Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Padi Diserang Hama di Simalungun

Padi warga Kampung Samosir, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun (Foto Manson)
Padi warga Kampung Samosir, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun (Foto Manson)
BERITASIMALUNGUN.COM, Simalungun-Petani Nagori Karang Bangun, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, resah, karena puluhan hektar tanaman padi diserang hama. Akibatnya, para petani di Kampung Samosir, kawatir gagal panen.

B.Manurung (50) warga Kampung Samosir saat ditemui di sawahnya mengatakan, hama padi itu sejenis jamur yang hinggap di daun padi, dan sulit untuk diberantas. Baginya, musim tanam tahun ini cukup parah dibandingkan tahun sebelumnya yang mengalami kerusakan.

“Kalau dibilang gagal panen total, tidak juga. Sebab, dari panjang bulir padi, setengahnya masih sisa dan layak dipanen. Penyakit kresek daun itu diakibatkan pengaruh cuaca yang tidak stabil, sehingga menyebabkan bulir-bulir padi kosong,” terang Manurung, Kamis (1/10/2015).

Menurutnya, apabila pemkab simalungun respon terhadap keluhan petani dalam rangka mengantisipasi menjamurnya penyakit kresek itu, kemungkinan masih dapat diatasi.

“Ada sih bantuan obat-obatan dari pemerintah daerah mengatasi serangan penyakit itu, tetapi terbatas tidak mencukupi, hasilnya pun sejauh ini belum terlihat,” kesal Manurung. (Manson Purba)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments