Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Indonesia Mungkin Kirim 12 Cabang Olahraga ke Olimpiade

Indonesia Mungkin Kirim 12 Cabang Olahraga ke Olimpiade
ilustrasi: Para atlet yang akan berlaga di SEA Games 2015 di Singapura mengikuti upacara pelepasan di Gedung Serba Guna Senayan beberapa waktu lalu. (Foto-foto: Dok. satuharapan.com/ Prasasta Widiadi).
BERITASIMALUNGUN.COM, Jakarta-Indonesia berpeluang mengirimkan atlet yang berasal dari 12 cabang olahraga untuk Olimpiade di Rio De Janeiro, Brasil pada 2016.

“Antara lain panahan, atletik, bulu tangkis, berkuda, rowing, renang, balap sepeda, angkat besi, voli pantai, kano, judo dan taekwondo,” kata  Wakil Ketua Umum I KONI Pusat Suwarno, hari Jumat (23/10) di Jakarta.

Suwarno mengatakan untuk Asian Games 2018 yang akan dipertandingkan di Jakarta dan Palembang akan ditambah dengan enam cabang olahraga lagi yaitu bowling, bridge, karate, pencak silat, panjat tebing dan wushu.

Dia berharap persiapan untuk menghadapi Olimpiade Brasil 2016 dan Asian Games (AG) 2018 menjadi satu paket karena cabang olahraga yang akan dipertandingkan hampir sama.

“Saya berharap, kualitas atlet Indonesia yang muncul berada dalam tataran yang sama. Peluang untuk meraih target akan terbuka," kata Suwarno.

Menurut Suwarno, persiapan untuk menghadapi kejuaraan "multi event" memang harus dilakukan dengan baik. Apalagi target medali yang dicanangkan cukup tinggi. Untuk itu persiapan harus benar-benar sesuai dengan program dan disesuaikan dengan peluang yang ada.

"Target harus realistis. Seperti SEA Games 2015 lalu. Target sesuai dengan yang kami canangkan," kata dia.  

Khusus untuk Olimpiade 2016, informasi yang berkembang pemerintah menargetkan mampu meraih dua medali emas. Hanya saja, target tersebut dinilai kurang tepat karena antara persiapan dengan dukungan dana kurang sinkron.

"Kalau pemerintah memberikan target dua emas semestinya antara dukungan pemerintah dan cabang olahraga harus sejalan. Untuk itu diperlukan kesatuan langkah sengan semua stakeholder olahraga," tutur mantan Pangdam V Brawijaya itu.


Dari 12 cabang olahraga yang akan diberangkatkan ke Brazil, kata Suwarno hanya cabang olahraga bulu tangkis yang mempunyai peluang. Peluang terbesar berasal dari nomor ganda. Namun, pihaknya tetap berharap cabang olahraga lain memberikan kejutan. (Ant).

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments