Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Kelompok Tani di Simalungun Didorong Untuk Berdayakan Lahan Pertanian Percontohan

http://www.antarasumut.com/image/2014/10/ori/a12.jpg
Panen Bawang Merah di Haranggaol Kabupaten Simalungun. Kerjasama BI Sumut dengan Kelompok Tani Setempat.

BERITASIMALUNGUN.com, Simalungun-Pemerintah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, mendorong Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) setempat memberdayakan lahan pertanian percontohan sesuai peruntukan.


"Jadikan percontohan untuk petani (di Simalungun), dan daerah-daerah lainnya," pesan Bupati Simalungun, JR Saragih, Jumat.

Bupati, saat menghadiri acara sarasehan KTNA Simalungun dan temu ramah dengan petani dari 31 kecamatan, di lahan pertanian percontohan di Nagori Purbasari, Kecamatan Tapian Dolok, meminta KTNA menjalin kerja sama dengan perbankan untuk pengembangan lahan tersebut.

Pemkab menjanjikan bantuan dua unit traktor pada tahun 2016 untuk memudahkan KTNA mengelola lahan eks perkebunan PT Goodyear seluas 64 hektare ini.

Ketua KTNA Simalungun, Darwis Sipayung menyampaikan, pihaknya berupaya menghasilkan tanaman dan bibit unggul untuk disebarkan kepada para petani.

"Jagung dan melon sudah dipanen, saat ini menanam kedelai, bawang merah, juga jagung," sebut Darwis.

Lahan pertanian yang dijadikan percontohan ini kata Darwis, kerja sama antara KTNA dan pemerintah kabupaten dalam memajukan dan mengembangkan sektor pertanian.

Ketua Panitia, Robert Sitohang mengatakan, kegiatan ini untuk memperkenalkan produk dan berbagi pengetahuan serta pengalaman bidang pertanian.

"Harapan kita keberadaan lahan percontohan bisa memberikan manfaat bagi petani dan masyarakat umumnya," kata ketua KTNA Kecamatan tapian Dolok ini. (ANT)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments