Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Hasil Survey TePi Indonesia : Paslon JR-Amran Unggul 43,6 Persen

(Sumber: Suara Simalungun Edisi 666)

* Track Rekord/Pengalaman Menjadi Faktor Utama Masyarakat Memilih 

BERITASIMALUNGUN.COM, P.Siantar-Hasil Survey Komite Pemantau Pemilih Indonesia (TePi) Kota Pematangsiantar menempatkan Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 4 DR JR Saragih SH MM dan Ir Amran Sinaga MSi unggul dibandingkan pasangan lain. Pasangan JR-Amran unggul dengan perolehan suara 43,6 persen. Demikian Hasil Survey TePi Indonesia Kota Pematangsiantar yang ditandatangani Koordinator Armada Purba SH yang diterima SS Rabu (25/11). 

Hasil Survey menyebutkan bahwa Paslon JR-Amran paling banyak dipilih yaitu 43,6 persen diikuti Evra Sassky Damanik/Sugito 18,00 persen, Tumpak Siregar/Irwansyah Damanik 15,6 persen, Hj Nuriaty Damanik/Posman Simarmata 11,6 persen, Lindung Gurning/Soleh Saragih 5,2 persen dan Ragu-Ragu 6 persen, selengkapnya pada tabel berikut : 

Calon Bupati Persentase
JR-Amran 43,6 %
Evra-Sugito 18,00 %
Tumpak-Irwansyah 15,6 %
Nur-Posma 11,6 %
Lindung/Soleh 5,2 %
Ragu-ragu 6 %

sumber : hasil survey TePi

Survey dilakukan di 10 Kecamatan dari 31 Kecamatan yang ada di Kabupaten Simalungun. Lokasi Survey adalah 5 Kecamatan Mewakili Simalungun Atas yaitu Kecamatan Raya, Purba, Panei, Silou Kahean, Dolog Panribuan dan 5 Kecamatan Mewakili Simalungun Hataran yaitu Kecamatan Siantar, Dolog Batunanggar, Bosar Maligas, Tanah Jawa, Gunung Malela. 

Penentuan Kecamatan yang dijadikan lokasi Survey dilakukan secara purposive dengan harapan pendapat Responden di Kecamatan Tersebut bisa mewakili pendapat seluruh masyarakat Kabupaten Simalungun. 

Jumlah Responden di Setiap Kecamatan yang menjadi lokasi survey adalah 25 Orang, penentuan Responden dilakukan secara Acak.
Pengumpulan Data dilakukan dengan menggunakan Daftar Pertanyaan yang dilakasanakan sejak tanggal 10 s/d 20 November 2015. 

Hal yang juga menarik dari hasil Survey TePi tersebut adalah bahwa faktor utama yang mendasari alasan masyarakat menentukan pilihan pada Pemilihan Bupati Simalungun 9 Desember 2015 adalah faktor track record/pengalaman 32 persen diikuti popularitas 20 persen selengkapnya seperti tabel berikut.


Track rekord/pengalaman 32 %
Popularitas 20 %
Uang 15 %
Suku 14 %
Agama 11 %
Tidak Menjawab 8 %

Selanjutnya Identitas Responden berdasarkan Umur adalah 17 – 45 tahun 33 persen, 36- 54 tahun 48 persen. Berdasarkan jenis kelamin Laki-Laki 55 persen, Perempuan 45 persen, berdasarkan pekerjaan PNS/Karyawan Swasta 15 persen, wiraswasta 58 persen, lain-lain 27 persen. Lebih lanjut Identitas responden berdasarkan Suku : Jawa 35 persen, Tapsel 19 persen, Toba 29 persen, Simalungun 12 persen, Lain-lain 5 persen.

Armada Purba mengatakan berdasarkan Keragaman Responden dan Tipologi masyarakat Kabupaten Simalungun Hasil Survey ini setidaknya bisa mencerminkan pendapat seluruh masyarakat Sumatera Utara ujarnya. 

Dalam kesempatan tersebut Armada Purba mengatakan bahwa survey tidak berpretensi menyatakan itu adalah pendapat seluruh warga Kabupaten Simalungun akan tetapi setidaknya dapat menjadi gambaran awal bagi warga masyarakat tentang elektabilitas masing-masing Paslon, pada akhirnya rakyat Simalungunlah yang menentukan pada tanggal 9 Desember 2015 nanti ujarnya. (Sumber: Suara Simalungun Edisi 666)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments