Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Siapa Sangka di Tengah Kebun Teh Sidamanik Ini Ada Mata Air Jernih, Asyik Buat Mandi-mandi

Siapa Sangka di Tengah Kebun Teh Sidamanik Ini Ada Mata Air Jernih, Asyik Buat Mandi-mandiSiapa sangka di tengah Perkebunan Teh Sidamanik ini ada pemandian dengan air yang jernih, pas buat mandi-mandi seru!


BERITASIMALUNGUN.COM, Sidamanik-Jika sedang melancong melihat objek agrowisata Kebun Teh Sidamanik yang sudah dikenal itu, wisatawan tidak boleh melewatkan objek wisata pemandian alam Bah Damanik sering disebut Bahdam di kawasan kebun teh tersebut.

Pemandian Bahdam bersumber dari mata air alami di sekitaran kebun teh yang kolamnya dibuat secara buatan untuk pemandian wisatawan.

Pemandian di Hutan Lama, Kelurahan Sarimatondang, Kecamatan Sidamanik ini memang tampak seperti danau dengan genangan air bewarna hijau.
Ramainya Pemandian di tengah Kebun Teh Sidamanik.
Sisi kanan kirinya pun dikelilingi akar-akar besar dari pohon tua sekitar, siapa sangka kolam tersebut merupakan buatan.

Banyak yang mengira pemandian tersebut adalah alami, padahal pemilik pemandianlah yang sengaja mengorek dalam lahan menyerupai kolam untuk menampung sumber mata air yang saat melimpah berwarna hijau tersebut.

Selain kolam, suasana sekitar juga menjual lokasi tersebut, pasalnya pemandian Bahdam berada di tengah kebun teh. Sehingga warna hijau air pemandian terasa klop dengan pemandangan hijau sekitar kolam.

Pemandangan tersebut menjadi daya tarik tersendiri sehingga pengunjung dari berbagai kota pun terus berdatangan.

Pemandian alam yang dikelola R Sidabalok, seorang warga sekitar ini kini menjadi destinasi wisatawan setelah mengunjungi Kebun Teh Sidamanik.

Dari kolam tersebut, pengunjung bisa melihat langsung langit cerah yang dibingkai pemandangan hijau serta pepohonan rimbun di sekitarnya.

Di sekitar kolam juga terdapat pondok kecil, mirip gubuk perkampungan yang membuat suasana desa semakin kental.

Pemilik juga menempatkan tanaman bunga yang tersusun rapi dari segala jenis dan memasang pipa untuk mengalirkan air mancur dari banyak sudut.

Untuk anak-anak ada juga penyewaan ban agar orang tua lebih tenang tinggal memantau sang anak bermain di sekitarnya.

"Di sini memiliki dua kedalaman, yaitu untuk anak-anak dan orang dewasa.

Sehingga lokasi objek wisata ini sangat cocok untuk rombongan keluarga, kata Romin, penjaga.

Menurutnya, Sidamanik ini tempat wisata yang bagus di Simalungun. Ada kebun teh, hamparan sawah yang luas, bahkan bisa tembus ke Danau Toba.
Sejumlah buruh petik teh memetik daun teh di perkebunan teh milik PTPN IV Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Tribun Medan/ Ricky Cahyadi)
Untuk pengunjung yang ingin makan, pihaknya juga menyediakan kantin yang berada persis di samping kolam.

"Ada aneka makanan di sini, dari aneka mie, snack hingga minuman, harga juga terjangkau sama seperti di pasaran," katanya.

Untuk menjangkau lokasi ini, wisatawan bisa mengendarai sepeda motor. Atau bisa juga dengan bus dan mobil pribadi, tapi berhenti di depan jalan raya, yang kemudian berjalan kaki menyusuri kebun teh sekitar 10 menit dari Kebun dari simpang Kebun Teh Sidamanik.

Jika berangkat dari kota Medan, wisatawan melalui kota Pematang Siantar selama 3 hingga 4 jam. Jarak dari kota ini ke Sidamanik berkisar 16 km atau hanya sekitar 1 jam. (Laporan wartawan Tribun Medan, Silfa Humairah)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments