Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Frans Loncat dari Heli dan Selamat Berkat Eceng Gondok

Korban Fransiskus (22) saat dievakuasi Tim SAR.

Korban Heli Fransiskus (22) menjalani perawatan intensif di UGD RSU Hadrianus Sinaga Pangururan, Selasa (13/10/2015). Foto Bim Limbong

Jakarta - Fransiskus (22), merupakan satu korban selamat Heli EC 130 yang baru saja ditemukan di Danau Toba. Bagaimana Frans, panggilan akrabnya, bisa selamat setelah 3 hari berada di danau?

Komandan SAR Mission Coordinator (SMC) Heli EC 130, yang juga Deputi Operasi Badan SAR Nasional (Basarnas) Mayjen Heronimus Guru mengatakan setelah ditemukan tim SAR gabungan, korban  membenarkan namanya adalah Frans.

"Saat ditanya dia bilang namanya Fransiskus," ujar Heronimus, ketika dihubungi detikcom, Selasa (13/10/2015). Heronimus ikut langsung mencari korban.

Menurut Heronimus, Frans bercerita bahwa dia bersama Nurhayanto dan Giyanto melompat keluar dari heli di kawasan Danau Toba. 

"Kata Fransiskus, mereka bisa lompat keluar heli," kata Heronimus. Belum diketahui mengapa ketiga penumpang itu meloncat dari heli, namun diduga heli mengalami masalah.

Di Danau Toba yang merupakan danau terluas di Asia Tenggara itu, mereka bertahan di eceng gondok di kawasan Onan Baru. Tumbuhan gulma eceng gondok memang banyak mengapung di danau yang juga merupakan destinasi wisata terkenal itu.

Namun lama-lama Nurhayanto dan Giyanto tidak diketahui lagi keberadaannya. Sementara Frans tetap bertahan di eceng gondok. 

Frans kini terbaring di Puskesmas Onan Runggu. Dia pingsan dan dehidrasi. 

"Di puskesmas Frans sedang dirawat. Di sana Korem memiliki perlengkapan kesehatan lengkap," tutur Heronimus. (dtk)  

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments