Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Basaria Panjaitan Anak Siantar Lolos Delapan Besar Pimpinan KPK


Sejak masuk sebagai calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Basaria Anak Siantar yang lahir di Pematangsiantar terus diperbincangkan, karena satu-satunya Calon pimpinan KPK dari Polri dari kaum Hawa. (Baca: Profile Basaria Boru Panjaitan)

Memiliki nama lengkap Brigadir Jenderal Polisi Basaria Panjaiatan, SH, MH, lahir  tanggal 20 desember 1957 di Pematangsiantar,  adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak Oktober mengemban amanat sebagai Widyaiswara Madya Sespimti Polri Lemdikpol.

Basaria Panjaitan
Basaria, Sarjana Hukum lulusan Sepamilsukwan Polri I Tahun Angkatan 1983/1984 ini berpengalaman dalam bidang reserse. Basaria adalah Kabag serse Narkoba Polda NTB (1997 - 2000), Kabag Narkoba Polda Jabar (2000 - 2004), Dirserse Kriminal Polda Kepri (2006 - 2008). Jenderal bintang satu ini sebelumnya menjabat sebagai Kapusprovos Divpropam Polri (2009), Karo Bekum SDelog Polri (2010).
Basaria masuk Sekolah Calon Perwira (Sepa) Polri di Sukabumi dan ditempa di sana. Lulus sebagai polwan berpangkat Ipda, Basaria langsung ditugaskan di Reserse Narkoba Polda Bali.
Dari sana, Basaria malang melintang di berbagai pos penugasan. Dia pernah menjadi Kepala Biro Logistik Polri, Kasatnarkoba di Polda NTT dan menjadi Direktur Reserse Kriminal Polda Kepulauan Riau. Dari Batam, Basaria ditarik ke Mabes Polri, menjadi penyidik utama Direktorat Tindak Pidana Tertentu Bareskrim.

Kini karir baru menanti Basaria, Basaria dinyatakan lolos  hasil dari seleksi Pansel KPK dan diumumkan di istana Merdeka oleh presiden RI Joko Widodo , Selasa (1/9/2015), dan selanjutnya dibawa ke DPR.

"Segera, besok saya siapkan suratnya untuk segera saya sampaikan kepada DPR," kata Jokowi, seusai membacakan ke delapan calon pimpinan KPK.

Berikut ini delapan capim KPK yang diterima Presiden Jokowi dari Pansel:
Bidang Pencegahan
Staf ahli Kepala BIN Saut Situmorang dan pengacara publik Surya Tjandra.

Bidang Penindakan
Hakim Ad Hoc Tipikor PN Jakarta Pusat Alexander Marwata dan Widyaiswara Madya Sespimti Polri Brigjen (Pol) Basaria Panjaitan.

Bidang Manajemen
Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintahan Agus Rahardjo dan Direktur pada Direktorat Pembinaan Jaringan Kerja Sama Antar-Komisi dan Instansi KPK Sujanarko.
Bidang Supervisi, Koordinasi, dan Monitoring
Pelaksana tugas pimpinan KPK, Johan Budi SP, dan akademisi Universitas Hasanuddin Laode Muhammad Syarif.Jabatan yang pernah diembat Basaria Panjaiatan :

 -     Paur Subdisbuk Disku Mabes Polri (1984
-       Panit Sat. Idik Baya Ditserse Mabes Polri (1990)
-       Kasat Narkoba Polda NTB (1997)
-       Kabag Narkoba Polda Jabar (2000)
-       Dir Reskrim Polda Kepri (2007)
-       Penyidik Utama Dit V/Tipiter Bareskrim Polri (2008)
-       Kapusprovos Divpropam Polri (2009)
-       Karobekum Sdelog Polri
-       Widyaiswara Madya Sespim Polri (2010)

(*Lee).




Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments