Info Terkini

10/recent/ticker-posts

75 Ribu Bibit Ikan Ditabur di Danau Toba

Dinas Perikanan dan Kelautan Sumut saat menabur 75 Ribu Bibit Ikan di kawasan Danau Toba.
Dinas Perikanan dan Kelautan Sumut saat menabur 75 Ribu Bibit Ikan di kawasan Danau Toba.
SIMALUNGUN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara melakukan penaburan benih ikan tawes di Danau Toba. Penaburan ikan ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi perekonomian masyarakat Simalungun.

Didampingi Kasubbag UPT Perikanan Dian Manalu, Ketua Maujana Pendi Sinaga dan masyarakat, salah seorang pegawai Dinas Perikanan dan Kelautan Pemprovsu, Widodo mengatakan, penaburan benih ikan bertujuan untuk adanya kelangsungan ketersediaan potensi jenis ikan di Danau Toba. 

Ikan tawes berpotensi untuk diekspor begitu juga ikan nila dan ikan mas diharapkan dapat memberikan manfaat untuk masyarakat.



Dijelaskan, penaburan ikan yang dilaksanakan Kamis (3/9) adalah tahap awal dari delapan tahapan. Penaburan selanjutnya akan dilakukan di tujuh titik lagi, termasuk di daerah Samosir dan Tobasa.

“Tahun ini ada sebanyak 650 ribu benih ikan yang akan kita tabur di delapan daerah di Sumatera Utara,” ujarnya.



Sementara itu, Kasubbag UPT Perikanan Dian Manalu menyampaikan, benih Ikan yang ditaburkan saat ini ke Danau Toba, berupa bibit ikan tawes sebanyak 10 ribu ekor,  ikan mas 35 ribu ekor dan ikan nila 30 ribu ekor.

“Jumlah benih ikan yang kita tabur di Nagori Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, total keseluruhan 75 ribu ekor benih ikan,” ujarnya.



Pada kesempatan yang sama, Ketua Maujana Nagori Sibaganding, Pendi Sinaga mengucapkan terima kasih atas perhatian Dinas Perikanan dan Kelautan Sumatera Utara yang telah menyalurkan atau memberikan benih ikan ke Danau Toba.

“Kita berharap bantuan seperti ini bisa menjadi program setiap tahunnya,” kata Pendi.



Untuk lebih lanjut, kata Pendi kepada masyarakat luar yang ingin menyumbangkan benih ikan juga terbuka kesempatan. Dimana saat ini, volume ikan di Danau Toba memang butuh penambahan. (MSC)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments