Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Hujan Abu Sampai Ke Saribudolok

Gunung Sinabung Alami 20 kali Gempa, Sisi Timur Diselimuti Abu Vulkanik
Pengendara melintas di kawasan Kabanjahe (Foto: Jefris Santama)

KABANJAHE-Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) kembali mengeluarkan erupsi. Kejadiannya sekitar pukul 08.35 WIB. "Ini Gunung Sinabung meletus lagi. Terakhir ini yang paling besar sampai nggak kelihatan semua," ujar salah satu pembaca, Fhilos Gurki saat dihubungi, Selasa (15/9/2015).

Berdasarkan gambar yang dia kirim ke pasangmata.com, terlihat asap pekat membumbung tinggi. Jarak pandang di sana pun kini menurutnya terbatas.

Fhilos menyebut asap pekat membumbung di udara. Untuk sementara waktu pun dia mengimbau warga agar tidak keluar dari rumah masing-masing apabila tidak menggunakan masker.

"Jangan keluar kalau tidak ada kepentingan, kalaupun harus baiknya pakai masker. Diimbau jangan keluar sebelum asapnya benar-benar pergi," sambungnya.

Saat ini dia berada di Kantor Bupati Kaban Jahe, Tanah Karo. Menurut pengamatannya, asap bertiup ke arah timur.


Begini Penampakan Erupsi Gunung Sinabung Pagi ini

Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara, kembali erupsi. Muntahan abu vulkanik yang dikeluarkan menyebar ke permukiman.

Dari foto-foto yang dikirimkan pembaca melalui pasangmata.com, Selasa (15/9/2015), tampak jelas erupsi Sinabung dari kejauhan. Kepulan abu vulkanik membumbung tinggi pada pagi dengan kondisi cuaca cerah berawan.

Abu vulkanik dari erupsi Sinabung juga menyebar di permukiman warga. Dari foto yang dikirimkan Marga Lubis, tampak debu vulkanik menempel di atap bangunan dan mobil-mobil yang terparkir.

Foto: Lubis/pasangmata.com


Lubis, warga Jl Jamin Ginting mengatakan erupsi terjadi sekitar pukul 07.30 WIB pagi tadi. "Gelap, abu banyak," katanya saat dihubungi. "Tapi sekarang sudah mulai cerah kembali tapi jatuh-jatuh abunya," sambungnya,

"Ini Gunung Sinabung meletus lagi. Terakhir ini yang paling besar sampai nggak kelihatan semua," ujar salah satu pembaca, Fhilos Gurki saat dihubungi terpisah.

Fhilos menyebut asap pekat membumbung di udara. Warga juga diminta menggunakan  masker apabila berpergian keluar dari rumah.

Foto: FIlos/Pasangmata.com
  

Gunung Sinabung Alami 20 kali Gempa, Sisi Timur Diselimuti Abu Vulkanik


Medan - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) masih terus menunjukkan aktifitasnya. Hari ini, Gunung Sinabung mengalami 20 kali gempa guguran.

Petugas Pos Pengamat Gunung Sinabung, Dery mengatakan 20 kali gempa guguran itu terjadi pada dinihari hingga pagi tadi. Akibatnya, sisi bagian timur gunung diselimuti abu vulkanik.

"Gempa guguran itu terjadi mulai pukul 00.43 WIB hingga pukul 06.00 WIB," kata Dery saat dihubungi detikcom, Sabtu (8/8/2015).

Dijelaskan Dery, sisi di bagian timur Gunung Sinabung yang diselimuti abu itu yakni Desa Sukanalu, Desa Sukadebi, Namanteran dan daerah Berastagi.

"Saat ini cuaca mendung berawan. Bagian tengah dan puncak gunung tak teramati," sambung Dery.

Untuk awan panas guguran, kata Dery, terjadi satu kali hari ini yakni sekitar pukul 03.06 WIB dengan jarak luncur 3.000 meter mengarah tenggara dan timur, begitu juga arah anginnya.

Informasi yang dihimpun, tercatat 10 titik posko penampungan disediakan oleh Pemkab Karo. Sebanyak 11.107 jiwa mengungsi atau 3.164 KK.


  • Pengendara melintas di kawasan Kabanjahe (Foto: Jefris Santama)
  • Gunung Sinabung Alami 20 kali Gempa, Sisi Timur Diselimuti Abu Vulkanik
    Foto: Jefris Santama

Hujan Abu sampai ke Desa Naga saribu, Kecamatan Sipituhuta, Kabupaten Simalungun, Selasa 15 Sept 2015. Foto Pdt Grubert KD Manihuruk.

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments