Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Penerima Kartu Indonesia Sehat di Simalungun 16.223 Jiwa

 Kartu Indonesia Sehat 

BERITASIMALUNGUN.COM, Raya-Sebanyak 16.233 jiwa warga kurang mampu di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, terdaftar sebagai penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) bantuan dari pemerintah pusat.


Menurut Kepala Dinas Kesehatan Simalungun, Jan Mauresdo Purba, Rabu, warga penerima diseleksi pihak BPJS Kesehatan berdasarkan dari penilaian seperti penghasilan, pekerjaan.

Dinas Kesehatan, kata Jan Mauresdo akan melakukan pemutakhiran data penerima, karena ada yang sudah meninggal tetapi masih tercatat.

Sementara pendistribusiannya mencapai 30 persen, di Bandar Masilam disalurkan kepada 1.727 jiwa, Bandar Huluan 1.804, Pematang Bandar 1.760, dan Gunung Malela 1.201.

Jan Mauresdo memastikan, warga bisa memakai KIS untuk berobat di semua puskesmas, RS Tentara di Siantar, RS Harapan di Siantar, RS Efarina, RS Tuan Rondahaim, dan RSU Perdagangan.

"Semua gratis ditanggung pemerintah," ujar Jan Mauresdo.

Selain biaya kesehatan, cakupan peserta KIS diperluas meliputi penyandang masalah kesejahteraan sosial serta bayi penerima bantuan iuran yang selama ini tidak dijamin.

Bupati Simalungun, JR Saragih berjanji turun ke lapangan untuk memastikan pemberian KIS tepat sasaran, sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

JR mengatakan, KIS merupakan upaya pemerintah untuk mengingatkan masyarakat membiasakan diri hidup sehat.(AN)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments