Info Terkini

10/recent/ticker-posts

DEMO DI DEPAN KANTOR GUBERNUR

DEMO BURUH DI SUMUT.IST
Beberapa hari terakhir ini, jalan di depan kantor Gubernur Sumatera Utara dipenuhi para demonstran, dan jalan Diponegoro di depan kantor itu ditutup.

Hari ini misalnya,ribuan massa dari Gabungan Pekerja Buruh Sumatera Utara Melawan (GAPBSUM) melakukan aksi demonstrasi di depan kantor Gubernur Sumatera Utara atas PP No 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Sabtu lalu ada simulasi demo. Sejumlah pendemo yang mengepung kantor Gubernur Sumatera Utara di Jl Diponegoro Medan terlibat bentrok. Dalam insiden ini, sejumlah massa yang ngotot menyampaikan aspirasinya berusaha menembus barikade petugas.

Beberapa pendemo yang terlibat bentrok terlihat melemparkan botol air mineral. Mereka mendobrak barikade petugas sembari memukul tameng yang dibawa polisi.

Demo bentrok ini merupakan simulasi yang dilakukan petugas gabungan Polresta Medan dalam menghadapi demo massa yang sewaktu-waktu terjadi di Kota Medan. Menurut Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polresta Medan, Komisaris Hamam Wahyudi, simulasi bentrokan ini merupakan kegiatan rutin.

Ia menerangkan, adapun simulasi ini dilakukan untuk mengantisipasi demo buruh dan mahasiswa. "Selain itu, simulasi ini juga untuk pengamanan pilkada," kata Hamam, seperti dikutip Tribune Medan.

Pengguna jalan jelas terganggu, kadang macet juga. Selain itu pengguna jalan harus mengalihkan perjalamanannya lewat jalur lain. Kita tidak apa-apa, sejauh demo itu bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Semoga semua demo membantu mengalirkan "suara rakyat" yang "wangi"--membela kepentingan rakyat kecil, bukan membela penguasa apalagi pengusaha. (St Jannerson Girsang) 

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments