Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Beginilah Kondisi Gedung SD Negeri No 091379 Sigarantung Selama Kepemimpinan JR Saragih

Kondisi ruangan SD Sigarantung sangat memprihatinkan.
Kondisi ruangan SD Sigarantung sangat memprihatinkan, tanpa ada usaha perbaikan.
BERITASIMALUNGUN.COM, SILIMAKUTA– SD Negeri No 091379 Sigarantung di Desa Huta Baru, Nagori Purbatua Baru, Kecamatan Silimakuta, butuh perbaikan. Kondisi bangunan sekolah tersebut kini sangat memprihatinkan dan berpotensi menimbulkan bahaya bagi anak-anak.


Pantauan menunjukkan, bangunan sekolah yang berdiri tepat di kaki Gunung Singgalang itu sudah banyak yang rusak. Atapnya ada yang ternganga, terbuka ke arah langit luas, dan asbes sebagian nyaris runtuh. Sebagian ruangan bahkan tidak bisa lagi dipergunakan akibat hancur total.

Keadaan itu tentu saja jadi penghalang bagi siswa-siswi dalam memeroleh ilmu pengetahuan. Apabila musim penghujan, air akan masuk ke ruang kelad, sehingga proses belajar terganggu. Bahkan ada dua kelas terpaksa disatukan dalam satu ruangan. 

“Kita sangat kasihan kepada murid-murid ini. Apalagi saat turun hujan, terpaksa mereka berhimpit-himpitan agar tidak basah,” ujar salah seorang guru yang akrab dipanggil Pak Saragih.

“Seperti inilah keadaannya, kelas 1 dan kelas 2 terpaksa kita buat belajar di dalam 1 ruangan,” ujarnya lagi sembari menyampaikan, keadaan itu membuat para murid sulit konsentrasi belajar akibat status beda kelas, namun berada di dalam ruangan yang sama.

Kepala Sekolah SD 091379 Sigarantung Parsaoran Silalahi mengatakan, pihaknya telah menyampaikan kondisi bangunan sekolah kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun, namun sampai saat ini belum ada respon. 

“Saya sudah beberapa kali menyampaikan proposal tentang kondisi bangunan sekolah ini agar segera dilakukan perbaikan. Namun sampai saat ini belum terelealisasi,” ujarnya sembari menyampaikan bahwa SD Negeri No 091379 butuh perbaikan sebanyak 5 ruangan.

Parsaoran Silalahi berharap Pemkab Simalungun melalui dinas terkait agar dapat turun ke lapangan melihat secara jelas kondisi SD 091379 yang membutuhkan renovasi. 

“Kami berharap kepada Pemkab Simalungun agar segera melakukan pembenahan bangunan sekolah ini. Kasihan anak-anak itu, mereka tidak mendapatkan haknya secara penuh,” pintanya. (MSC)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments