun diminta memberikan ijazah para calon kepada Panwaslih , agar dapat diawasi, serta bekerja bersama-sama sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Aksi ini masih permulaan, dan ini hanya sebagai peringatan, agar KPU Simalungun lebih gencar dan lebih jeli meneliti permasalahan ijazah JR Saragih, agar jangan seperti tahun 2010 yang lalu.

Ini PR KPU untuk memverifikasi secara benar ndan jujur. Kalau tidak ditanggapi, kita akan ke Jakarta membawa permasalahan kasus ini.” kata Ketua LSM Laser, Mara Salim Harahap.

Humas KPU Simalungun, Fuji , yang mewakili Komisioner, mengatakan, aspirasi LSM Laser akan disampaikan untuk ditindak lanjuti.

KPU Simalungun kata Fuji akan transparan melaksanakan seluruh tahapan pencalonan, khususnya ijazah pasangan calon. Ia juga mengatakan, telah menyerahkan dokumen ijazah paslon ke Panwaslih.
Penyelenggara pemilihan bupati dan wakil bupati lanjut Fuji, berkewajiban untuk netral. ”KPU Simalungun senantiasa menjalin komunikasi kepada Panwaslih” ujar Fuji. (Penulis : Henry)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments